Selera Makan Anda Langsung Tergoda Untuk Mencicipinya Kuliner  Kota Malang Dengan Sekali Lirik Saja

Kota Malang  memiliki deretan pantai yang indah. Sepanjang pesisir, traveler bisa menikmati deburan ombak, pantai berpasir putih, hingga snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut. Kota Batu Malang menyimpan banyak sekali tempat wisata kuliner yang menyajikan hidangan nikmat, unik, dan sayang untuk dilewatkan. Saat ke Malang, jangan lupa untuk berwisata kuliner di tempat-tempat terbaik yang tersaji di bawah ini.

1. Toko Oen

Malang  dengan udara yang sejuk cenderung dingin tak menjadi penghalang untuk  Anda kehilangan selera makan anda untuk menikmati es krim lezat ala Toko Oen.  Toko Oen menyajikan es krim berbagai rasa dan menu lainnya seperti steak, nasi goreng juga aneka kue.

Toko Oen sendiri telah berdiri sejak tahun 1930, dimana pada saat itu masih dalam masa penjajahan Belanda. Toko yang terletak di dekat Alun Alun Kota Malang (Disamping Gramedia Malang) ini juga sering menjadi tempat favorit bagi para wisatawan untuk bersantai dan menikmati nuansa tempo dulu Kota Malang. Desain ruangan dan perabotan Toko Oen Malang juga masih membawa hawa jaman kolonial Belanda dulu yang terkesan begitu kuat kepada setiap para pengunjung yang datang kesana.

Alamat : Jl. Jend. Basuki Rahmat No.5, Kota Malang
Jam Buka : 08.00 – 21.00 WIB
Telepon : (0341) 364052

2. Soto Geprak Mbah Djo

 

Anda salah satu penggemar makanan khas malang yang satu ini ? . Hampir di semua kota di Indonesia memiliki selera  sendiri untuk membuat soto yang enak seperti soto Lamongan, soto Makassar, soto Madura, soto Malang dan banyak lagi lainnya. Di kota Malang  ada banyak sekali restoran atau rumah makan yang menjual menu makanan Soto ini salah satunya adalah Soto Geprak Mbah Djo di Jalan Letjen S. Parman, Malang.

Kelezatan soto ala Mbah Djo ini sudah terkenal sejak tahun 1935 silam. Tempat wisata kuliner Soto ini didesain dengan dominasi warna kuning berkombinasi hijau. Jika dilihat dari tempatnya, Soto Geprak Mbah Djo tak berbeda dari depot makanan lainnya. Anda akan melihat meja panjang khas depot dengan kursi-kursi berderet. Meskipun demikian, kelezatan makanan ala rumah makan ini bisa diadu dengan apa yang disajikan di restoran mahal.

Karena menggunakan bumbu-bumbu dari bahan tradisional, Soto Geprak Mbah Djo mempunyai citarasa kuat. Soto Geprak Mbah Djo terkenal dengan rasanya yang gurih serta segarnya jeruk nipis yang pas, hal itu terbukti dengan banyaknya wisatawan atau penduduk malang sendiri yang suka dengan Soto Geprak Mbah Djo ini. Soto Geprak milik mbah Djo ini memiliki rasa yang khas semua itu karena teknik pembuatannya memang berbeda dengan yang lain yaitu sebelum daging di masuk untuk membuat soto, mbah Djo selalu menggeprak atau memukulnya hingga daging bisa hancur dengan halus dan empuk. Dan itulah salah satu alasan mengapa soto mbah Djo ini di namakan Soto Geprak.

3. Bakso President

 

Anda memiliki selera dan kecintaan terhadap bakso di malang ada Bakso President adalah salah satu bakso terkemuka di Kota Malang, wisata kuliner satu ini juga disebut dengan bakso artis karena banyaknya artis yang datang ke tempat ini untuk menikmati bakso asli Malang. Tempatnya yang berada di pinggir rel kereta api dan dibuat dengan bambu dan anyaman sederhana, tidak membuat para tamu untuk ingin menikmati bakso ini. Harga yang relatif murah juga membuat warung ini tidak pernah sepi pengunjung, selain itu pengunjung juga dapat menikmati sensasi ketika ada kereta api yang sedang lewat, karena akan merasakan guncangan akibat lewatnya kereta tersebut.

Selain itu bakso President menerima pesanan untuk acara khusus seperti pernikahan, ulang tahun ataupun kegiatan wiisata. Tidak sedikit para pejabat negara yang datang ke Malang resuest bakso ini, termasuk ketika Bapak President SBY datang ke Kota Malang. Untuk menu dari Bakso President sendiri seperti bakso pada umumnya, dari bakso hingga goreng yang diisi dengan udang ada di antara menu bakso president, selain itu Kripik bakso juga dapat Anda nikmati disini, dan dapat disajikan dengan makanan lain selain bakso.

Bakso President didirikan oleh H. Abd. Ghoni Sugito yang merupakan penjual bakso keliling pada tahun 1977. Awalnya pak H. Abd. Ghoni Sugito berjualan bakso sepertia biasa, bahan yang dibuat juga didapat dari orang lain, tetapi pada waktu itu dia berusaha mengelola bahan tersebut sendiri dan menciptakan rasa yang beda dengan kebanyakan bakso Malang lain. Karena hal itu lah yang membuat Bakso President mempunyai ciri khas sendiri bagi pelanggannya, dan mempunyai pelanggan yang banyak daripada pedagang bakso lainnya pada masa itu. Semakin tahun Bapak H. Abd. Ghoni Sugito semakin berkembang dan semakin banyak memiliki grobak keliling.

 

4. Café Jagung Jaya Abadi

Anda kehilangan selera makan karena dinginnya Malang di malam hari ? dinginya kota malang dapat diredam dengan menikmati jagung bakar panas di Café Jagung Jaya Abadi.tempat wisata kuliner ini yang berlokasi di Jalan Pulosari ini menyediakan jagung bakar berbagai rasa seperti manis, pedas, keju, barbeque, asin dan coklat keju. Anda juga bisa memilih ingin jagung disajikan dengan cara diserut terlebih dahulu atau dimakan dengan cara digigit langsung.

Selain jagung bakar, café ini juga menawarkan menu lain seperti roti bakar dan pisang goreng. Untuk minuman, tersedia teh hangat, susu murni dan Susu Telur Madu Jahe (STMJ). Café Jagung Jaya Abadi buka setiap hari mulai pukul 5 sore sampai habis.

5. Warung Ronde Titoni

Dinginya kota malang tak memadamkan selera kuliner  Anda dimalam hari Selain jagung bakar, Anda juga bisa menghangatkan tubuh dengan meminum wedang ronde. Salah satu tempat yang menyediakan wedang ini adalah Warung Ronde Titoni. Telah dikenal sejak tahun 1948, tempat ini menjadi tujuan favorit bagi warga Malang mencari minuman hangat di malam hari.

Berlokasi di Jalan Zainal Arifin, warung ini menyediakan menu-menu yang cocok disantap di tengah dinginnya udara Malang, di antaranya wedang ronde, angsle, cakue, kacang kuah dan roti goreng. Selain ronde, Anda juga petut mencicipi angsle. Berbeda dengan ronde yang menggunakan air jahe, kuah dari angsle dibuat dari santan. Angsle berisi kacang hijau rebus, potongan roti tawar, pacar cina, pethulo dan kacang tanah sangrai. Angsle memiliki rasa manis gurih dengan aroma daun pandan dan vanili.

Warung Ronde Titoni berlokasi di Jl. Zainal Arifin No. 17, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119

Opening Hours
16.00-23.00 WIB

Price
Ronde Kering 9K
Ronde Basah 7K
Ronde Campur 7K
Kacang Kuah 7K
Angsle 7K
Ca’kwe 3K
Roti Goreng 3K

Rate 8/10

6. Rumah Makan Cairo

Malang memiliki kuliner yang unik rasanya yaitu Rumah Makan Cairo, adalah satu-satunya rumah makan yang menggugah selera makan anda dengan menu andalannya  yang menyajikan menu khusus dari daging kambinng.

Dengan membuka warungnya di Jl. Kapt Tendean 1, rumah makan ini cukup terkenal dengan menu sate kambingnya. Memang, rumah makan yang satu ini begitu lekat dihati orang Malang. Saking lezatnya sate ini tak hanya orang Malang saja yang terpikat, banyak pendatang maupun orang luar yang menyempatkan diri hanya untuk menikmatinya.
Rumah makan Cairo yang berdiri sejak tahun 1952 ini menjadikan daging kambing sebagai bahan utama dari setiap menu yang disajikannya. Sate Cairo misalnya, sajian ini merupakan sajian utama yang sangat terkenal.

Hidangan utama lain yang juga disediakan oleh Rumah Makan Cairo adalah gule kikil, kambing goring, martabak, krengsengan. Selain itu, nasi kebuli adalah pilihan tepat jika kita ingin menyantap makanan khas Arab selain sate.

Selain makanan pembuka dan makanan utama, tersedia juga menu penutup dan minuman. Di rumah makan ini, disediakan minuman yang disebut-sebut sebagai minuman khas Rumah Makan Cairo yang dinamakan minuman ITB atau Isi Tenaga Baru. Sesuai dengan namanya, minuman ini cocok dibilang sebagai jamu Cairo. Konon, minuman ini bermanfaat untuk memulihkan stamina atau kesehatan anda. Jadi, jangan ragu untuk mengajak anggota keluarga dan rekan bisnis untuk menikmati cita rasa baru dalam bersantap. Karena Cairo saat ini telah membuka dua cabang baru di Tlogo Mas Malang, serta Jl. Panglima Sudirman Batu.

7. Pecel Kawi

berada di malang tak lengkap jika tak mencicipi pecelnya yang  merupakan salah satu kuliner yang cocok disantap untuk sarapan di pagi hari dan cenderung meningkat kan selera anda untuk sarapan. Pecel di sini telah menjadi langganan banyak wisatawan sejak tahun 1979. Bumbu pecelnya dikenal memiliki rasa yang khas, manis dan gurihnya berada dalam takaran yang pas.

Pecel kawi yang harganya relative murah Rp 8.000,- per porsinya  disajikan dengan beberapa bahan yaitu nasi yang ditumpangi tauge, kacang panjang, kangkung, timun, daun kemangi dan lain-lain dan diguyur dengan bumbu pecel dan untuk pelengkapnya diberi kripik tempe dan peyek kacang. Dengan bumbu Pecel Kawi Malang inilah yang bisa membuat banyak wisatawan untuk merindukan rasa pedas dan gurih.

Minuman yang cocok jika Dolaners menyicipi pecel kawi ini adalah beras kencur yang akan menjadi pilihan tepat. Dengan kesegaran beras kencur akan memberikan kesegaran dan semangat di pagi hari. Biasanya, beras kencur ini disajikan di dalam botol yang berukuran kecil. Dan tersedia juga es teh dan pilihan menu minuman yang lainnya. Untuk lokasi Pecel Kawi Malang ini sangat mudah sekali untuk ditemukannya. Karena pecel kawi ini berada di ruas jalan kawi yang tempatnya tidak jauh dari Kota Malang. Warung Pecel Kawi Malang ini buka mulai dari pukul 06.00 sampai dengan 21.00 WIB, karena bbanyak sekali para wisawan dan warga sekitar yang ingin merasakan pecel kawi ini.

8. Sate Landak Bu Ria

Olahan Makanan dari Landak khas malang  ini pasti akan membuat selera makan anda bertambah, sate landak dipercaya Menyembuhkan Penyakit  , destinasi favorit bagi wisatawan yang berdomisili di Jawa Timur. Selain karena udaranya yang sejuk, di Kota Malang Anda juga disuguhkan dengan berbagai wahana wisata menarik baik wisata alam maupun wisata edukatif untuk keluarga Anda. Tak hanya dengan menikmati udara sejuk di Kota Malang, Anda dapat menyantap beberapa kuliner yang menggoda di Kota Malang. Para penikmat kuliner ekstrim Malang, bisa mencoba untuk memasukkan Sate Landak Bu Ria ini ke dalam daftar tempat yang patut dikunjungi. Warung Sate Landak Bu Ria terletak di Jalan Raya Bugis 47 Saptorenggo Pakis Malang Utara.

Di warung Sate Landak Bu Ria, Anda bisa mencoba ragam menu yang cukup ekstrim untuk dicoba. Beberapa menu ekstrim yang bisa Anda pesan antara lain seperti sate dan krengsengan landak, sate dan krengsengan biawak, sate bulus, dan berbagai menu lainnya.

Anda bisa mendapatkan kenikmatan ekstrim yang khas di warung Sate Landak Bu Ria dengan harga yang relatif terjangkau. Dengan merogoh kocek sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000 saja, Anda sudah dapat menikmati varian menu tersebut. Akses menuju warung Sate Landak Bu Ria ini pun cukup mudah. Bila naik angkutan umum dari arah terminal Arjosari, Anda hanya perlu naik angkutan AT jurusan Tumpang-Arjosari. Warungnya berada sekitar 500 meter ke arah timur dari wisata Pemandian Wendit

9. Depot Hok Lay

Berada di Malang tapi ingin menikmati lumpia khas kota Semarrang?  tak jadi halangan untuk mengakhiri selera makan anda Datang saja ke Depot Hok Lay. Wisata Kuliner yang berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan ini sejak 1946 telah menyajikan lumpia khas Semarang dan juga pangsit cwiemie lezat.

Kesan kuno terlihat dari arsitektur bagunan dan perabot yang ada di sini seperti jendela kaca besar, lantai tegel kuno dan juga meja-kursi kayu.

Jika berada di sini, jangan lupa memesan minuman fosco yang legendaris sekaligus menjadi trademark dari depot ini. Fosco merupakan minuman yang disajikan dingin dan terbuat dari susu murni dan coklat. Uniknya, fosco ini dikemas dalam botol kaca Coca Cola bekas. Fosco dibuat dengan resep asli Belanda dan merupakan minuman favorit sejak zaman dahulu.

10. Pos Ketan Legenda 1967

Ingin Wisata kuliner malang di malam hari di Malang dan menciptakan selera makan anda kembali? Coba mampir di kawasan alun-alun Batu. Di sebelah barat alun-alun, tepatnya di Jalan KH Agus Salim, terdapat sebuah tempat wisata kuliner yang tak pernah sepi pembeli, namanya Pos Ketan Legenda 1967.

Sesuai namanya, tempat ini menyediakan menu olahan berbahan dasar ketan. Siapa sangka makanan ‘ndeso’ ini bisa jadi favorit banyak orang dan sangat diminati. Ketan disajikan dengan bermacam topping, mulai dari coklat susu, susu keju, bubuk kedelai sampai ayam suwir. Yang paling banyak dicari adalah ketan durian, dibuktikan dengan cepatnya varian ini habis terjual hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Pos Ketan buka setiap hari mulai pukul 3 sore sampai 3 pagi.

 

Tinggalkan Sebuah Balasan