Ngaku Pecinta Kuliner ? Belum Lengkap Jika Melewatkan dan Belum Mencicipi Kuliner Terpopuler di Banjarmasin Ini

Pulau Kalimantan mulai menampakkan pesona wisata kuliner , salah satunya adalah Banjarmasin. Tak hanya potensi wisata, kota yang dikenal dengan sebutan Kota Seribu Sungai ini juga terkenal akan kulinernya.sama istimewanya dengan wisata alamnya. Seperti halnya wilayah lain di Indonesia, Banjarmasin memiliki makanan khas yang dapat kamu temui hanya di Kalimantan Selatan, tepatnya Banjarmasin. Kamu ingin tahu? Berikut daftar dan penjelasan singkatnya.

 

1.Ketupat Kandangan

Kuliner khas Banjar ini bukan asli Banjarmasin akan tetapi Kandangan, sebuah kota di Kalsel tak jauh dari Banjarmasin. Makanan ini berisi ketupat dengan bakaran ikan gabus dan telur rebus sebagai lauknya. Ditambah dengan kuah santan membuat ketupat ini lezat di lidah.

 

2.Apam Barabai

Makanan ini merupakan jenis kue basah yang bahan dasarnya adalah tepung beras. Biasanya berbentuk bulat dengan tekstur yang lembut. Campuran bahan-bahannya antara lain gula merah, santan, dan tape singkong. Umumnya, kue apam ini berwarna merah atau putih. Sungguh menggoda selera kan kuliner Banjar yang satu ini.

 

3.Gangan Asam Banjar

Dinamakan gangan asam karena rasanya memang asam. Rasa asam sendiri berasal dari kuah warna kuning yang dihasilkan oleh campuran rempah yang membuat rasa semakin kuat dan aroma yang lezat. Salah satu sajian kuliner khas Banjar , biasanya menggunakan ikan patin sebagai menu utamanya. Selain dagingnya yang lembut, patin juga mempunyai kandungan gizi yang tinggi.

 

4.Nasi Itik Gambut

Nasi dengan lauk itik atau bebek dengan bumbu pedas yang khas ini sudah terkenal di seantero Kalimantan Selatan. Kudapan ini menggunakan bumbu khas bali atau habang untuk memasak itiknya. Hal ini menciptakan rasa yang pedas dan gurih. Cocok sekali dengan lidah orang Indonesia. Tak heran kalau kuliner banjar ini sangat banyak disukai dan menjadi makan wajib cicip jika mampir ke Banjarmasin.

 

5.Iwak Karing Telang Masak Asam

Namanya memang cukup panjang dan sulit untuk diingat. Perlu kamu tahu, telang adalah nama Ikan asin yang terkenal di Banjarmasin. Yang unik adalah penyajiannya. Jika di Jawa pada umumnya ikan asin dimakan garing, di sini kuliner khas Banjar Telang di campur dengan sayur bening yang dimasak asam. Bisa dibayangkan rasa asin dan asam yang bercampur menghasilkan cita rasa yang unik di lidah.

6.Mandai

Salah satu kuliner unik dan Bahan-bahannya berasal dari kulit buah-buahan seperti nangka, cempedak dan tarap. Semua di ambil daging kulitnya lalu diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan makanan yang lezat. Memerlukan waktu yang cukup lama dalam pembuatanya, karena adonan kulit dan garam perlu didiamkan beberapa hari untuk menghasilkan rasa yang enak. Sudah pernah mencobanya? Kalau belum, berkunjunglah ke Banjarmasin dan rasakan sensasi makan kuliner khas banjar ini yang sangat enak.

 

7.Kelepon Martapura

Tak beda dengan klepon yang lainnya. Nama lain dari makanan ini adalah ‘pacah di ilat’ atau dalam bahasa Indonesia pecah di lidah. Ya memang kue klepon jika digigit maka akan langsung pecah seketika di lidah .Kuliner banjar yang ini bisa dibilang kakak beradik dengan klepon yang berada di Jawa karena dari segi rasa dan bentuknya yang sama.

 

8.Soto Banjar

Mungkin ini adalah salah satu kuliner di Banjarmasin yang namanya sudah terkenal di seluruh penjuru negeri. Menggunakan ketupat sebagai pengganti nasi, soto ini tampil dengan campuran bumbu dan rempah yang membuatnya gurih dan lezat. Pada umumnya, soto Banjar ada yang kuahnya bening, ada yang kuahnya keruh.

 

Tinggalkan Sebuah Balasan