Memiliki riwayat penyakit maag bukan berarti anda tidak bisa melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Gejala yang ditandai dengan perut nyeri, mual, kembung, dada rasanya perih, ini memang sering dirasakan ketika sedang berpuasa. Tetapi jangan sampai menjadi penghalang untuk memaksimalkan ibadah puasa. Berikut adalah tips dan cara aman untuk mencegah maag kambuh saat berpuasa

  • Ingat! Sahur itu penting

Untuk menghindari “kumat” ditengah – tengah puasa, biasakan untuk selalu sahur setiap akan puasa. Maag Anda bisa kambuh di jam-jam puasa terutama saat siang hari dari pukul 10 pagi hingga pukul 12 siang. Usahakan pada saat sahur, Anda harus menghindari makanan yang berisiko meningkatkan maag Anda kambuh. Makanan yang dapat memicu untuk maag kambuh adalah makan makanan pedas atau asam, kopi dan soda, brokoli, dan jangan terlalu banyak makan ketika sahur karena dapat menyebabkan perut anda menghasilkan lebih banyak asam lambung yang dapat menumpuk dan mengiritasi kerongkongan Anda

  • Berbukalah Tepat Waktu

Berbuka puasa tepat pada waktunya sangat penting untuk mencegah maag kambuh, ingat menahan berbuka puasa tidak akan menambah pahala kalian. Jangan jadikan kesibukan ketika sedang bekerja atau terjebak macet terkadang menjadi alasan untuk menunda buka puasa, biasakan untuk selalu membawa minum dan makanan ringan untuk berbuka didalam tas. Selain itu, hindari minuman yang mengandung kafein dan soda saat berbuka.

  • Banyak Makan Makanan yang Berserat

Pastikan makan makanan yang kaya akan serat, seperti yang ada di buah, sayur, kacang – kacangan, beras, agar – agar, dan gandum. Makanan yang kaya akan serat biasanya mengandung karbohidrat kompleks yang akan membutuhkan waktu lama untuk diserap kedalam system tubuh sehingga memperlambat pengosongan lambung.

  • Menghindari Makan Makanan Pemicu Maag

Para dokter di University of Maryland Medical Center merekomendasikan agar pasien dengan gastritis (maag) menghindari makanan olahan yang mengandung gula (selain lemak trans). Mi dan pasta merupakan contoh makanan olahan yang bisa mengiritasi selaput lambung. Makanan pedas semacam cabai rawit, mustard, dan saus sambal yang juga dapat memperburuk gejala gastritis. Selain itu hindari makanan berlemak, karena makanan yang banyak mengandung lemak dapat meningkatkan peradangan pada selaput lambung.

 

Sumber : hellosehat.com

Tinggalkan Sebuah Balasan