Menguatnya Dolar Amerika memang menjadikan beberapa traveler yang nilai mata uangnya melemah menjadi was – was untuk berpergian ke luar negeri. Padahal melemahnya Rupiah terhadap Dolar bukan yang dapat menjadi penghalang untuk berlibur. Coba kunjungi ke 5 negara yang ada di kawasan Asia Tenggara, Timur Tengah, bahkan di Eropa ini tanpaperlu merogoh kocek dalam – dalam.

  • Vietnam

Negara di kawasan Asia Tenggara yang masih bertetangga dengan Indonesia ini memiliki nilai tukar 22,788,50 Dong untuk satu US$. Jadi jika dirupiahkan 1 Dong bernilai Rp 0,609464. Murah bukan?

Di Vietnam, tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Ho Chi Minh dan Hanoi. Tempat yang disarankan untuk menginap adalah di wilayah Old Quarter, Hanoi. Disana adalah tempat backpacker dari seluruh dunia berkumpul. Seperti tempat – tempat di Asia lainnya, street food disini juga sangat wajib untuk dicicipi. Jangan lupa kamu wajib mencicipi kopi Vietnam seperti Trung Nguyen atau Da Lat Coffee.

  • Sao Tome and Principe

Sao Tome and Principe adalah negara terkecil di Afrika yang terbentuk dari aktivitas gunung berapi. Letaknya gak jauh dari Teluk Guinea. Resort yang ada di kota ini memiliki fasilitas yang asri dan mewah. Tetapi tak perlu khawatir, karena disini nilai tukar US$ 1 setara dengan 19.963,47 STD atau 1 STD sama dengan Rp 0,695294. Walau tiket penerbangan kesana tidak murah, kamu masih dapat berbelanja dan jalan – jalan tanpa perlu menguras kantong lebih disini.

  • Iran

Nilai tukar mata uang Iran dengan Dolar AS memang sanat rendah yaitu US$1 setara dengan 42.024 Rial Iran atau jika dibandingkan dengan rupiah 1 Rial Iran senilai dengan Rp 0,330. Bahkan saking murahnya disana, ada blogger yang berpergian ke delapan kota di Iran hanya menghabiskan sekitar 3 Juta Rupiah saja. Beberapa kota yang ia kunjungi adalah Kota Tehran, Kashan, Abyaneh, Nhatanz, Isfahan, Varzaneh, Yazd, dan Shiraz. Jangan salah, bujet segitu sudah termasuk tiket wisata, transportasi, makan, dan penginapan. Untuk lebih jelasnya kalian bisa berkunjung ke blog pribadinya Ranselriri.

  • Belarusia

Kalau anda menyukai bangunan bangunan bersejarah khas Eropa, atau ingin berkunjung ke Eropa tetapi tidak memiliki budget yang besar, anda dapat mencoba pergi ke Belarusia. Disini kamu bisa treking di pegunungan, menunggang kuda, bahkan berburu. Walaupun terletak di Eropa, 1 Rubel Belarusia nilainya setara dengan Rp 0,000144087. Selain mata uang disini nilai tukarnya lemah, disini juga bebas visa walaupun harga tiket pesawatnya sangat tidak murah.

  • Paraguay

Negara yang mayoritas berbahasa Spanyol ini beriklim tropis di kawasan Amerika Selatan, dan kerap disebut sebagai Corazon de America atau jantungnya Benua Amerika. Di negara ini anda dapat mengunjungi Air terjun terbesar di dunia yaitu Air Terjun Guaira dan hutan terluas di Amerika Selatan untuk melihat spesies Hacoan yang pernah dinyatakan punah pada tahun 1970an. Nilai tukar mata uang Paraguay Guarani (PYG) cukup lemah ketimbang rupiah. 1 PYG itu nilainya cuma Rp 2,50.

Sejatinya masih ada kok negara-negara seperti ini yang bisa kamu kunjungi. Sebut saja seperti Laos, Kamboja, Guinea, atau Sierra Leone. Tapi lima negara ini adalah negara yang kaya akan kebudayaan dan mewakili lima benua di dunia

 

Sumber : https://www.moneysmart.id

 

Tinggalkan Sebuah Balasan