Makan malam kadang menjadi polemik bagi orang-orang karena bisa menjadikan gemuk seseorang. Waktu makan malam yang tidak sesuai memang akan menjadikan gemuk seseorang, semakin larut malam waktu makan semakin beresiko tinggi dalam kegemukan. Padahal, dengan pemilihan jenis, porsi, dan waktu makan malam yang tepat, makan malam tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan.

Waktu makan malam juga harus diperhatikan. Pola makan malam yang sehat sebaiknya sudah selesai sejak pukul 18.30. Meskipun demikian makanan sehat untuk makan malam antara pukul 18.00 hingga pukul 21.00. Bahkan jika Anda terlambat makan malam, pastikan Anda makan sebelum pukul 22.00. Jika makan lebih dari waktu tersebut, maka mustahil Anda bisa menurunkan berat badan. Cara ideal untuk menghindari kenaikan berat badan adalah dengan makan setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur. Jika Anda tidur pukul 22:00, pastikan makan selesai pukul 19.00

Nah, beberapa tips memilih menu yang bisa Anda lakukan adalah:

 

Mengandung protein dan rendah lemak

Anda boleh mengurangi makanan berkarbohidrat, namun makanan berprotein tetap harus menjadi menu makanan malam utama Anda. Mengapa?Protein merupakan zat gizi yang penting untuk menggantikan sel tubuh yang rusak atau meregenerasi sel pasca seharian beraktivitas. Agar diet Anda tetap sehat, usahakan memilih menu protein rendah lemak dan tidak menyajikan makanan berprotein dengan cara digoreng.

 

Mengandung mineral dari sayur dan buah

Tambahkan banyak sayur dan buah pada menu makanan Anda! Sayur dan buah dapat memenuhi kebutuhan vitamin, mineral dan serat harian, sehingga energi dan kebutuhan gizi harian pasca seharian beraktivitas bisa kembali terpenuhi.

 

Menu makan

1. Salad

Awali makan malam sehat Anda dengan salad buah atau sayur segar atau campuran keduanya. Hindari mayones dalam penyajian salad Anda, kecuali mayones tersebut rendah gula dan lemak.

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan minyak zaitun, yogurt tawar rendah lemak, beserta perasan jeruk lemon untuk taburan  yang lebih sehat. Salad di awal makan malam juga membantu Anda lebih cepat kenyang.

2. Nasi Merah

Beras merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks dengan kandungan kalori yang lebih rendah. Selain itu, beras merah juga mengandung kadar serat yang lebih tinggi. Sedikit saja sudah cukup untuk mengenyangkan perut Anda di waktu malam.

3. Kentang Rebus

Kentang rebus dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda atau menjadi pengganti nasi putih.

Untuk sajian yang berbeda, tambahkan beberapa sendok susu putih rendah lemak, tumbuk atau haluskan kentang rebus tersebut menjadi kentang tumbuk. Hindari penggunaan keju dan margarin dalam mengolah kentang rebus.

Perlu hidangan penutup? Pilih teh tawar dengan lemon dan sedikit madu. Sepotong kecil coklat pekat juga bisa Anda pilih. Keduanya bisa memberi rasa penutup yang manis.

Tinggalkan Sebuah Balasan