Kebudayaan Betawi memang menarik. Nggak cuma dari segi seni dan budaya, kuliner Betawi juga sangat terkenal akan kelezatan cita rasanya. Nggak percaya? Simak berbagai makanan khas betawi berikut yang wajib kamu santap saat berkunjung atau berlibur di Jakarta.

Kerak Telor

Kerak telor memiliki rasa gurih dan legit ini memang favorit warga Jakarta. Hidangan khas Betawi ini dibuat dari bahan-bahan makanan seperti, beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering sampai menjadi serundeng, lalu ditambah bawang goreng, kemudian diberi bumbu halus seperti kelapa sangrai dan lainnya.

Nasi Uduk Betawi

Nasi Uduk adalah kuliner khas Betawi lainnya. Proses memasak beras untuk nasi uduk adalah dengandiaron dengan menggunakan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai lalu dikukus sampai matang. Rasanya gurih dan memiliki aromanya tersendiri.

Nasi uduk Betawi biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng, dengan lauk seperti ayam goreng, sambal dan pelengkap lainnya beserta daun kemangi.

Gado – gado Betawi

Makanan tradisional betawi selanjutnya adalah gado-gado betawi. Gado-gado sendiri berarti campur aduk dalam bahasa Betawi adalah favorit masyarakat Betawi. Berbagai jenis sayur yang di rebus bersama kentang, tahu, tempe dan telur yang disiram dengan bumbu kacang dan taburan kerupuk menjadikan hidangan ini digemari banyak orang. Kuliner khas betawi ini sangat nikmat disantap dengan nasi atau disajikan bersama lontong.

Soto Betawi

Soto betawi merupakan kuliner khas Betawi dari soto santan dengan isian daging sapi beserta jeroan dan organ sapi dan hewan lainnya seperti ayam. Banyak orang menggemari jenis soto khas Betawi ini. Penggemarnya tidak hanya orang di Jakarta, masyarakat lain di berbagai daerah di Indonesia juga gemar menyantap masakan khas Betawi ini. Soto Betawi memiliki rasa gurih yang berbeda dengan soto lainnya.

Roti Buaya

Roti buaya memiliki peran penting dalam pernikahan adat Betawi. Kuliner khas betawi satu ini memiliki panjang sekitar 50 cm ini dibawa oleh mempelai laki-laki untuk diberikan kepada pengantin wanita di dalam pernikahan atau lamaran di pernikahan adat Betawi. Roti buaya ini memiliki makna tersendiri bagi warga Betawi, yaitu sebagai ungkapan kesetiaan pasangan menikah yang dipercaya masyarakat Betawi secara turun-temurun.

Putu Mayang

Putu mayang adalah kue tradisional khas Betawi yang dibuat dari tepung kanji atau tepung beras  berbentuk seperti mie, dengan campuran santan kelapa, lalu disajikan dengan kinca atau gula jawa cair. Biasanya tepung beras diberi warna-warni agar menarik pembeli.

 

Tinggalkan Sebuah Balasan