Berlibur ke kota Solo berburu batik dan destinasi wisata lainnya tentu menguras tenaga Anda. Maka dari itu, urusan perut tidak boleh ditunda. Kota Solo atau dikenal dengan Surakarta ternyata menjajakan wisata kuliner yang tak boleh ketinggalan saat mampir ke kota ini. Solo, Jawa Tengah, memang dikenal sebagai destinasi kuliner yang menyajikan kelezatan hidangan khasnya. Berbagai makanan lezat hingga minuman menyegarkan ada di kota ini. Mulai dari timlo Solo yang cocok untuk menu sarapan, hingga dawet telasih yang cocok diminum siang hari. Tak heran kalau Presiden RI Joko Widodo selalu menyempatkan mencicipi beragam kuliner kampung halamannya itu.

Nasi Liwet

Makanan solo yang terkenal ini sekilas tampak sama dengan nasi pada umumnya, yang membuat istimewa adalah nasinya yang gurih karena dimasak dengan santan. Seporsi nasi liwet solo dihargai mulai dari 8000 rupiah saja. Murah kan?

Tengkleng

Tengkleng sebagai makanan khas solo malam hari memang pas menemani makan malam kamu. Berbahan utama daging kambing yang dibumbui mirip dengan gulai kambing. Kuahnya encer dan penyajiannya unik karena antara tulang dan daging disajikan dalam satu wadah.

Sate Buntel

Konon kabarnya presiden kedua Indonesia, Soeharto, sangat menyukai hidangan ini. Bapak Joko Widodo pun juga termasuk salah satu penggemarnya. Jika dua orang paling berpengaruh di tanah air itu saja menyukainya, mengapa kamu tidak mencobanya.

Sate yang terbuat dari daging kambing cacah yang kemudian dibungkus dengan lapisan lemak tipis dan kemudian dibakar, memang memberikan nuansa tersendiri bagi penikmatnya. Lemak pembungkus yang terbakar menambah aroma, yang mengundang kamu untuk segera menikmatinya. Dengan bumbu kecap, irisan bawang merah dan daun kol, serta jeruk nipis dan cabai rawit sebagai tambahan, kamu akan mengetahui alasan mengapa Soeharto dan pak Jokowi begitu menyukai Sate Buntel ini.

Timlo

Makan timlo di Solo adalah keharusan. Untuk mendapatkan yang terbaik, silakan berkunjung ke Warung Timlo Solo Sastro di wilayah Pasar Gede. Kuliner soto dengan citarasa sup ini menawarkan kesegaran dalam setiap suapan.

Untuk mendapatkan kesan mendalam, materi soto di dalamnya harus kamu cicipi, seperti mie soun, suwiran ayam, potongan sosis Solo, wortel dan irisan telur masak kecap. Tambahkan irisan hati ayam dan telur dadar untuk melengkapi hidangan sebelum kemudian disiram kuah kaldu panas yang menyegarkan. Dengan ditambah bawang goreng sebagai penambah rasa, timlo Solo bakal memuaskan nafsu makan kamu.

Selat Solo

Selat solo adalah hidangan khas Jawa dengan pengaruh dari Eropa dan merupakan makanan khas Solo. Untuk menikmatinya, kamu bisa menuju ke Warung Selat Mbak Lies.

Lokasinya tersembunyi dan interior warungnya juga unik. Bayangkan rasa yang kamu dapat kala menikmati seporsi sup lengkap dengan wortel, tomat dan buncis, ditambah acar bawang goreng, potongan kentang goreng, irisan telur pindang dan sayur mayones, plus potongan daging bistik. Penasaran seperti apa rasanya, well, kamu harus mencobanya langsung.

Tinggalkan Sebuah Balasan