Di zaman sekarang makanan-makanan khas dan tradisional semakin langka, sudah jarang ditemukan di rumah makan dan hanya rumah makan tertentu yang hanya menyediakan makanan tradisional. Makanan tradisional yang paling mudah ditemukan di warung-warung tradisional yang ada di desa-desa atau di pinggir jalan. Makanan tradisional sering sekali diburu orang-orang karena murah dan lezat. Terutama di daerah Jawa Tengah dan D. I. Yogyakarta makan-makanan tradisional sangat mudah ditemukan di mana-mana. Makanan-makan ini menjadi khas di warung-warung pinggir jalan dan menjadi buruan orang

 

Mendoan

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kira-kira bahan utama dari makanan tradisional khas Jawa Tengah ini apa.

Tempe Mendoan merupakan sebuah makanan yang di buat dari tempe dengan ukuran tempe yang lebar. Langkah berikutnya adalah dengan melumuri tempe tersebut dengan tepung yang tentu saja sudah bercampur dengan bumbu khas dari Tempe Mendoan ini.

Setelah itu tempat tersebut di goreng hingga mendo atau garing. Memang merupakan makanan khas Jawa Tengah yang cukup sederhana, akan tetapi jika di campur dengan cabai atau sambal rasanya sangat lezat.

 

Gudeg

Makanan tradisional khas yogyakarta yang terkenal ini tentunya sudah akrab di telinga anda. Hampir setiap pengunjung yang datang ke jogja pasti akan mendatangi rumah makan yang menjual gudeg. Sentra wisata kuliner gudeg di jogja yang paling terkenal berada di sekitaran dekat kampus UGM dan juga sekitar plengkung kraton dekat alun-alun kidul. Gudeg jogja ada tiga jenis, yaitu basah, manggar, dan kering. Bagi anda yang ingin membawa gudeg sebagai oleh oleh, disarankan untuk membeli gudeg kering saja agar tahan lama.

 

Getuk

Gethuk adalah makanan tradisional khas Jawa Tengah terbuat dari bahan dasar singkong. Makanan ini tidak hanya ada di Jawa Tengah aja, di Jogja juga ada gethuk.

Makanan khas Jawa Tengah ini warna aslinya adalah putih, tapi sekarang sudah ada bermacam warna agar lebih menarik.

Selain itu ada juga gethuk goreng, jadi gethuk yang digoreng yang rasanya juga tidak kalah sama enaknya dengan gethuk biasa.

Pastikan buat kamu yang suka banget sama kuliner atau makanan enak untuk mencoba makanan khas dari Jawa Tengah yang satu ini.

 

Krecek

Makanan tradisional khas jogja selain gudeg adalah sambal krecek yang banyak disukai orang. Sambal krecek biasanya disajikan bersama dengan gudeg manis sehingga dapat menambah selera makan anda. Rasa sambal krecek sendiri dominan pedas dan gurih.

 

Wajik

Wajik adalah makanan tradisional khas Jawa Tengah yang biasanya disajikan ketika ada acara pernikahan ataupu hajatan.

Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan menggunakan gula jawa. Makanan ini rasanya manis karena menggunakan gula jawa.

Warna makanan khas Jawa Tengah ini yang memakai gula jawa akan berwarna coklat, tetapi sekarang banyak wajik yang warnanya bermacam-macam, ada hijau, pink, merah dan warna lainnya sehingga semakin menarik disajikan.

Tetapi jika yang warna-warni pemanisnya tidak menggunakan gula jawa, tapi menggunakan gula pasir.

 

Bakpia Pathuk

Bila anda berada di jogja, jangan bingung untuk membeli oleh oleh makanan tradisional khas jogja. Sebut saja bakpia pathuk, maka anda akan dibawa ke sekitar jalan mataram dekat malioboro yang merupakan sentra penjualan bakpia pathuk. Anda dapat memilih bakpia pathuk beraneka merk dan rasa di jalan ini. Tekstur kue yang berasal dari campuran kacang hijau dan gula yang dibalut dengan kulit tepung kemudian dipanggang ini sungguh sangat memanjakan lidah. Bakpia pathuk, krispi diluar namun lembut di dalam.

 

Bakso Babat

Makanan tradisional khas Jawa Tengan yang sangat populer ini adalah serabi solo. Makanan ini merupakan jajanan pasar tradisional yang berasal dari Indonesia, ada dua jenis serabi, yaitu serabi manis yang biasanya menggunakan kinca dan serabi asin dengan menggunakan taburan oncom yang telah dibumbui diatasnya.

Makanan khas Jawa Tengan ini biasa dijajakan di pagi hari. Makanan ini dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas dan alami.

Tetapi biasnaya telur ayam yang telah dikocok juga ditambahkan diatas adonan surabi yang sedang dimasak. Jadi rasanya akan semakin enak untuk disantap.

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak inovasi dengan menambahkan berbagai topping seperti sosis, keju, maupun mayones. Tujuannya adalah untuk menghilangkan asumsi bahwa serabi adalah makanan yang terkesan rendahan.

Jika kamu ingin mencoba makanan khas Jawa Tengan ini kamu bisa menemukannya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Bogor dan bukan hanya di solo saja.

 

Cenil

Jika anda mencari makanan ringan tradisional khas jogja, maka jawabannya adalah cenil. Meskipun di seantero pulau jawa cenil ini sudah terkenal dan bahkan di setiap daerah mempunyai kekhasan cenil masing-masing, namun tidak ada salahnya anda mencoba cenil khas jogja ini.

 

Geplak

Makanan tradisional khas jogja geplak merupakan salah satu jenis kue tradisional yang masih dilestarikan sampai sekarang. Adonannya terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan tepung dan gula membuat geplak mempunyai rasa manis. Geplak berbentuk bulat-bulat kecil dan berwarna-warni sehingga membuat anda gemas ingin segera menyantapnya.

 

Bakmi Jogja

Makanan tradisional khas daerah jogja yang juga patut anda coba adalah bakmi jogja. Bakmi jawa jogjakarta merupakan olahan bakmi rebus yang dimasak dengan racikan bumbu khas jawa. Jika anda memesan bakmi jawa jogjakarta, anda bisa juga memesan bakmi nyemek yaitu bakmi yang diberi kuah sedikit sehingga tekstur kuahnya menjadi kental dan nikmat. Salah satu penjual bakmi jawa jogjakarta yang legendaris adalah bakmi pak pele yang terletak di dekat alun-alun kidul.

 

Walang/ Belalang Goreng

Jika anda kebetulan sedang ingin berwisata ke daerah pantai di wonosari, yogyakarta jangan lupa mampir untuk membeli makanan khas jogja yang terkenal ini, yaitu walang atau belalang goreng. Bagi sebagian orang mungkin akan merasa geli dengan makanan yang satu ini, namun siapa sangka bahwa makanan ini memiliki banyak sekali gizi dalam kandungnya.

 

Tinggalkan Sebuah Balasan