Surabaya memang terkenal dengan surganya kuliner, tak heran kalau Surabaya mempunyai makanan khas yang terkenal enak dan rasanya yang melegenda.

Kepiting Cak Gundul

Jangan ngaku pencita Seafood kalo belum cobain Kepiting Cak Gundul yang sudah terkenal di Surabaya dan kepiting cak gundul ini sudah buka sejak tahun 1992. Karena cak gundul ini sudah terkenal dan ramai, akhirnya restaurant ini membuka beberapa cabang di kota besar yang ada di Indonesia. Apa sih menu yang ada disini? Ya disini memang sangat terkenal dengan kelezatan kepitingnya yang memiliki ukuran besar, segar, dan harganya masih bersahabat dikantong anda guys.
Selain menu kepiting anda bisa memesan hidangan seafood lainnya seperi ikan, krapu, udang, dan ayam.
Alamat : Jalan Raya Kupang Indah, No. 45 C-D, Surabaya, Jawa Timur
Range harga: 35k- 150k.

Lontong Balap

Taoge rebus beserta kuahnya, tahu goreng yang telah dipotong-potong, menjeng (mirip tempe goreng, juga terbuat dari kacang kedelai), dan sambal petis. Itulah lontong balap. Biasanya sate kerang penjadi pelengkapnya. Lontong balap lebih banyak ditemukan pada siang hari daripada malam hari. Sebab makanan ini memang sangat pas bila disantap ketika matahari terik. Untuk minuman yang cocok sebagai pasangannya, para penjual lontong balap selalu menjual es kelapa muda. Dua hal ini tidak dapat dipisahkan.

Saat masih tinggal di Surabaya dulu atau sedang berkunjung ke sana, bila saya membawa tamu asing untuk berkunjung ke House of Sampoerna, sebuah museum kretek, untuk santap siang saya selalu mampirkan ke warung Lontong Balap Sampoerna. Lokasinya persis di samping belakang sebelah timur museum. Warungnya masih berada di dalam bagian komplek Sampoerna menghadap ke arah timur.

Rujak Cingur

Rujak cingur mirip lotek khas Sunda ataupun Jogja: sayuran rebus, lontong, tahu dan tempe goreng kemudian dicampur dengan bumbu kacang yang telah diuleg. Juga biasanya ada tambahan buah-buahan seperti nanas, ketimun, mangga. Bedanya dengan lotek, ada tambahan petis udang pada bumbu kacangnya sehingga warna bumbunya menjadi lebih gelap. Dan yang membuatnya berbeda dan menjadikan makanan ini khas adalah adanya cingur. Cingur adalah bagian moncong sapi. Banyak yang pertama kali tahu tentang itu akan bergidik jijik. Tetapi bila sekali mencobanya akan bergidik ketagihan.

Ada warung terkenal yang menjual rujak cingur di Surabaya. Letaknya tersembunyi di sekitaran Pasar Genteng. Saya mengetahui tentang warung ini dari bertanya pada teman-teman saya di Surabaya saat akan menjamu Barbara, seorang teman dari Austria di sore hari. Jadi saya pun mencari warung ini setelah mengantarnya membeli tiket kapal laut untuk perjalanannya ke Batam. Dan sayangnya Barbara adalah seorang vegetarian. Jadi ketika saya menjelaskan rujak cingur padanya ia ingin mencobanya tanpa cingur. Maka sensasi mengunyah cingur yang kenyal tidak dapat ia rasakan.

Tahu Tek

Tahu tek ini satu porsinya berisi tahu goreng, lontong, dan kentang yang dipotong kecil kecil. Uniknya makanan khas Surabaya ini adalah semua bahannya dipotong tidak memakai pisau tetapi di gunting, setelah digunting, ditambahkan toge atau kecambah, serta taburan seledri.

Adapun bumbu pelengkapnya yaitu bumbu petis di atasnya tentunya sebagai pelengkap diatasnya di taburkan kerupuk agar sajiannya semakin nikmat. Walaupun tampilannya sederhana dan harganya murah cuman di taksir mulai Rp.8.000 saja tapi makanan ini adalah makanan favorit di Surabaya lho !

Nasi Goreng Jancuk

Di Surabaya ada yang namanya kurang enak di dengar kuping bagi kalangan masyarakat awam, yaitu nasi goreng jancuk. Nah karena artinya yang kurang sopan. Namun nasi goreng ini awalnya itu trademark karya Chef Eko Purwanto dari Kartini Restaurant Surabaya Plaza Hotel.

Unik nya nasi goreng ini adalah rasanya yang hot ( pedas ) dan sangat sangat pedas sampai orang yang memakan nasi goreng ini ingin teriak mengatakan jancuk.

Sate Klopo

Mungkin ada dari kalian yang berpikiran sate klopo ini adalah sate yang terbuat dari kelapa atau berbahan dasar kelapa iya kan? Kalu iya seperti itu, berarti kamu sedang berparasangka salah. Kenapa bisa salah, karena ternyata sate klopo yang merupakan makanan khas Surabaya ini adalah sate dengan bahan dasar daging sapi atau ayam yang dicampur dengan jeroan dan lemak sapi untuk menambah cita rasa gurih.

Sate klopo ini sebelum masuk ke proses pembakaran, terlebih dahulu akan di lumuri dengan parutan kelapa supaya rasa yang didapat menjadi gurih dan enak. Anda bisa menemukan sate klopo ini di sekitaran jalan walikota Mustajab Nomor 36, tepatnya di sebelah barat Balai Kota Surabaya.

Sate Lisidu

Sate Lisidu ini akan mudah kamu dapatkan di sekitaran Jl. Kutai nomor 53, Wonokromo Surabaya. Kira-kira apa sih bedanya sate lisidu dengan sate pada umumnya? Kalau kamu belum tau perbedaannya, mari simak penjelasan ini.

ate lisidu ini memiliki bentuk yang pipih menjadikan keunikan tersendiri pada tampilan sate ini dan tidak kalah penting lagi sate lisidu ini bersih dari campuran arang sisa pembakaran, karena proses pembakarannya yang menggunakna cara pengipasan dari atas dan juga dari bawah.

Mie Akhirat

Dari namanya aja agan sudah pasti penasaran yaitu mie akhirat ini terdiri dari 2 warna yaitu putih dan hitam, putih yang berarti surga dan hitam yang berarti neraka. Makanan yang terletak di dekat bandara ini dari segi penamaan terinspirasi dari urusan dunia setelah kematian, yaitu akhirat.

Cara mempromosikannya pun menarik, mulai dari gratis buka puasa setiap senin dan kamis sampai dengan diskon bagi anda yang jomblo bertahun tahun. gimana gan ?? siap untuk mencoba ???

Nasi Cumi

Nah sekarang kita membahas tentang makanan favorit warga Surabaya karena harganya yang murah dan rasanya yang sangat nikmat, maka sayang sekali jika agan berkunjung ke Surabaya tidak memakan nasi cumi.

Namanya nasi campur bumbu Madura ampel yang terletak di depan Hotel Kemadjoean. Hidangan di warung ini di sajikan dengan nasi yang hangat ditambah serundeng kelapa, ada juga mie kuning dan sambal pencit serta tambahan lauk cumi tinta hitam. Gimana gan bisa dibayangkan begitu lezatnya nasi cumi, silahkan buktikan sendiri kenikmatannya.

Sate Karak

Kuliner khas Surabaya yang satu ini keberadaannya sudah cukup langka. Tapi yang namanya langka berarti masih ada penjual atau pembuatnnya iya kan. Kelangkaan sate karak atau sate kerak ini tidak menyrutkan penjual yang berada di Kawasan Sunnan Ampel Surabaya atau banyak juga dikenal dengan kampung Arab, lebih tepetnya berada di Jl. Ampek Lencong Nomor 60, Ampel, Semampir Surabaya.

Sate karak ini merupakan sate dengan bahan dasar usus yang pada penyajiannya dihidangkan dengan karak atau kita kenal dengan nasi ketan hitam yang ditambahkan dengan parutan kelapa. Kalau kamu mau tau gimana rasa dari sate karak ini, langsung saja kunjungi tempat penjual yang sudah saya tulis di atas.

Tinggalkan Sebuah Balasan