Dalam pola diet yang dilakukan kebanyakan orang, hal yang paling dijaga yaitu asupan makanan yang dimasukkan ke tubuh. Oleh sebab itu, jika kamu sedang melakukan pola diet, kamu harus tahu setiap kandungan gizi yang ada dalam makananmu. Karbohidrat merupakan salah satu bagian penting dari program dietmu, sebab selain memberi energi untuk tubu. Karbohidrat merupakan salah satu zat yang juga berperan penting untuk otak. Berikut beberapa makanan yang mengandung karbohidrat yang sangat tinggi :

Nasi Putih

Sudah banyak yang tahu bahwa nasi putih tidak baik dikonsumsi terlalu banyak, terlebih buat kamu yang sedang melakukan program diet. Dibandingkan dengan nasi merah, kadar serat dalam nasi putih 6 kali lebih sedikit. Hal ini disebabkan karena nasi putih berasal dari biji beras yang mengalami pengolahan sehingga bagian inti dan kulitnya hilang. Dimana pada bagian tersebutlah yang mengandung serat dan zat gizi penting lainnya. Dalam seperempat cangkir porsi nasi putih ada sekitar 36 gram karbohidrat yang terkandung di dalamnya.

Keripik Kentang

Makanan cemilan yang satu emang paling banyak disukai, terlebih saat suasana dan kondisi yang mendukung disore hari, sedang duduk-duduk sambil nonton di depan televisi adalah saat yang tepat mengunyah beberapa keripik kentang ini. Namun, tahukah kamu bahwa dalam keripik kentang tersebut mengandung kalori yang tinggi? Sebab, dalam 15 buah keripik kentang mengandung 15 gram karbohidrat. Hayo, mulai sekarang ganti cemilanmu, ya!

Sereal

Bahkan dalam sereal sehat dan granola yang biasa kamu makan di pagi hari, mengandung kadar gula yang tinggi, lho. Oleh karena itu, kamu harus teliti dalam memilih sereal yang akan kamu konsumsi setiap harinya. Dalam porsi tiga perempat cangkir sereal yang kamu makan, mengandung sekitar 22 gram karbohidrat.

Roti

Jika kamu mengira bahwa lebih aman makan roti putih ketimbang nasi, kamu selama ini salah. Kedua makanan ini mengandung karbohidrat yang sama tingginya. Dalam roti putih terdapat sekitar 31 gram karbohidrat per iris nya dan biasanya kamu tidak memakan satu iris roti saja sehingga bisa dibayangkan berapa total karbohidrat yang masuk dalam tubuhmu saat makan roti putih ini.

Juice

Pasti kamu bertanya, mengapa jus mengandung karbohidrat yang lebih tinggi? Karena hampir disemua jus yang kamu konsumsi terdapat pemanis buatan. Meskipun kamu mengolah jus sendiri tanpa tambahan gula, jus tetap memiliki kadar gula yang tinggi. Hal ini dikarenakan, olahan jus yang kamu minum langsung masuk ke dalam sistem pencernaan dan diserap langsung oleh tubuh lebih cepat. Sehingga membuat gula darah sangat cepat naik dan berubah.

 

 

Tinggalkan Sebuah Balasan