Surakarta atau yang lebih populer dengan nama Kota Solo, merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang dijadikan sebagai tujuan utama untuk belajar bagi banyak orang diluar daerah. Tak hanya belajar tentang seni budaya, keberadaan beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Solo seolah menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak yang berdatangan ke kota kecil ini. Berikut beberapa Politeknik yang ada di Solo.

Poltekkes Kemenkes Solo

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta atau Poltekkes Kemenkes Solo adalah perguruan tinggi kesehatan yang berada di Surakarta dengan penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan berstrata Diploma III dan Diploma IV, di bawah naungan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Politeknik Kesehatan adalah Unit pelaksana teknis di lingkungan Departemen Kesehatan yang dipimpin oleh Direktur yang berada di bawah Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PSDM) dan sehari-hari bertanggung jawab ke Pusdiknakes. Pembinaan dilakukan oleh Kepala Pusdiknakes. Politeknik Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan pendidikan profesional dalam program diploma I, diploma II, diploma III dan/atau diploma IV sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Berikut adalah program studi yang ditawarkan pada Politeknik Kesehatan Surakarta.

Diploma III

  1. Kebidanan
  2. Keperawatan
  3. Akupuntur
  4. Fisioterapi
  5. Ortotik Prostetik
  6. Okupasi Terapi
  7. Terapi Wicara
  8. Jamu

Diploma IV

  1. Kebidanan
  2. KeperawataN
  3. Fisioterapi
  4. Akupuntur
  5. Okupasi Terapi
  6. Ortotik Prostetik
  7. Terapi Wicara
Didirikan 2001
Jenis Perguruan Tinggi Kedinasan, di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lokasi JL. Letjend Sutoyo, Mojosongo, Surakarta 57127
Situs web http://www.poltekkes-solo.ac.id/

 

Politeknik ATMI Surakarta

Politeknik ATMI, sebelumnya bernama: Akademi Tehnik Mesin Industri (ATMI) Surakarta adalah akademi teknik mesin yang berdiri sejak tahun 1968 di bawah naungan Yayasan Karya Bakti Surakarta berkembang menjadi institusi pendidikan tinggi yang mempunyai pengaruh cukup besar pada pendidikan profesional khususnya di bidang Teknik Mesin Industri (Teknik Manufaktur).

Sejak kunjungan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro pada tahun 1995, ATMI Kota Surakarta makin dilibatkan dalam pengembangan pendidikan kejuruan di Indonesia. Politeknik ATMI Surakarta adalah institusi pendidikan tinggi yang berkonsentrasi pada pendidikan vokasi di bidang manufaktur (mesin industri) di Indonesia yang mengadopsi model pendidikan dual system dari Jerman dan Swiss.

Didirikan 1 Januari 1968
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Lokasi Surakarta
Situs web http://www.atmi.ac.id

 

Politeknik Indonusa Surakarta

Politeknik Indonusa Surakarta (POLINUS) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia yang berada di wilayah surakarta. Meliliki 2 bangunan gedung yang berada di Jl.KH Samanhudi No 31, Laweyan Surakarta dan di Jl.Palem No.8, Cemani Grogol Sukoharjo.

Program Studi :

  • Mesin Otomotif
  • Manajemen Informatika
  • Komunikasi Massa
  • Perhotelan
  • Farmasi
  • Manajemen Informasi Kesehatan
Didirikan 2001
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Lokasi Surakarta
Situs web http://www.atmi.ac.id

 

Politeknik Muhammadiyah Karanganyar

Politeknik Muhammadiyah Karanganyar adalah Perguruan Tinggi (PT) Swasta yang berlokasi di Propinsi Jawa Tengah Kabupaten Kota Surakarta dengan alamat RW Monginsidi No 06 Karanganyar.

 

Politeknik Pratama Mulia

Dilatarbelakangi oleh keinginan luhur untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, pada tanggal 11 Mei 1983 didirikan Yayasan Sari Baruna Asih yang bergerak di bidang pendidikan, utamanya pelatihan ketrampilan dan pendidikan tinggi.

Pada tanggal 1 Juni 1992, Yayasan Sari Baruna Asih (YSBA) mendirikan Politeknik Pratama Mulia (Politama) berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 186/Dikti/0/1992, Politama memperoleh pengakuan status Terdaftar , dengan tiga jurusan, yaitu: Teknik komputer, Teknik mesin, dan Sekretari.

Dalam perkembangannya, melalui persetujuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 349/Dikti/Kep/1997, tertanggal 25 Agustus 1997 POLITAMA menambah tiga jurusan baru, yaitu: Teknik Elektronika, Akuntansi, dan Agrobisnis

Program Studi Diploma 3:

  1. Teknik Mesin
  2. Teknik Elektro
  3. Teknik Otomoif
  4. Teknik Komputer
  5. Manajemen Informatika
  6. Sekretari
  7. Manajemen perusahaan
  8. Akuntansi
Didirikan 1992
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Lokasi Surakarta
Situs web http://www.atmi.ac.id

Tinggalkan Sebuah Balasan