Ingin Memanjakan Lidah dan Kepuasan Batin ? Cobain Kuliner yang Memikat Hati Semua Wisatawan ini Deh!

Memanjakan lidah dengan makanan khas kota Palembang, kota dengan kuliner pempek yang sudah terkenal di seluruh Indonesia memiliki kuliner lainnya yang tidak kalah enak dengan pempek. Perairan kota Palembang yang sudah sangat maju membuat semua olahan makanan di Palembang berbau dengan hasil olahan ikan atau hasil perairan. Meskipun ada beberapa olahan makanan lain yang bahan bakunya bukan dari ikan, namun olahan dari ikan dan hasil airnyalah yang paling mendominasi. berikut ini adalah daftar kuliner khas dan terkenal Palembang yang musti anda coba :

1. Pempek

Ada berbagai macam pempek yang bisa anda coba. Pempek tersebut dibedakan berdasarkan dengan bahan isian dan bahan pembuatannya. Pempek yang biasanya dengan mudah anda temukan di Palembang adalah berikut ini :

Pempek lenjer. Bentuk pempek ini memanjang, pempek ini tidak ada bahan isiannya. Biasanya ketika disajikan pempek ini akan dibelah menjadi beberapa bagian.

Pempek kapal selam. Pempek lainnya yang bisa anda mudah temukan adalah pempek kapal selam. Masyarakat palembang menyukai pempek satu ini, hal itu dikarenakan karena bentuknya yang lumayan besar pempek ini juga diisi dengan telur. Rasa gurih dari pempek dan telur tersebut mampu menggoyang lidah orang yang menyantapnya.

Pempek model. Jenis empek empek yang bisa dengan mudah anda temukan ketika berada di Palembang adalah pempek model. Yang dimaksud model disini bukanlah model yang ada saat peragaan busana, namun model disini adalah jenis empek empek dengan bentuk bulat seperti bakso. Biasanya pempek ini akan digoreng sampai benar benar garing namun lembut di dalam.

Pempek adaan. Makanan khas palembang satu ini memiliki bentu yang dipipihkan. Saat digoreng pempek ini akan dibelah dan digaris garis seperti menggoreng tempe.

Pempek telur. Pempek satu ini adalah pempek yang sama dengan pempek kapal selam, yang berbeda dengan pempek kapal selam adalah bentuk pempek telur ini bisa bulat seperti model namun isinya diberi telur. Sedangkan untuk kapal selam bentknya sangat unik seperti pastel.

Pempek kulit. Untuk anda yang ingin mencoba berwisata kuliner unik di Palembang anda bisa mencoba pempek kulit. Sesuai dengan namanya, pempek satu ini dibuat dengan bahan dasar kulit ikan. Tidak hanya kulit ikan saja yang digunakan, ketika memakan pempek ini kadang ada duri ikan yang ikut dalam adonan. Sehingga anda harus berhati hati dalam mengkonsumsi pempek satu ini. Ikan tidak hanya dimanfaatkan dari dagingnya dan kepaalanya saja. Namun kini semua bagian ikan bisa dimanfaatkan seperti kulit dan juga durinya.

2.Tekwan

Ketika anda berada di warung pempek, anda akan menemukan menu lainnya selain pempek yang memanjakan lidah. Salah satu menu yang mungkin tertera disana adakah tekwan. Tahukah anda apa itu tekwan?, banyak yang mengatakan bahwa tekwan ini adalah baksonya orang Palembang. Hal itu dikarenakan tekwan ini merupakan pempek rebus. Tentu saja pempek rebus ini lebih sehat dibandingkan dengan pempek yang digoreng. Alasannya adalah pempek rebus ini tidak digoreng menggunakan minyak yang menjadi sumber kolesterol. Eits, tapi tunggu dulu. Tekwan tidak hanya makanan khas Palembang berupa pempek rebus saja. Tekwan itu sama seperti bakso dimana dilengkapi dengan soun, jamur kuping dan juga bengkuang. Setelah itu semua bahan bahan itu disiram menggunakan kuah bening seperti dengan soup. Tekwan ini sangat cocok dikonsumsi saat malam hari atau disaat cuaca sedang mendung, hal itu dikarenakan kuah tekwan sangat menyegarkan dan juga bisa menghangatkan tubuh.

3.Lenggang

Memanjakan lidah dengan Lenggang , adalah masih salah satu jenis keluarga pempek. Meski begitu makanan ini tidak bisa disejajarkan dengan pempek dikarenakan cara pembuatannya yang berbeda dan juga bentuknya yang berbeda. Jika dilihat secara sekilas, pempek ini sangat mirip dengan telur dadar gulung. Yang berbeda adalah lenggang tersebut telur yang didalamnya berisi pempek lenjer yang sudah dipotong potong. Cara memasaknya pun beragam ada yang dipanggang namun ada juga yang hanya digoreng saja. Untuk mengkonsumsinya pun bisa dimakan langsung dengan atau tanpa kuah cuko. Rasa dari lenggang ini gurih sebab perpaduan dari telur dadar dengan pempek lenjer yang sudah dipotong potong sebelumnya.

4.Kerupuk Ikan Palembang

Ingin memanjakan lidah dengan kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan ketika berlibur di Palembang adalah kerupuk ikan. Kerupuk ikan ini bisa jadikan oleh oleh dan buah tangan. Saat berada di Palembang anda akan mudah menemukan penjual kerupuk ikan tersebut. Seperti denggan namanya, kerupuk palembang itu terbuat dari ikan bisa dari ikan tenggiri atau ikan laut lainnya. Rasanya pun cenderung gurih dan renyah. Kerupuk ikan cocok dijadikan sebagai teman makanan yang berkuah panas dan pedas.

Tidak hanya itu saja kerupuk ikan tersebut juga akan sangat enak sekali jika dicocolkan ke kuah cuko pempek. Kerupuk ikan ini memilii warna putih dan sangat garing. Banyak orang yang merasakan ketagihan setelah mengkonsumsi kerupuk ikan tersebut. Tidak mengherankan jika kerupuk ikan Palembang merupakan kerupuk ikan yang paling banyak dicari untuk dijadikan oleh oleh ketika berada di Palembang.

5.Pindang Palembang

Tentu anda pernah mendengar makanan pindang?, namun tahukah anda bahwa pindang tersebut berasal dari palembang ,oleh sebab itu ketika berkunjung ke Palembang jangan lupa untuk merasakan kelezatan dan memanjakan lidah dari pindang ikan palembang ini. Pindang ini sangat berbeda dengan pindang pindang ikan lainnya yang ada di warung makan. Yang berbeda dari pindang ikan Palembang ini adalah pindang ikan itu mirip dengan Tom Yum. Tom Yum adalah masakan khas Thailand yang legendaris. Pindang tersebut mirip dengan sopu yang rasanya asam, pedas, manis dan juga sangat menyegarkan.

Orang yang pernah mencoba pindang ikan ini pasti akan ketagihan dan ingin merasakan kembali pindang ikan asal palembang. Biasanya yang dijadikan sebagai bahan dasar masakan pindang ini adalah ikan patin, ikan gabus dan juga tulang iga. Kedua jenis ikan yang digunakan sebagai bahan dasar masakan pindang memiliki tekstur yang sangat lembut. Sehingga daging ikan itu terasa sangat lezat jika dicampurkan dengan kuah yang memiliki rasa asam, pedas, manis dan juga segar tersebut. Bagi anda yang ingin merasakan Pindang ikan yang enak, anda bisa mencicipi ikan pindang yang ada di warungnya Mbok War Palembang. Warung ini mengapung di Sungai Musi dan dekat dengan Jembatan Ampera.

6.Mie Celor Palembang

Bagi anda yang ingin  memanjakan lidah dan kecintaan olahan mie, anda harus mencoba kuliner yang satu ini. Rasanya yang unik, lezat dan gurih membuat mie ini sangat menggugah selera. Mie celor adalah kuliner khas Palembang dimana mie tersebut disajikan bersamaan dengan kuah santan yang sangat kental dicampurkan dengan kuah kaldu dari ebi atau udang kecil yang dikeringkan, dicampurkan dengan taoge meski jumlahnya hanya sedikit dan diatasnya diberikan irisan telur rebus. Seledri, daun bawang dan juga bawang goreng pun ditaburkan di atas mie tersebut agar citarasanya semakin mantap.

Mie yang digunakan dalam mie celor adalah mie tebal sejenis dengan udon. Kebanyakan orang Palembang mengkonsumsi mie ini saat waktu sarapan, sehingga warung mie celor tersebut akan diserbu pengunjung saat pagi hari dan penuh saat pagi hari. Sayangnya mie ini tidak bisa dikonsumsi oleh orang yang menderita kolesterol. Orang yang memiliki kolesterol tidak bisa mengkonsumsi mie ini dikarenakan kuah santan kental tersebut bisa membuat kadar kolesterol semakin naik.

7.Martabak Har

Bagi anda yang suka dengan martabak dan  memanjakan lidah jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata kuliner yang satu ini. Kuliner satu ini sudah sangat terkenal di Palembang, sehingga tidak mengherankan jika Martabak Har selalu dipenuhi oleh pembeli. Memang jika dilihat secara sekilas, martabak har ini mirip dengan martabak telur. Yang berbeda adalah martabak ini memilki kuah. Bukan kuah cuko yang digunakan untuk menemani sajian martabak ini, namun kuah yang digunakan adalah kuah dengan citarasa rempah yang sangat kuat. Kuah tersebut juga dicampur dengan kentang dan juga irisan daging yang menggugah selera. Jika kebanyakan martabak telur menggunakan telur dan daging cincang sebagai isian martabak, namun martabak har ini hanya menggunakan telur untuk dibalutkan bersamaan dengan kulit martabak sehingga anda tidak akan menemukan daging cincang sebagai isian martabak. Penyajiannya pun sangat berbeda dengan pempek, martabak tersebut saat masih panas langsung diguyur menggunakan kuah yang berisi kentang dan juga irisan daging tersebut.

8.Laksan

Kuliner khas lainnya yang bisa memanjakan lidah anda coba ketika berada di Palembang adalah laksan. Sudah tahukah anda apakah itu Laksan?, memang laksan ini tidak setenar dengan pempek. Meski begitu laksan ini bahan pembuatannya menggunakan pempek. Laksan sendiri merupakan pempek lenjer yang disiram menggunakan santan kental dan pedas. Pempek lenjer yang digunakan pun masih dalam keadaan utuh tidak dipotong potong. Namun bagi anda yang menginginkan laksannya dalam bentuk potongan pun bisa meminta kepada empunya warung. Jika tidak diperhatikan secara cermat dan mendetail, laksan itu mirip dengan lontong sayur. Namun tetap saja rasa dari laksan itu adalah rasa pempek. Sayangnya tidak semua orang bisa mengkonsumsi makanan khas satu ini.

9.Tempoyak

Pernah mendengar makanan khas Palembang yang satu ini?, pernah mencicipinya?. Memang tidak semua orang tahu apa itu tempoyak, meski makanan tersebut sangat terkenal di Palembang, masyarakat luas tidak mengenal tempoyak seperti masyarakat mengenal pempek yang sudah banyak memanjakan lidah semua orang. Banyak yang tidak tahu apa itu tempoyak. Tempoyak merupakan makanan unik dari Palembang. Bagi anda penyuka durian tidak ada salahnya anda mencoba tempoyak, hal itu dikarenakan tempoyak merupakan makanan khas dari Palembang yang bahan dasarnya dari durian.

Tempoyak sejenis sambal dimana sambal itu terbuat dari durian yang suah difermentasikan. Rasanya pun asam namun aroma duriannya masih terasa. Kebanyakan tempoyak ini dicampurkan dengan makanan pepes. Sayangnya orang yang bukan asli dari Palembang kurang cocok dengan makanan satu ini berbeda dengan orang asli Palembang dimana mereka bisa makan tempoyak saja menggunakan nasi.

10.Burgo

Banyak yang menganggap burgo ini mampu  memanjakan lidah sama dengan laksan padahal burgo dengan laksan berbeda. Memang banyak masyarakat Palembang mengatakan jika burgo tersebut bumbunya sama dengan laksan namun yang berbeda adalah proses pemasakannya dan juga pencetakannya.

Jika laksan menggunakan pempek lenjer yang bulatannya penuh, burgo ini waktu membuatnya dibuat menggunakan cetakan mie digulung setelah itu diris seperti mengiris lontong kemudian disiram menggunakan santan. Jika baru datang ke Palembang pertama kali, orang akan bingung membedakan antara laksan dan burgo hal itu dikarenakan pembuatannya sama sama menggunakan tepung beras namun bentuknya saja yang berbeda.

11.Ragit Palembang

Makanan khas dari Palembang ini mampu memanjakan lidah anda makanan ini mirip dengan roti dari India. Meski di beberapa tempat ragit ini dibentuk dan dicetak seperti mie yang diberikan kuah santan. Ragit palembang ini kebanyakan ditemukan dalam bentuk seperti jala, bisa segitiga dan juga bisa seperti bentuk dadar gulung. Penyajian ragit itu banyak yang disajikan bersamaan dengan kuah dari daging masakan kari. Makanan khas ini penyajiannya mirip dengan Martabak Har yang penyajiannya disiram menggunakan kuah kari yang lezat dan juga gurih. Sayangnya pada hari hari biasa menjumpai ragit ini sangat sulit, bahkan bisa dikatakan makanan khas ini hampir punah.

Saat menjelang ramadhan, ragit ini bisa dengan mudah anda temukan di pasar Ramadhan. Bahan dasar pembuatan ragit ini adalah tepung beras yang dicampurkan dengan tepung terigu dan diberikan sedikit garam. Masyarakat asli Palembang mengatakan ragit ini tidak setenar pempek sehingga jumlah penjual ragit ini bisa dihitung menggunakan jari saja.

12.Es Kacang Merah

Ingin memanjakan lidah Kuliner khas dari Palembang lainnya yang tidka boleh untuk dilewatkan adalah es kacang merah. Es ini merupakan kuliner yang menyegarkan dan cocok dikonsumsi saat cuaca sedang panas dan terik. Meski saat ini banyak variasi es menggunakan kacang merah, namun es kacang merah yang ada di Palembang ini adalah pelopornya. Bahan dasar dari pembuatan es kacang merah ini tentu saja adalah kacang merah, dalam pembuatannya kacang merah ini dicampurkan bersamaan dengan gula merah, susu cokelat maupun susu vanilla dan juga es krim. Es krim yang digunakan untuk membuat es kacang merah juga bisa digantikan dengan es batu serut. Ketika semua bahan tersebut dicampurkan akan menghasilkan rasa dan citarasa yang sangat menyegarkan.

 

 

 

Tinggalkan Sebuah Balasan