dparagon.com – Sekarang ini dengan adanya kemudahan memiliki gadget dan kemudahan akses internet. Semua orang bisa berkarya dan mengembangkan teknologi yang kita miliki menjadi lebih maju. Lalu apakah dengan maju nya teknologi akan membuat kita menjadi manusia yang lebih baik kedepannya? Apakah kita akan semakin bergantung dan menjadi orang individualis? Pertanyaan-pertanyaan ini lah yang mungkin ada di benak kita. Nah, dibawah ini sudah ada beberapa alasan mengapa harus mengurangi penggunaan gadget.

mengurangi penggunaan gadget

Mengubah susunan otak.

     Dilansir dari dailymail.co.uk, menurut Susan Greenfield, gadget membuat kita menghadapi krisis yang belum terjadi sebelumnya. Krisis ini terjadi menembus hati dan kepala kita. Krisis ini juga yang dapat membentuk kembali bagaimana kita berinteraksi satu sama lain, mengubah apa yang membuat kita bahagia, dan mengubah kapasitas kita untuk mencapai potensi penuh kita sebagai individu. Dan ini semua disebabkan oleh satu fakta sederhana: otak manusia, organ yang paling sensitif, yang berada dalam bahaya dari dunia modern.

      Satu fakta penting yang harus kita ketahui bahwa otak bukanlah organ yang tidak berubah seperti yang selama ini kita bayangkan. Tidak hanya berkembang, berubah dan dalam beberapa kasus menyedihkan, pada akhirnya memburuk dengan umur yang semakin tua. Otak juga terbentuk kembali melalui apa yang kita lakukan padanya, dan dengan pengalaman yang kita lalui di kehidupan. Ketika disini tertulis “terbentuk ulang”, artinya bukan secara kiasan saja, namun benar-benar terjadi bahwa otak kita dapat terbentuk ulang, dalam tingkat mikro seluler. Wah ngeri ya, ternyata ini salah satu alasan mengapa kita harus mengurangi penggunaan gadget kita.

Menyita waktu.

     Dengan dunia yang serba modern yang dipenuhi gadget, ternyata menggunakannya sangatlah menyita waktu yang sangat banyak. Membuang waktu yang bahkan untuk sesuatu yang tidak memiliki banyak manfaat. Menurut TheDailyGreen.com, anak-anak sekarang menggunakan waktu rata-rata 55 jam per minggu menggunakan elektronik di dalam ruangan. Bahkan terdapat kampanye yang diadakan oleh The National Wildlife Federation’s “Be Out There” yang mendorong orang tua untuk memberikan waktu kepada anak-anak mereka “Green Hour” setiap hari untuk bermain di luar ruangan dan mengurangi penggunaan gadget mereka.

Menyelesaikan teknologi dengan teknologi.

    Dulu kita menggunakan teknologi sebagai suatu cara untuk menyelesaikan masalah-masalah kecil di hidup kita. Sekarang, teknologi digunakan untuk menyelesaikan masalah kecil yang disebabkan oleh teknologi. Dalam beberapa tingkat tertentu, kita tau bahwa hal tersebut sangatlah tidak masuk akal.

    Ketika kita menghadapi suatu masalah kesehatan, biasanya kita menggunakan pil baru untuk menghilang kan efek samping dari pil lain yang kita konsumsi. Kemudian pil tersebut ternyata memiliki efek lain, dan kita mengkonsumsi pil lain untuk menghilang kan efek samping nya. Akhirnya, hal ini akan menjadi perulangan yang tiada akhirnya. Tapi paling tidak, dalam dunia medis dapat membuktikan bahwa obat-obat tersebut memang terbukti dapat menyembuhkan penyakitnya.

    Sama halnya dengan dunia modern saat ini, menjadi lebih terhubung tidak dapat menyembukan kita dari yang sebelumya terlalu terhubung. Menggunakan satu lagi aplikasi tidak akan pernah sama dengan mengurangi satu aplikasi. Kita tidak memiliki aplikasi yang seperti itu.

    Ternyata, ide bahwa kita membutuhkan solusi teknologi untuk mengatasai kelebihan teknologi merupakan efek plasebo di era internet. Kita merasa bahwa kita jauh lebih baik, padahal dalam kenyataannya kita masih berada dalam suatu lubang yang sama, kecanduan yang sama. Sebenarnya, kita hanya harus mematikan gadget, mengurangi satu aplikasi yang kita gunakan. Siapa yang tau bahwa solusinya hanya tinggal “klik” saja untuk mengurangi penggunaan gadget?

Source : dailymail.co.uk, mercurynews.com, npr.org

Tinggalkan Sebuah Balasan