Untuk kalian pecinta kopi pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Kopi Joss. Kopi hitam dengan arang panas yang dimasukkan kedalam gelas sehingga mengeluarkan suara mendesis ini memang sangat popular. Asal mula kopi ini dari seorang penjual  minuman keliling, yang pada tahun 1965 diwariskan ke anaknya yang bernama Lik Man.

Lik Man ini lah yang pertama kali memperkenalkan Kopi Joss. Awalnya Lik Man hanya merebus kopi dengan kaleng (Kopi Klotok). Tiba – tiba  Lik Man mempunyai ide untuk memasukkan arang yang membara ke dalam kopinya. Hal ini ia lakukan agar kopi yang ia buat lebih matang.

Walau terlihat ekstrim karena memasukkan arang kedalam minuman, tapi ternyata arang memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. yaitu:

  1. Obat Anti Racun

Arang yang dibakar diatas suhu 250 derajat celcius secara alami akan merubah arang menjadi karbon aktif.  Karbon aktif ini berfungsi sebagai pengikat polutan dan racun yang ada didalam tubuh. Arang atau karbon aktif sudah sejak lama dikenal sebagai obat alami anti racun.

          2. Baik Untuk Pencernaan

Selain itu sudah banyak study yang membuktikan bahwa arang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Khasiat dari arang untuk tubuh diantara lain  untuk masalah pencernaan karena memiliki zat sorbitol, mengobati penyakit gastritis (asam lambung), kembung, dan panas dalam.

Tetapi bagaimana jika Arang ini dimasukkan kedalam kopi? Ternyata arang yang dimasukkan kedalam kopi dapat mengikat kadar kafein yang berlebih dalam kopi sehingga kopi menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi.

Walaupun sekarang sudah banyak warung kopi atau angkringan yang menjual kopi joss ini, tetapi Kopi Joss yang pertama kali bernama Angkringan Kopi Jos “LIK MAN” ini terletak di sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta dan bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki dari Jalan Malioboro. Angkringan Lik Man buka mulai pukul 14.00 – 02.00 WIB. Walaupun angkringan ini semakin malam semakin penuh oleh pengunjung, namun tak perlu khawatir akan kehabisan tempat duduk, trotoar sepanjang sekitar 50 meter yang sudah dialasi tikar siap menjadi tempat ngobrol santai menghabiskan malam.

 

sumber : travel.detik.com, stylet.tribunnews.com, teen.co.id

Tinggalkan Sebuah Balasan