dparagon.com – Bagi cewek berusia 20-an, ada saja hal-hal yang membuat hatinya resah dan bimbang. Mulai dari cinta yang nggak ada habisnya sampai masa depan yang sampai sekarang belum ada bayangannya. Khusus untuk masa depan, rasanya kamu belum memiliki cukup persiapan.

Tapi sebenarnya kamu tak perlu merasa resah apalagi bimbang. Agar lebih siap menghadapi masa depan, kamu perlu sekali dalam hidup untuk merantau ke kota seberang. Berikut 7 alasan mengapa kamu yang kini berusia 20-an, perlu untuk segera angkat kaki dan memulai kehidupan di kota orang. Biar kamu tak lagi resah dan bimbang jika ditanya:

1. Merantau di lingkungan yang baru akan buat pikiranmu terbuka lebar. Hal itu buatmu mampu menyusun tujuan di masa depan

Merantau mengharuskanmu ada di lingkungan serta lingkup pertemanan yang baru. Lingkungan yang baru tersebut akan membuat pikiranmu terbuka lebar. Akan banyak cara pandang yang memperkaya wawasanmu dalam menjalani hidup yang dulu kurang menarik bagimu. Seiring bertambahnya insight dari mereka lah kelak mampu buatmu menyusun tujuan-tujuan hidup yang sebelumnya tak terpikirkan olehmu.

2. Di tanah rantau, kamu harus beradaptasi agar bisa bertahan. Perlahan tapi pasti ketangguhanmu pun ditempa dalam hal ini

Agar bisa bertahan, mau tak mau kamu harus belajar beradaptasi di perantauan. Ada beberapa sikap yang harus kamu tahan, perbaiki, serta tambahkan. Proses beradaptasi ini awalnya memang tidak mudah. Tapi perlahan dari hal itu kamu pasti terus bisa menempa diri jadi lebih tangguh.

3. Klise memang, tapi dengan merantau kamu bisa keluar dari zona nyaman dan memperkaya pengalaman

Banyak yang bilang bahwa dengan merantau seseorang bisa keluar dari zona nyaman. Klise memang, tapi saat sudah benar-benar menjalani, kamu baru akan merasakan break the boundaries itu. Selain itu, dengan merantau dan jauh dari keluarga kamu bisa memperkaya pengalaman hidupmu.

Sebab di tanah rantau, kamu dituntut untuk kreatif dan inisiatif agar kebutuhanmu bisa terpenuhi. Seperti belajar untuk hidup hemat sampai mencari penghasilan tambahan adalah salah satunya. Dengan pengalaman hidupmu yang kian bertambah ini, kamu jadi tak resah serta bimbang lagi dalam menghadapi masa depan kelak.

4. Kemandirianmu juga bisa kamu pupuk pelan-pelan. Hal itu buatmu semakin siap untuk menjalani masa depan

Kemandirian adalah salah satu hal yang bisa kamu dapatkan dari merantau. Jauh dari keluarga serta orangtua buatmu mau tak mau harus menambah kadar mandirimu agar bisa bertahan di sana. Proses memupuk kemandirian ini lah yang menjadi fase kamu bisa pelan-pelan merasa yakin, bahwa tak perlu meresahkan masa depan yang akan datang.

5. Dengan merantau kamu bisa menghabiskan jatah gagalmu lebih dulu demi kesuksesan yang menunggu

Selagi muda, kamu sebaiknya melewati semua fase kegagalan dulu, agar sukses bisa kamu raih setelah itu. Saat merantau ini lah kamu bisa menghabiskan jatah gagalmu lebih dahulu. Sebab, di tanah perantauan nanti kamu akan dihadapkan dengan rasa penasaran untuk mencoba hal-hal baru. Penuhi rasa penasaranmu itu. Meskipun gagal, setidaknya kamu bisa belajar dari hal itu untuk bekalmu menghadapi hal-hal baru lain di masa depanmu nanti.

6. Melihat perjuangan teman-temanmu di perantauan nanti, kamu akan menyadari bahwa masa depan itu perlu diusahakan

Ketika masih tinggal di kampung halaman, kamu belum terlalu mengerti apa itu berjuang akan masa depan. Namun setelah kamu berada di kota orang, kamu akan melihat sendiri bagaimana perjuangan yang sesungguhnya. Saat merantau nanti, jangan heran jika kamu mendapati temanmu kuliah sembari bekerja pada malam hari. Bahkan ada beberapa di antara temanmu yang mengambil dua pekerjaan sampingan demi bisa membayar biaya kuliah. Dari sana kamu sadar bahwa masa depan perlu diusahakan. Bukan hanya diresahkan atau menunggu untuk didapatkan.

7. Buat yang masih galau soal jodoh, siapa tahu di tanah rantau kamu menemukan seseorang yang menggenapkan

Dengan merantau, kamu juga bisa meredakan keresahanmu akan jodoh yang belum kunjung datang. Siapa tahu jodohmu merupakan sosok yang selama ini menunggumu di perantauan. Karena zaman semakin global, yakinlah bahwa akan selalu ada jalan untuk bertemu jodoh meskipun kamu tengah berjuang di perantauan. Ketika kamu yakin akan hal itu, tak perlu lagi merasa resah apalagi bimbang untuk masa depan.

Kamu yang berusia 20-an ini tak perlu ragu lagi untuk merantau ke luar daerah. 7 alasan di atas semoga membantumu dalam membulatkan tekad. Sebab masa depan telah menunggumu untuk diusahakan lebih giat dengan berjuang di perantauan.

Tinggalkan Sebuah Balasan