Es Selendang Mayang

Warna merah yang dihasilkan oleh pewarna makanan di adonan tepung beras yag dicampur dengan air santan ini memang jika diperhatikan mirip dengan selendang yang melayang di atas awan. Mirip selendang para bidadari yang turun dari kahyangan dan selendangnya melayang-layang di atas awan. Itu sebabnya diberi nama selendang mayang.

Bir Bletok

Jangan takut, meski namanya bir, tapi ini bukan bir beneran. Ini adalah minuman yang diaduk dengan es di dalam bambu hingga suaranya berisik (terdengar bletok-bletok gitu). Rasanya sendiri, manis dan sedikit pedas, mirip rasa bir (katanya). Akhirnya, diberi nama bir bletok.

Es Doger

Sering lihat es ini? Saya belum menemukan asal muasal kenapa disebut es doger tapi ini juga makanan yang berasal dari betawi.Tapi es ini asli dari betawi. Sekarang es doger sudah merambah ke mana-mana. Hampir di semua acara perhelatan selalu tersedia pilihan menu es doger.

Es Goyang

Sesuai namanya, pembuatan es goyang dilakukan dengan cara menggoyang-goyangkan gerobak yang berisi bahan dasar es tersebut, seperti santan, gula, susu kental manis dan berbagai eccents atau perasa buah.

Es Cendol

Es cendol merupakan minuman paling populer tidak hanya berada di betawi saja. Terbuat dari tepung beras ditambah gula merah dan es parut.

 

Tinggalkan Sebuah Balasan