Rasa pedas dalam cabai memang sebuah kenikmatan tersendiri untuk sebagian orang. Tak hanya menjadi lebih lahap saat makan, rasa pedas yang menantang juga menimbulkan sensasi tersendiri bagi para penikmatnya. Namun siapa sangka, dalam makanan pedas dapat menimbulkan masalah pada kulit muka.

Dikutip dari editorial.femaledaily.com, dr. Edwin Tanihaha Sp.KK mengatakan bahwa “sebenarnya makanan pedas khususnya di Indonesia tidak hanya sekedar pedas, tetapi juga berlemak. Jadi sebenarnya yang memicu jerawat adalah lemaknya. Makanan pedas lebih membuat jerawat yang sudah ada jadi meradang, bukan membuat jerawat muncul. Tapi nggak semua orang yang makan pedas dan berlemak langsung jadi jerawatan. Bisa aja kamu jadi berjerawat, teman kamu nggak. Pengaruhnya ke setiap orang beda-beda. Boleh-boleh aja kok makan yang pedas-pedas, asalkan nggak terlalu banyak dan sering.”

Dalam website doktersehat.com juga menjelaskan bahwa menurut  Dr. Edwin Tanihaha, SpKK “ada orang yang memang cenderung rentan mengalami jerawat setelah makan pedas dan ada yang tidak. Hal ini ternyata dipengaruhi oleh faktor genetik atau adanya alergi bawaan sejak seseorang dilahirkan”.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa menyebutkan bahwa mitos mengkonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan jerawat ternyata tidak selalu benar, namun bisa saja terjadi pada sebagian orang. Sebagai contoh, andai kita mengkonsumsi makanan pedas dan memiliki banyak kandungan lemak, maka hal ini bisa menyebabkan jerawat pada sebagian orang.

Sebenarnya ini urutan logis yang menyebabkan jerawat saat makan pedas adalah :

  • Tubuh dengan sirkulasi darah yang lebih cepat ketika makan makanan pedas akan mudah berkeringat. Akibatnya, suhu tubuh menjadi panas dan mengeluarkan keringat yang deras.
  • Pada dasarnya, cabai mengandung minyak alami pada buahnya. Jika kita mengkonsumsi cabai, maka minyak alami tersebut akan ditransfer ke dalam kulit dan mengendap pada kelenjar minyak. Inilah yang kemudian menyebabkan kulit menjadi berminyak dan rentan berjerawat.
  • Pori-pori wajah akan terbuka lebar saat kondisi tubuhmu berkeringat dan berminyak. Seharusnya keringat dan minyak akan keluar secara bersamaan melalui pori-pori kulit. tetapi, tidak semua bagian keringat dan minyak bisa keluar seutuhnya. Pasti ada sisa keringat dan minyak yang justru mengendap dan menyumbat pori-porimu. Pori-pori tersumbat inilah yang menjadi cikal bakal munculnya jerawat.

Jadi saat mengkonsumsi pedas, sebaiknya kamu selalu siap sedia tissue, usahakan bersihkan keringat dan minyak pada wajah sesegera mungkin saat makan makanan pedas. Hal ini akan mencegah terbukanya pori-pori yang semakin melebar sehingga kehadiran jerawat lebih mudah diminimalisir sejak awal.

 

Sumber : doktersehat.com editorial.femaledaily.com, avoskinbeauty.com

Tinggalkan Sebuah Balasan