6 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Usia 20-an, Karena Hidup Tak Semudah Kalimat Motivasi dan Kutipan

Dinding kamarmu sama sekali jauh dari kata ‘polos’. Mulai dari tempelan poster-poster kece sampai sticky notes yang isinya to-do list dan semua hal yang pengen kamu raih di masa depan. Salah satu yang paling menarik perhatianmu adalah satu poster besar yang isinya kutipan motivasi terkenal dari Walt Disney.

“If you can dream it, you can do it”
– Walt Disney-

Setiap kali kamu melihat poster tersebut, semangatmu bertambah. Kamu jadi punya keyakinan kuat bahwa kamu bisa melakukan segalanya! Meraih kesuksesan? Gampang itu mah! Padahal realita hidup tak sesederhana itu. Banyak yang untuk meraih cita-citanya harus berdarah-darah dulu melalui perjuangan yang nggak bisa dikatakan gampang. Bukan hanya sekadar meyakini kalimat motivasi, kesuksesan itu harus benar-benar diperjuangkan!

1. Kamu nggak bisa begitu saja nurut sama keadaan. Kalau bisa, jangan berlama-lama di bidang yang nggak sesuai passion-mu!

Tak ada yang salah memang bekerja di bidang yang tak sesuai passion. Pengalaman ini tetap bisa memberikan sesuatu padamu yang bisa berguna sekarang atau nanti. Apalagi bila pekerjaan itu memberikan keamanan dari segi finansial. Tapi jangan lantas terbuai dengan kenyaman dan jangan cuma nurut sama keadaan. Ingat bahwa dalam dirimu banyak potensi terpendam yang menunggu ditemukan.

Mumpung masih usia 20-an lho, jangan takut mengambil risiko untuk mengeksplor diri dan mengejar apa yang kamu inginkan. Karena nanti setelah semakin dewasa, dan bebanmu bertambah menjadi kepala keluarga, kamu tak akan punya kesempatan lagi untuk melakukannya.

2. Cobalah mulai merintis usaha sejak muda biar kamu tahu susah-senangnya jadi pengusaha. Buka online shop, misalnya

Oke, kamu nggak berani mempertaruhkan masa depanmu dengan resign dari kerjaan dan memulai hidup dari passion. Nggak papa. Kamu nggak dosa kok. Tapi bukan berarti kamu bisa menerima keadaan begitu saja ya. Wajib hukumnya bagimu untuk mencoba hal-hal lain meski nggak dijadikan kerjaan tetap. Misalnya memulai bisnis sendiri. Tak harus langsung besar, sesederhana buka olshop sudah lumayan kok. Apalagi seiring bertambahnya waktu, bisnis online shop ini memang semakin laku.

Kalau belum bisa bikin sesuatu sendiri, kamu bisa kok jadi reseller dulu untuk sementara. Atau bisa juga kerja sama dengan teman dan kenalanmu yang punya usaha. Bukan apa-apa, selagi masih muda kamu wajib mencoba banyak hal. Termasuk susah-senang punya usaha sendiri meskipun skalanya masih kecil-kecilan. Ini pengalaman berharga lho. Yakin deh!

3. Saat ada kesempatan untuk sekolah lebih tinggi, jangan ragu untuk mengambilnya! Jangan sampai menyesal di kemudian hari

Umur masih 20-an dan kamu punya kesempatan buat melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi, nggak usah berpikir dua kali; AMBIL! Mumpung masih muda lho. Ketika nanti usiamu sudah beranjak dewasa dan kamu sudah punya tanggungan anak-istri, kamu nggak akan semudah itu untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari!

4. Perbanyak baca buku itu perlu! Mau itu kumpulan cerpen, novel atau buku-buku hasil penelitian

Mumpung masih muda, habiskan banyak waktumu buat membaca

Kata orang “buku adalah jendela dunia”. Karena itu wajib hukumnya bagi kamu untuk memperbanyak daftar buku yang sudah pernah kamu baca. Selain menambah pengetahuan, siapa tahu dengan membaca buku itu lantas kamu menemukan apa passion-mu. Kalau cuma membaca kalimat motivasi, kamu cuma akan tahu kalimat itu. Sementara kalau kamu membaca buku, kamu akan diberi gambaran soal betapa susahnya perjuangan untuk bisa mewujudkan kalimat motivasi yang tiap hari kamu baca itu!

5. Ikuti banyak organisasi yang ada di sekitarmu. Selain dapet pengalaman keren, bisa juga buat memperluas pergaulanmu

Kamu butuh memperluas pergaulanmu mumpung masih muda. Manfaatkan umurmu yang masih 20-an ini untuk banyak-banyak membangun relasi (Kamu tahu kan betapa pentingnya relasi bagi kelancaran karir seseorang). Nah salah satu cara ampuh membangun relasi adalah dengan mengikuti organisasi di sekitarmu. Selain dapet relasi, kamu juga bakal dapat pengalaman berharga dan skill-skill keren lho. Psssst… Siapa tahu juga kamu ketemu jodohmu di sana.

6. Sisihkan uang yang kamu miliki untuk tabungan atau investasi. Penting nih buat menyambut hari tua nanti

Kamu nggak bisa memprediksi masa depan. Nah hal yang paling bisa kamu lakukan adalah mempersiapkannya. Untuk itu wajib hukumnya kamu untuk menyisihkan sedikit uang yang kamu punya. Menyisihkannya bisa via jalur menabung, bisa juga via jalur investasi. Hal ini penting kamu lakukan supaya hasil kerja kerasmu setiap hari itu nggak raib begitu saja. Juga agar di hari tua nanti, kamu bisa menikmati hidup dengan tenang dan tak perlu khawatir soal finansial.

Karena pada akhirnya kamu akan sadar bahwa hidup nggak segampang tulisan yang menempel di poster ukuran 75cmx50cm yang menempel di dinding kamarmu itu, kerja keras wajib dilakukan. Kalimat motivasi dan kutipan nggak akan membuat kesuksesanmu kian dekat. Tapi kerja keras dan semangat baja bisa. Saat hasrat untuk malas-malasan datang, ingat bahwa kesuksesan nggak jatuh dari langit.

Tinggalkan Sebuah Balasan