Surabaya dikenal dengan sebutan kota pahlawan. Surabaya juga dikenal dengan gedung pencakar langitnya,tapi jangan salah ternyata objek wisata surabaya tidak kalah bagusnya dengan kota lain. Inilah 11 objek wisata Surabaya yang wajib untuk kamu kunjungi :

Tugu Pahlawan

Kurang afdol rasanya kalau jalan ke Surabaya tanpa berkunjung ke Tugu Pahlawan. Bisa dibilang, di sini adalah salah satu ikon kota yang terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan ini. Tugu ini didirikan untuk memperingati pertempuran 10 November 1945 arek-arek Suroboyo melawan pasukan Sekutu. Di tugu ini kamu bisa menjelajahi museum yang juga berisi foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan. Selain piknik tentunya, kamu juga bisa sekadar berkeliling di lahan sekitar tugu ini dan menikmati semilir angin di antara hamparan rumput hijau.

Jam operasional:
07.00-15.00 WIB (Selasa-Jumat), 07.00-12.00 WIB (Sabtu-Minggu)

Alamat:
Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan

Cara ke sini:
Dari terminal JMP naik angkot Q warna merah trayek Bratang-JMP, turun di depan Tugu Pahlawan.

Ciputra Waterpark

Seperti halnya Jakarta, kota Surabaya yang juga merupakan kota metropolitan di Indonesia, mulai bergeliat dalam pengembangan tempat wisata keluarga. Nah, taman bermain air di yang terletak di kawasan Waterpark Boulevard Citraland, Sambikerep ini bisa jadi pilihan yang pas saat akan berekreasi bersama keluarga di akhir pekan. Pilihan wahana airnya pun sangat beragam. Dijamin tidak akan bosan.

Tiket masuk:
Rp.110.000 (Selasa-Jumat), Rp.130.000 (Sabtu-Minggu)

Jam operasional:
13.00-19.00 (Selasa-Jumat), 10.00-19.00 (Sabtu-Minggu)

Cara ke sini:
Naik angkot dari seberang jalan Hotel Tunjungan jurusan PTC. Turun di PTC lalu naik taksi ke Ciputra Waterpark.

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria (Gereja Kepanjen)

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria atau Gereja Kepanjen adalah gereja Katolik tertua di Surabaya. Yang membuat gereja ini menarik adalah arsitekturnya yang khas bergaya Eropa dan indah. Berlokasi di Jalan Kepanjen, rumah ibadah ini letaknya berdampingan dengan bangunan SMA Katolik Frateran Surabaya. Gereja ini dibangun setelah kedatangan pastor berkebangsaan Belanda yang bernama Hendricus Waanders.

Jam operasional:
Jam ibadah

Alamat:
Jl. Kepanjen No.4-6, Krembangan Selatan

Cara ke sini:
Dari terminal Purabaya Bungurasih atau terminal Joyoboyo naik angkutan yang menuju Tanjung Perak, lalu turun di Jalan Kepanjen.

Gunung Bromo

Hampir semua orang tau Gunung Bromo. Tapi, apakah sudah banyak yang tau kalau Gunung Bromo tidak cuma bagian dari kota Malang? Ya, Gunung Bromo juga merupakan bagian dari kota Surabaya. Kalau kamu menyempatkan berkunjung ke Gunung Bromo saat melakukan wisata Surabaya, kamu wajib untuk mengunjungi padang savananya. Ya, di sini kamu bisa melihat keindahan panorama yang tak ada duanya.

Jam operasional:
24 jam

Alamat:
Provinsi Jawa Timur

Cara ke sini:
Dari terminal Purabaya Bungurasih naik bus jurusan Jember atau Banyuwangi turun di Probolinggo. Dari situ gunakan angkutan menuju Kecamatan Ngadisari yang dekat dengan kawasan perbukitan Cemoro Lawang.

Suroboyo Carnival Park

Pernah membayangkan pasar malam atau karnaval? Ya, seperti itulah Suroboyo Carnival Park di jalan Ahmad Yani ini. Bisa di bilang tempat ini adalah theme park wisata malam terbesar di Surabaya. Ada banyak pilihan permainan dan wahana seru untuk seluruh anggota keluarga. Mulai dari wahana yang tenang dan menyenangkan, hingga wahana yang bisa memacu adrenalin. Di sini juga banyak wahana yang disesuaikan dengan usia pengunjung, bahkan ada juga wahana yang bisa dinaiki oleh anak-anak dan juga lansia. Benar-benar tempat rekreasi yang lengkap dan cocok untuk seluruh keluarga, ya?

Tiket masuk:
Rp.60.000 (Senin-Jumat), Rp. 80.000 (Sabtu-Minggu).

Alamat:
Jl. Ahmad Yani No.333, Dukuh Menanggal, Gayungan.

Cara ke sini:
Dari bundaran Jalan Waru ambil lajur kiri. Setelah itu akan ada Jalan Brigjen Katamso (Pabrik Paku), lalu belok kiri. Setelah rel kereta api belok ke kiri lagi di Jalan Kertomenanggal lalu tinggal mengikuti papan penunjuk Suroboyo Carnival Park.

House of Sampoerna

Sampoerna adalah sebuah perusahaan rokok legendaris dan tertua di Indonesia sejak masa kolonial Belanda. Untuk bisa mengetahui lebih banyak informasi tentang cikal bakal berjayanya perusahaan ini serta bagaimana perkembangan rokok di Indonesia secara lengkap, dibuatlah Museum House of Sampoerna ini. Hal paling menarik di museum ini adalah pengunjung dapat melihat langsung kegiatan para pekerja pabrik atau pelinting rokok yang terkenal dengan kecepatan tangannya. Dalam satu jam, satu orang pekerja bisa melinting 325 batang rokok lho. Selain galeri dan pameran seni, area museum ini pun dilengkapi dengan cafe serta toko suvenir. Desain arsitektur gedungnya pun dibuat sangat indah sehingga siapa pun yang datang akan merasa betah.

Jam operasional:
Setiap hari (09.00 s.d. 22.00 WIB)

Tiket masuk:
Gratis

Alamat:
Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Surabaya
Cara ke sini : Naik bus dari Terminal Purabaya menuju Jembatan Merah Plaza. Kalau sudah sampai sana, kamu bisa gunakan becak atau berjalan kaki menuju House of Sampoerna.

Kampung Bulak Surabaya

Selain Malang, Kota Pahlawan pun punya Kampung Warna-Warni. Tempat ini lebih dikenal dengan nama Kampung Bulak Surabaya. Rumah-rumah yang ada di pesisir pantai ini punya atap dan tembok yang berwarna-warni. Walau terhitung masih anyar, tempat ini sudah ramai dikunjungi traveler lho. Pasalnya, tempatnya memang instagenic banget sih! Kampung Bulak kini sedang dipersiapkan untuk objek wisata Surabaya yang baru.

Jam operasional:
Setiap hari (08.00 s.d. 22.00 WIB)

Tiket masuk:
Rp 2.000

Alamat:
Sebelah Utara Pantai Ria Kenjeran, Bulak, Surabaya.

Jembatan Merah

Jembatan merah jadi saksi bisu perjuangan para pahlawan melawan kolonialisme Belanda. Jembatan yang penuh histori ini sering dijadikan tempat favorit foto pra wedding yang bertema vintage dengan latar belakang bangunan tua peninggalan Belanda. Tak hanya sekedar berfoto, tapi berada di sini kamu juga bisa mencicipi jajalan kuliner khas Surabaya.

Alamat:
Jalan Kembang Jepun No. 192, Nyamplungan, Pabean Cantian, Krembangan Selatan, Krembangan Sel, Krembangan, Surabaya, Jawa Timur 60161

Cara ke sini:
Jika kamu dari stasiun Semut, kamu bisa naik taksi atau becak dengan biaya sekitar Rp5.000 – Rp10.000, sedangkan jika kamu naik bis dari terminal Purabaya, kamu bis yang tujuan ke Jembatan Merah Plasa.

Surabaya North Quay

Saat kamu bosan ke tempat wisata yang itu-itu saja, mungkin kamu bisa berkunjung ke Surabaya North Quay yang jadi objek wisata Surabaya yang baru dan kekinian. Lokasinya yang bersandar di kapal mewah menjadikan tempat wisata di Surabaya ini tampak romantis dengan pemandangan laut Surabaya lengkap dengan bentangan jembatan Suramadu dari kejauhan. Menyaksikan hiburan live music, atraksi seni, pameran produk komunitas lokal, dan pasar kuliner adalah hal istimewa yang ditawarkan di sini.

Jam operasional:
Sabtu – Minggu (09.00 hingga 21.00 WIB)

Tiket masuk:
Gratis

Lokasi:
Surabaya North Quay berlokasi di lantai dua dan tiga gedung megah Terminal Gapura Surya Nusantara, tepatnya di Jalan Tanjung Perak, Perak Utara, Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur 60165

Cara ke sini:
Dari jalan Perak Timur, kamu tinggal lurus saja menuju arah utara hingga masuk ke gerbang pelabuhan. Di gerbang pelabuhan kamu cukup membayar tiket presmi asuransi jiwa dan biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp7.500 untuk mobil.

Food Junction Grand Pakuwon

Diawal tahun 2016 tepatnya pada tanggal 23 Januari 2016 Kota Surabaya ketambahan Destinasi Wisata Kuliner. Namanya Food Junction Grand Pakuwon di Surabaya Barat. Food Junction Merupakan salah satu tempat Wisata Kuliner terlengkap di Surabaya. Mengapa tempat ini disebut wisata kuliner terlengkap? Karena selain terdapat aneka kuliner ada juga wahana permainan, baik wahana permainan biasa sampai yang ada di air. Menurut saya tempat ini cocok sekali buat segala jenis kalangan. Baik dateng kesini ingin ngedate, kumpul-kumpul dengan saudara dan keluarga, ataupun dengan komunitas tempat ini sangat recomended banget.

Jembatan Suramadu

Sejak diresmikan beberapa tahun lalu, jembatan ini mampu menarik minat masyarakat untuk menyaksikan keindahannya, terutama pada malam hari ketika lampu lampu mulai dinyalakan. Tidak diherankan apabila Jembatan Suramadu menjadi salah satu objek wisata Surabaya yang peminatnya cukup banyak.

Tinggalkan Sebuah Balasan