Foto: detikfood
dparagon.com – Pindang ikanĀ  patin merupakan olahan makanan khas palembang. Dagingnya yang lembut memang paling enak dibuat pindang. Kuah hangat yang gurih dengan semburat asam pedas dijamin bikin Anda kangen kampung halaman.
Kuliner khas Palembang memang asyik-asyik, seperti pempek, pindang ikan patin, tempoyak, mie celor hingga es kacang merah. Perut sepertinya harus siap menerima lonjakan kapasitas.
Ikan Patin menjadi salah satu ikan yang banyak diolah menjadi beragam masakan di Sumatera. Ikan patin merupakan jenis ikan catfish dan merupakan salah satu komoditas perikanan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.
PindangĀ  patin merupakan Kuliner khas melayu ini sangat segar kuahnya dan tidak begitu pedas, karena terdapat irisan nanas, daun bawang, daun kemangi, cabe rawit dan tentu saja ikan patin. Disajikan langsung di wadah kecil dengan penghangat, membuat yang mencicipinya akan terus menyeruput kuahnya hingga tandas.

pindang ikan patin

Ikan patin memiliki kandungan protein yang tinggi dan banyak sekali dibudidayakan di Indonesia.
Dalam proses pembuatannya,pindang patin dimasak dengan racikan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, daun salam hingga belimbing sayur. Jenis pindang di Palembang juga beragam, ada pindang patin yang berkuah bening, pindang patin serani dan pindang patin tempoyak.

pindang ikan patin

Ketiga jenis pindang ini memiliki rasa yang gurih, asam dan sedikit pedas. Sedangkan pindang serani menggunakan bumbu yang dibakar terlebih dahulu.

Khusus untuk pindang tempoyak memiliki rasa yang agak berbeda. Karena dalam proses pembuatannya dicampur dengan tempoyak yang terbuat dari durian. Cita rasa pindang patin tak bisa diragukan lagi , karena daging ikan patin yang sangat lembut dan kuah yang gurih, segar dan sangat pedas menjadi kegemaran bagi semua orang yang mencicipinya.

Pindang Patin merupakan sajian istimewa yang diburu banyak traveler saat ini. Kuliner khas Melayu ini tak bisa kalian lewatkan begitu saja. Kuahnya segar namun tak pedas. Buah nanas yang menjadikan kuahnya memilki rasa yang berbeda. Dan bahan utama ikan Patin akam membuat lidahmu bergoyang sambalado. Tenang, mulut kalian akan tetap segar karena campuran daun kemangi serta cabai rawit yang menantang.

Tinggalkan Sebuah Balasan