dparagon.com – Pinus Pengger merupakan salah satu tempat wisata hits dan menarik di Jogja berupa wisata alam hutan pinus yang sejuk. Tempat wisata ini resmi dibuka tanggal 7 April 2016 lalu dan sampai saat ini semakin ramai dikunjungi para wisatawan.

 Tempat wisata di Kecamatan Dlingo semakin lama semakin bertambah banyak dan beragam keunikannya. Seperti wisata di Hutan Pinus Mangunan, Rumah Hobbit di Seribu Batu Songgo Langit, Watu Goyang dan masih banyak lagi yang tak kalah menariknya.
pinus pengger yogyakarta

Hutan pinus satu ini bukanlah wisata baru, karena sudah cukup populer bersamaan dengan wisata Hutan Pinus Mangunan sekitar dua tahun terakhir. Namun yang menjadikan tempat ini berkesan lebih baru adalah karena ide kreatif pengelola untuk menambah lebih banyak spot foto kekinian, unik dan menarik untuk menarik minat para wisatawan agar tidak bosan.

Penasaran seperti apa romantisnya Hutan Pinus Pengger ini? Yuk ikuti tim Tempat Asik jalan-jalan kali ini.

Tempat hits ini dikelola oleh warga sekitar (kelompok sadar wisata/pokdarwis) dan menggunakan area hutan yang dikelola oleh RPH Mangunan seperti di kawasan wisata hutan pinus lainnya di kawasan Dlingo.

Lokasinya berada di perbatasan antara Kecamatan Patuk Gunungkidul dan Kecamatan Dlingo Bantul.Serta merupakan wisata hutan pinus paling utara di Kecamatan Dlingo.

gapura masuk pinus pengger

Tepatnya beralamat di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Berjarak sekitar 4,5 km dari Dusun Patuk Gunung Kidul. Jarak dari kota Jogja sekitar 25 km dan bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Rute dari kota Jogja menuju arah timur ke Jl. Wonosari. Ke timur melewati perempatan Wiyoro, lalu melewati perempatan Sampakan, sampai di lampu merah Piyungan lurus melewati Bukit Bintang Patuk. Sampai di perempatan Patuk (kanan jalan ada pos polisi) ke kanan arah Kecamatan Dlingo. Ikuti jalan utama, nanti melewati kawasan wisata Watu Amben di kanan jalan. Lurus lagi sekitar 4 km nanti sudah sampai di pintu masuk hutan Pinus Pengger di kanan jalan.

Harga Tiket Masuk dan Tarif Parkir

Untuk harga tiket masuk ke kawasan wisata ini kamu cukup bayar Rp 2.000,-/orang saja.

Untuk biaya parkir sepeda motor Rp 2.000,-, mobil Rp 5.000,-, dan bus Rp 20.000,-/kendaraan.

tiket masuk pinus penggerHarga tiket masuk dengan harga cukup murah

Pinus pengger buka setiap hari, 24 jam. Jadi kamu bisa sewaktu-waktu kesini siang ataupun malam tanpa menunggu hari libur. Sebaiknya datang kesini saat cuaca cerah agar hasil foto kamu juga bagus.

 

Spot Unik dan Kekinian di Hutan Pinus Pengger

Bagi kamu para pemburu spot unik dan kekinian yang instagramable, tempat satu ini adalah lokasi yang cocok untuk berburu foto hits.

hutan pinus penggerIndahnya pemandangan hutan pinus

Sambil menikmati sejuknya udara pegunungan diantara jajaran hutan pinus yang asri dan artistik, kamu akan dimanjakan dengan banyak spot foto kekinian yang bisa bikin kamu makin ngehits.

Saat memasuki area hutan pinus, pengunjung akan disambut oleh Pintu Love dengan lampu lampion ala Jepang.

spot romantis di pinus penggerPintu Love romantis memasuki kawasan wisata hutan pinus

Lalu ada spot Asuma Paduraksa yang terbuat dari ranting-ranting kayu yang tersusun rapi dan artistik menyerupai pintu masuk menuju negeri dongeng.

spot foto di pinus penggerSpot foto Asuma Paduraksa yang kekinian

Di sampingnya ada spot Gardu Pandang yang cukup tinggi dan dari atas sini kamu bisa melihat pemandangan pohon pinus yang luas. Jangan lupa juga untuk brefoto selfie dari atas sini ya.

spot unik di pinus penggerGardu pandang dengan pemandangan pinus yang asri

Berjalan ke area tengah hutan pinus, ada spot warna-warni nih, yaitu spot santai dengan Hammock. Cukup menyewa Rp 10.000,- kamu bisa berayun santai sambil berfoto dengan warna-warni hammock diantara 2 pohon pinus yang tinggi.

harga sewa hammock di pinus penggerCobain serunya berayun di hammock diantara hutan pinus

Ada juga spot foto Love berhias bunga, kamu bisa berfoto dengan spot ini dengan membayar dana seikhlasnya saja. Murah kan.

spot foto di pinus penggerSpot foto love di dekat burung hantu

Bagi pecinta burung/hewan, disini kamu bisa berfoto bersama beberapa burung hantu yang akan memanjakanmu. Lucu-lucu loh.

Di sebelah timur, kamu bisa berfoto dengan spot Marmati. Spot ini seperti mirip dengan rumah dari suku-suku pedalaman yang berkarakter unik dan artistik. Tapi rumah ini hanya untuk spot berfoto loh ya, bukan untuk dihuni karena semua sisi berlubang. Hehe.

spot unik di pinus penggerSpot foto Marmati yang unik

Marmati ini adalah singkatan dari kata samar mati (bahasa Jawa). Seperti istilah patang kiblat (4 kiblat), lima pancer dan manusia tidak terlepas dengan itu semua. Intinya, ini adalah hal yang bisa kita renungkan dengan apa yang sudah kita perbuat selama hidup dan memohon ampunan pada Sang Pencipta.

spot menarik di pinus penggerSpot Jembatan Panjang yang bisa kamu coba

Di sisi utara kamu bisa mencoba spot Jembatan Panjang diatas ketinggian dengan menaiki anak tangga.

Jika merasa lelah berjalan atau sekedar pengen duduk santai, kamu bisa duduk di ayunan yang ada disini.

Pesona Alam di Puncak Hutan Pinus Pengger

Menuju ke puncak hutan pinus, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah nan hijau dengan pemandangan kota Jogja dan sekitarnya.

pemandangan di puncak pinus penggerIndahnya pemandangan kota Jogja dari atas puncak

Di puncak ini ada spot foto menarik yang menjadi ikonnya lokasi wisata ini. Yaitu spot Cetta Abipraya yang berbentuk segitiga menyerupai sangkar burung dengan lubang ditengahnya. Spot ini terbuat dari rangkaian ranting kayu yang disatukan dengan pohon Jati yang berkesan alami.

spot foto unik di pinus penggerSpot foto faforit sangkar burung di siang hari

Di dekat spot di puncak ini, ada gubuk/gazebo untuk tempat duduk santai sambil menikmati pemandangan dari puncak.

fasilitas di pinus penggerGazebo yang bisa digunakan untuk bersantai

Di puncak  ini ada 1 spot unik, yaitu adanya spot Watu Ngadek (batu berdiri). Batu unik berada di ujung tebing puncak dan berada di atas jurang yang tinggi. Saat cuaca cerah di sore hari, kamu bisa melihat sunset yang indah dari atas puncak ini.

watu ngadek di pinus penggerWatu Ngadek/ batu berdiri yang ada di atas tebing

Lanjut menuju ke sisi selatan, ada spot yang masih dalam tahap pembuatan. Lalu kita menuju ke barat ada spot Tangan Raksasa ukuran cukup besar berada di atas tebing. Untuk bisa berfoto di spot ini, kamu cukup bayar dana seikhlasnya saja. Dan harus antri jika ingin berfoto, budayakan antri.

tangan raksasa di pinus penggerSpot Tangan Raksasa selalu ramai pengunjung

Ada pula spot Watu Lampeng/Lempeng dan Goa Macan yang menyerupai goa berdinding unik, yaitu goresan/coretan mirip bekas cakaran macan

 

Hal Seru Lainnya yang Bisa Kamu Lakukan di Hutan Pinus Pengger

Selain berfoto seru di spot unik, kamu juga bisa camping bersama teman-teman disini seperti halnya di Gunung Andong. Tempat ini juga bisa dibilang lokasi camping yang asik dan aman karena berada di dekat jalan utama dan ramai.

hammock di pinus penggerHammock warna-warni di Pinus Pengger

Bagi kamu yang melakukan kegiatan outbond di siang hari, lokasi ini bisa menjadi tempat yang seru.

Selain itu, para wisatawan sering berburu foto di spot Cetta Abipraya yang berada di puncak hutan pinus ini. Dengan lampu sorot di malam hari dengan latar pemandangan kerlap-kerlip lampu kota Jogja, pengunjung banyak yang datang kesini di malam hari untuk berburu foto hits dan keren ala kekinian.

spot foto di pinus penggerBerfoto di Sarang Burung dengan indahnya sorotan lampu di sore hari

Simpan

Tinggalkan Sebuah Balasan