Rahasia Buah ceri

Buah ceri termasuk makanan yang sangat populer dan digemari oleh berbagai kalangan. Buah ini bisa dimakan mentah, digunakan untuk memasak, atau diproduksi sebagai minuman keras. Ceri berasal dari genus prunus ini mempunyai beberapa spesies, diantaranya adalah prunus emarginata, prunus cerasus, prunus avium, dan lain-lain. Buah ceri bisa digunakan sebagai obat, misalnya sakit demam, jantung, rematik, radang tenggorokan, memperbaiki peredaran darah, menyembuhkan jerawat kronis, mengatasi rasa lelah, dan menjaga kesehatan kulit.

Buah ini juga sering dimanfaatkan sebagai garnis untuk mempercantik tampilan pada kue, cake dan minuman. Selain dimanfaatkan sebagai hiasan pada makanan dan minuman, buah ceri ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah ceri bermanfaat sebagai obat yang dapat mengobati sakit demam, jantung, rematik, radang tenggorokan, memperbaiki sirkulasi darah, menyembuhkan jerawat kronis, mengatasi keletihan dan menjaga kesehatan kulit.

Namun Anda harus berhati – hati dalam mengkonsumsi buah yang cantik ini, karena rahasia yang ada  di dalam buah ceri ini mengandung gas beracun yang bersumber dari bibit, daun dan bijinya. Sebaiknya jika mengkonsumsi buah ceri untuk membuang bijinya. Karena pada biji ceri terdapat hidrogen sianida yang sangat beracun. Kandungan sianida pada biji buah ceri dapat merusak jaringan tubuh yang ditandai dengan gejala pusing – pusing, kebingungan serta muntah – muntah. Itu jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit, sedangkan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kesulitan bernafas, kenaikan tekanan darah dan jantung. Pada tingkat kronis dapat menyebabkan gagal ginjal yang berakibat pada kematian.

Selain itu

Keracunan hidrogen sianida dalam dosis kecil akan mengakibatkan pusing, kebingungan, dan muntah. Keracunan dalam dosis yang besar akan mengakibatkan kesulitan bernafas. Kenaikan tekanan darah dan detak jantung, bahkan gagal ginjal bisa mengakibatkan koma dan juga kematian karena saluran pernapasan tersumbat.

Konsumsilah buah ceri yang benar-benar matang, berwarna merah, dan segar. Jangan coba-coba mengkonsumsi buah ceri yang masih mentah, apalagi memakan buah ceri dalam jumlah banyak, karena akibatnya bisa keracunan dan sangat berbahaya bagi kesehatan anda. “Dilangsir dari Buku Taukah Anda? Buah & Sayur yang Berbahaya Karya J.Haryadi”

Tinggalkan Sebuah Balasan