pakah Ibu merasa mood naik-turun saat sedang hamil? Konsumsi makanan sehat untuk Ibu hamil bisa jadi salah satu cara untuk mengatasinya dan membuat Ibu happy lagi. Terutama saat hamil, Ibu perlu tetap menjaga mood dan menghindari stres, Bu.

Jeruk

Jeruk menjadi buah yang sangat populer untuk ibu hamil. Rasa manis dan asam pada buah jeruk sering bermanfaat untuk mengatasi rasa mual pada trimester pertama. Lebih dari semua itu jeruk mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin yang sangat penting untuk kesehatan ibu hamil.

Berikut ini manfaat konsumsi jeruk untuk ibu hamil.

  1. Jeruk mengandung vitamin C yang bisa membantu ibu dalam meningkatkan sistem kekebalan, membantu menjaga sistem pelepasan zat besi dan menjadi mineral yang penting untuk sistem kesehatan ibu hamil dan janin.
  2. Vitamin C dalam dalam jeruk juga sangat penting untuk menjaga kesehatan otak bayi dan melindungi janin dari masalah kesehatan pernafasan.
  3. Kandungan folat dalam jeruk terbukti bisa mendukung pembentukan sel-sel darah merah dan mendukung pengembangan plasenta yang sehat sehingga menghindari cacat janin.
  4. Jeruk mengandung kalium dan jumlah air yang sangat banyak sehingga bisa mencegah masalah dehidrasi pada ibu hamil. Dan kandungan serat dalam buah jeruk membantu ibu hamil agar bisa merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama, untuk mencegah bahaya obesitas bagi ibu hamil

Tomat

Tomat adalah makanan segar yang bisa Anda konsumsi dengan berbagai macam cara. Anda bisa mencampur tomat dalam sup, salad atau hidangan lain. Anda bisa makan tomat mentah atau tomat yang sudah dimasak. Tapi bagi wanita hamil yang memiliki masalah dengan penyakit maag sebaiknya tidak makan buah tomat.

Khasiat tomat untuk ibu hamil dan janin antaralain adalah:

  1. Manfaat tomat untuk ibu hamil akan mendukung proses penyerapan zat besi dari berbagai jenis makanan yang masuk ke sistem pencernaan. Peran vitamin C dalam tomat mampu menyerap zat besi dan melindungi ibu hamil dari gangguan anemia.
  2. Tomat mengandung zat licopen yang bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan. Zat licopen sangat penting untuk ibu hamil terutama untuk melindungi kesehatan janin.
  3. Tomat juga mengandung asam folat sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan janin dan mendukung pembentukan penutupan tabung syaraf sehingga mencegah cacat spina bifida.

Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung asam folat dalam jumlah yang sangat tinggi. Asam folat memiliki manfaat yang sangat baik untuk ibu hamil terutama untuk mencegah masalah cacat tabung syaraf pada janin. Anda bisa mengkonsumsi alpukat menjadi jus atau dimakan dengan keju. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi alpukat secara rutin pada trimester kedua.

Berikut ini manfaat alpukat untuk ibu hamil.

  1. Alpukat bisa membantu ibu hamil dalam memenuhi asupan kalsium. Kalsium sangat penting untuk ibu hamil terutama untuk membantu pembentukan tulang, gigi dan sistem otot.
  2. Manfaat alpukat untuk ibu hamil menjadi buah yang mengandung berbagai jenis vitamin yang sangat lengkap. Ibu hamil bisa mendapatkan khasiat vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin B6. Karena berbagai jenis vitamin ini maka alpukat sangat baik untuk mengatasi masalah mual yang berlebihan pada ibu hamil.
  3. Alupkat juga kaya dengan zat besi sehingga bisa mencegah ibu hamil dari rasa lelah, lemah karena produksi sel darah merah yang turun dan kebutuhan yang sangat tinggi sepanjang kehamilan.
  4. Alpukat banyak mengandung serat sehingga sangat baik untuk mencegah sembelit dan meningkatkan fungsi pencernaan pada usus.
  5. Dalam buah alpukat juga ditemukan kolin (22 mg/100 gram) sehingga sangat baik untuk mendukung perkembangan otak dan syaraf pada janin.
  6. Alpukat juga membantu ibu hamil dalam menurunkan kolesterol dan kadar gula darah yang terlalu tinggi.

Strawbery

Stoberi menjadi buah yang sangat segar untuk ibu hamil. Stroberi mengandung folat dan vitamin C sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Konsumsi stroberi untuk ibu hamil harus dipilih dari stroberi yang masih segar dan dicuci hingga bersih.

Khasiat buah stroberi untuk ibu hamil dan janin antara lain adalah:

  1. Stroberi mengandung serat sehingga bisa membuat perut merasa kenyang dan sangat baik untuk ibu hamil yang ingin tetap mempertahankan berat badan.
  2. Stroberi mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, mengatur tekanan darah dan menghindarkan janin dari penyakit jantung.
  3. Kandungan mineral mangan dalam buah stroberi juga sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit inflamasi selama kehamilan.
  4. Kandungan kalium, magnesium dan vitamin K dalam buah stroberi sangat baik untuk menjaga sistem kesehatan tulang pada janin.
  5. Kandungan yodium dalam buah stroberi berperan untuk membantu fungsi otak dan sistem syaraf pada bayi.

Pisang

Pisang akan menjadi buah yang sangat menguntungkan untuk ibu hamil dan janin. Buah pisang memiliki rasa yang manis dan dapat mengatasi mual selama kehamilan. Buah pisang juga bisa menjaga kesehatan ibu hamil dari berbagai macam penyakit karena gangguan pada pencernaan dan kekebalan tubuh.

Berikut ini manfaat pisang untuk ibu hamil dan janin.

  1. Pisang banyak mengandung vitamin B6 (2,1 mg/100 gram) sehingga sangat bermanfaat untuk pengembangan neurotransmiter, perkembangan syaraf bayi dan pembentukan sel darah merah untuk ibu hamil.
  2. Manfaat pisang untuk ibu hamil mengandung kalium yang sangat baik untuk menjaga kaki agar tidak bengkak yang biasanya akan terjadi pada trimester ketiga.
  3. Buah pisang bisa mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan dan perut selama kehamilan seperti diare dan kekurangan zat cair.

Pepaya

Pepaya adalah jenis buah yang sangat baik untuk ibu hamil. Buah pepaya memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Banyak ibu hamil yang menghindari buah pepaya karena mengandung getah yang berlebihan. Namun buah pepaya ternyata sangat penting dalam kehamilan. Kandungan vitamin C dalam buah pepaya sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bisa melindungi ibu hamil dari masalah kehamilan penyakit radang usus dan diare. Konsumsi buah pepaya sangat aman untuk kehamilan, namun jangan dilakukan pada saat trimester pertama karena bisa menyebabkan gangguan kerusakan pada janin.

Tinggalkan Sebuah Balasan