Rumah Batik Surabaya, Koleksi Terlengkap Batik Jawa Timur

rumah-batik-surabaya

dparagon.comRumah Batik Surabaya, Koleksi Terlengkap Batik Jawa Timur – Sejak batik diresmikan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia asli Indonesia pada 2 Oktober 2009, batik semakin terkenal dan diminati oleh banyak kalangan dari berbagai Negara. Sejak diresmikan di Paris, batik tulis yang telah mendapat pengukuhan tersebut menjadi daya tarik utama Negara lain untuk membeli batik di Indonesia. Jika dahulu batik hanya dikenakan untuk acara resmi dan seragam resmi saja, kini batik sudah dipadukan dengan beragam model pakaian dan aksesorisnya yang bisa digunakan pada setiap momen. Apalagi tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai hari batik nasional yang semakin membuat banyak orang mengenakan pakaian batik. Sejumlah anak bangsa melakukan berbagai inovasi dengan meluncurkan beragam mode fashion dengan bahan utama batik. Bahkan banyak wisatawan mancanegara pun mengagumi batik Indonesia.

Jika anda sedang berjalan-jalan di kota Surabaya, mampirlah ke Rumah Batik yang memiliki keanekaragaman warisan leluhur. Batik telah menjadi ikon Indonesia. Rumah batik sebelumnya berlokasi di Jalan Tambak Dukuh I No. 4 RT.01 RW.09 Kelurahan Kapasari, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Di rumah batik ini memamerkan beragam motif batik dari berbagai wilayah di Jawa Timur, seperti Bangkalan, Sumenep, Surabaya, Sidoarjo, Ponorogo, Mojokerto, Bojonegoro, tuban, dan Jombang. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat berkenalan dengan motif batik dari Tulungagung, Sampang, Banyuwangi, Lamongan, jember, Malang, Pacitan, dan juga dari Kediri.

Rumah batik yang ada di Surabaya ini didirikan atas inisiatif pengrajin batik asal Kota Pamekasan, Madura, yang bernama Faiqah Ismail. Rumah Batik Surabaya ini baru dibuka pada tahun 2004, dia merelakan rumahnya dikunjungi oleh siapa saja yang hendak berbelanja atau cuma sekedar melihat-lihat koleksinya. Khususnya untuk melihat batik miliknya yang berasal dari berbagai daerah di sebagian besar kota di Jawa Timur.

Di Sini kita dapat menyaksikan hampir 2.000 lembar batik dengan beragam corak. Tidak hanya kain batik ssja, tetapi juga ada sarung batik, dan juga baju batik yang sudah jadi. Dengan semakin banyaknya koleksi dan semakin banyak pengunjung yang mampir ke rumah batik ini akhirnya pindah di Jalan margorejo No. 143 Surabaya. Para pengunjung tidak hanya bisa melihat beragam motif batik dari masing-masing wilayah di jawa Timur. Tetapi juga boleh membeli batik-batik tersebut secara retail atau grosir. Bahkan disini anda juga bisa memesan batik, misalnya batik cap atau batik lukis yang digunakan untuk instansi. Di rumah batik ini pun anda bisa melihat dan belajar proses pembuatan batik melalui kursus.

Rumah batik ini buka senin sampai jum’at mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB, sedangkan untuk sabtu – minggu pukul 08.00 – 19.00 WIB. Rumah Batik Surabaya juga memberikan anda kesempatan bagi yang ingin tahu proses pembuatan batik dengan cara melakukan interaksi secara langsung. Anda juga dapat memanfaatkan workshop yang laksanakan setiap hari pukul 10.00 – 19.00 WIB dengan jam istirahat pukul 12.00 – 13.00 WIB. Biaya masuk di rumah batik ini adalah gratis.

Rumah batik Surabaya pernah mendapatkan rekor MURI karena telah berhasil membuat batik logo kota Surabaya terbesar. Rumah batik Jawa Timur juga aktif dalam mengikuti beragam pameran tingkat regional maupun nasional dalam rangka mempopulerkan batik Jawa Timur. Kita bisa mendapatkan banyak hal yang diungkap melalui selembar batik, karena bisa menunjukkan sebuah cerita. Saat ini batik tidak hanya di peruntukkan untuk kain saja. Tetapi juga mempunyai nilai modernisasi untuk dapat diterapkan pada perkakas rumah tangga bahkan pada interior rumah. Sehingga untuk anda yang ingin berkenalan lebih dalam dengan batik Jawa Timur, cukup mengunjungi Rumah Batik Surabaya. Tentu akan sangat merepotkan jika kita harus mengunjungi daerah tersebut satu persatu jika kita ingin melihat ragam batik Nusantara. (Yanuar Yudha)

Tinggalkan Sebuah Balasan