Mahasiswa
                               Mahasiswa

Memilih jurusan bukanlah hal yang mudah. Karena, hal kecil itu bisa sangat mengubah hidupmu di masa depan. Biasanya, ketika susalah jurusan mundur atau bertahanah mulai menginjakkan kaki di kelas 12, kita akan mulai mencari – cari informasi jurusan, dan universitas yang ingin kita tuju. Tapi sayangnya, ketika sudah memilih jurusan dan mengikuti perkuliahan, kita baru tahu bahwa jurusan yang kita ambil ternyata tidak sesuai dengan passion kita alias salah jurusan. Lalu apa yang harus kita lakukan jika salah jurusan mundur atau bertahan?

Sebaik – baik kuliah adalah yang sesuai dengan minat dan keinginan kita. Karena, hal itu akan membuat kita merasa nyaman dalam mengikuti perkuliahan. Namun ternyata, jurusan yang kita ambil tidak seperti yang kita inginkan. Nah, kita bisa saja mundur atau memilih untuk ikut seleksi lagi di tahun depan. Tentu saja, hal ini tergantung dengan diri kita sendiri. Karena, decision maker atas hidup kita kan ya kita sendiri. Namun, untuk teman-teman yang ingin bertahan, belajar sesuatu yang baru bukanlah hal yang buruk. Terkadang kita memang harus keluar dari zona nyaman kita, bukan?

Nah, tips di bawah ini mungkin bisa membantu menguatkanmu yang ingin bertahan meskipun salah jurusan.

1. Bersyukur

Ketika kita tidak mendapat apa yang kita inginkan kita sering kali mengutuk nasib yang tidak berpihak pada kita. Padahal, bisa jadi apa yang kita dapatkan sekarang adalah yang terbaik untuk kita.

Selain itu, kita juga harus bersyukur kita sudah diberikan kesempatan kuliah dan rezeki orang tua kita dilancarkan. Kalau dipikir lagi diluar sana banyak saudara kita yang jangankan uang untuk kuliah, makan saja, masih harus membanting tulang, bukan?

2. Berbaik Sangka

Ketika kamu salah jurusan berbaik sangkalah pada Tuhan, bisa jadi jurusan yang kita dapatkan sekarang adalah yang terbaik buat kita sekaligus buah dari doa kita di masa lalu yang tidak kita sadari.

Maksudnya, semisal kita tidak menyukai Fisika dan Matematika. Kemudian ternyata kita masuk ke jurusan Teknik Sipil yang isinya adalah full matematika dan Fisika. Bisa jadi waktu kita sd atau SMP kita pernah bermimpi untuk membuat jembatan, gedung bertingkat dan sebagainya. Namun, cita – cita itu kandas sejak kamu masuk SMA, karena guru Matematika dan Fisikamu galak. Kemudian ketika kuliah kamu masuk ke jurusan yang ternyata adalah mimpimu yang dikabulkan Tuhan.

3. Bangun mimpi baru

Setelah ternyata kamu salah jurusan jangan pasrahkan nasibmu, bangun lagi mimpimu. Jangan biarkan hidupmu jadi tanpa arah, hanya karena kamu salah jurusan. Bangun lagi mimpi-mimpimu, rencanakan kembali masa depanmu. Buat goals yang ingin kamu capai. Tempelkan di dinding kamar. Agar ketika kamu merasa lelah dan jenuh, kamu ingat bahwa ada mimpi yang harus menjadi nyata.

4. Temukan passionmu

Walaupun kamu salah jurusan, bukan berarti kamu tidak bisa menemukan pasionmu dibidang itu, karena manusia itu diciptakan sefleksibel mungkin. Tidak ada yang tidak bisa kita lakukan, jika kita mau berusaha, belajar dan tentu saja berdoa.

5. Belajar lebih banyak dari biasanya

Kamu harus menyadari satu hal. Bahwa jika kamu salah jurusan, itu berarti kamu tidak terbiasa dengan pelajaran yang akan kamu hadapi. Nah, disitulah tantangannya. Ketika kamu harus mempelajari apa yang masih baru bagimu. Belajar lebih banyak dari biasanya.

Hal kecil yang biasa dilakukan oleh orang sukses adalah mereka belajar 5 menit lebih banyak dari orang orang pada umumnya.

6. Berdoa kepada Tuhan

Nah, hal yang harus kita lakukan setelah ikhtiar adalah berdoa kepadanya agar diberikan kemudahan dalam masa studi kita.

Itulah tadi beberapa tips buat kamu yang merasa salah jurusan. Untuk yang ingin mundur tidak masalah, dan untuk yang ingin bertahan, semoga kalian diberikan kekuatan dan kemudahan.

Tinggalkan Sebuah Balasan