7 Hal Ini Akan Terjadi Pada Tubuhmu Saat Kamu Skip Sarapan

dparagon.com – Faktanya, banyak dari kita yang memilih untuk nggak makan di pagi hari. Alasannya sih beragam. Ada yang nggak sempet karena udah harus beraktivitas sejak pagi buta, ada juga yang skip sarapan karena merasa nggak butuh. Nah salah satu alasan yang nggak kalah banyak didengar dari mereka yang skip sarapan adalah kerena pengen kurus! Kan prinsipnya “mengurangi makanan yang masuk ke perut sama dengan mengurangi berat badan”!

Padahal skip sarapan itu justru berbahaya bagi kesehatan. Tubuhmu harus menerima nutrisi yang cukup. Terutama di pagi hari. Bayangkan saja makanan adalah bahan bakar, kalau sejak pagi nggak diisi bahan bakar, mana bisa tubuhmu bekerja dengan maksimal? Alih-alih kurus atau nyaman beraktivitas, yang ada malah 7 hal ini bakal terjadi pada tubuhmu. Ih, ngeri!

1. Tanpa bahan bakar di awal, tubuhmu bakal kesulitan beraktivitas. Boro-boro mikir kerjaan, yang ada emosimu bakal kacau!

Perut kosong akan sangat berpengaruh pada emosi seseorang. Padahal niatmu skip sarapan adalah biar menghemat waktu agar bisa cepat menyelesaikan pekerjaan, eh tapi yang ada malah kamu nggak bisa fokus mikir. Hal ini karena kadar gulamu berkurang gara-gara kamu nggak sarapan. Jadi tiap kamu pengen fokus ke kerjaan, bawaanya pengin marah-marah mulu. Nggak heran deh kalau kamu jadi disebelin teman-temanmu :’)

2. Skip sarapan juga akan membuatmu berisiko tinggi terserang penyakit jantung lho! Yakin masih mau melewatkan sarapan?

Ngeri ih bayangin kena serangan jantung via bbc.com

Menurut penelitian dari Harvard University, kamu yang skip sarapan meningkatkan risiko terserang penyakit jantung sebanyak 27 persen! Ngeri nggak tuh? Pasalnya kalau kamu skip sarapan, tubuhmu justru akan “mendambakan” makanan-makanan dengan kadar kolesterol tinggi. Sudah tahu kan kalau kolesterol itu salah satu penyebab utama masalah pada jantung? Masih mau diskip sarapannya?

3. Nggak cuma jantung lho, nggak sarapan juga bikin kamu rentan terkena Diabetes tipe 2…

Kalau kamu mikir penyakit jantung itu masih kurang serem (ya mana ada sih sebenarnya yang mikir gitu… Haha), penyakit lain yang berpotensi muncul dari skip sarapan adalah Diabetes tipe 2. Saat kamu skip sarapan kadar glukosa yang ada pada tubuhmu jadi terganggu. Hal inilah yang jadi penyebab kamu lebih rawan terserang Diabetes tipe 2. Duh!

4. Nggak sarapan juga bikin kamu jadi pemalas. Ya gimana, orang nggak ada energi buat beraktivitas

Logikanya begini; Motor tanpa bahan bakar aja nggak bisa digunakan kan? Apalagi tubuhmu? Ketika kamu nggak sarapan, kamu jadi nggak punya energi untuk beraktivitas. Jadinya, tanpa kamu sadari tubuhmu jadi lemas dan malas untuk beraktivitas. Kamu yang niat awalnya skip sarapan buat memangkas waktu sebelum kerja di pagi hari justru salah karena pada akhirnya justru malah nggak bisa beraktivitas. Ini nih yang namanya sia-sia belaka.

5. Kamu yang skip sarapan demi pengen kurus harus gigit jari. Sayangnya, nggak sarapan justru bikin berat badanmu naik lho…

Pun demikian bagi kamu yang skip sarapan dengan niatan untuk menurunkan berat badan. Teori sederhanamu soal “mengurangi makanan yang masuk ke perut sama dengan mengurangi berat badan” itu salah besar. Pada dasarnya, saat kamu nggak sarapan, nafsu makanmu justru naik. Jatuhnya meski nggak sarapan, kamu tetap aja ngemil atau makan dengan porsi yang lebih banyak saat makan siang dan makan malam. Nah kalau gitu gimana mau turun berat badanmu?

6. Istilah “kalau kenyang bego” itu salah besar. Yang ada malah sebaliknya…

Seperti halnya anggota tubuh lainnya, otak juga memerlukan nutrisi untuk bisa berfungsi dengan optimal. Setelah semalaman tubuhmu tak diberi nutrisi, pagi hari harusnya saat yang pas untukmu memberinya makanan bergizi. Ketika kamu skip sarapan, otakmu kehilangan suplai nutrisinya yang berharga demi memaksimalkan fungsi dan kinerjanya. Ya jangan heran kalau konsentrasimu menurun drastis dan kamu jadi sering linglung sendiri.

7. Nah pastinya, nggak sarapan juga bakal membuatmu merasa ‘lapar’. Ujung-ujungnya, kamu jadi pengen makan terus…

Kamu pasti sudah tahu kalau pola makan teratur itu erat kaitannya dengan asam lambung. Penjelasannya sederhana. Lambungmu punya mekanisme kerja. Ada atau nggak ada yang dicerna, lambungmu “menggiling” sesuatu. Kalau nggak ada isinya, ya yang digiling tentu dinding lambungmu sendiri. Akibatnya asam lambung naik dan lambungmu pun terluka. Kalau dibiarkan terus-terusan, tentu ini akan bahaya. Apa sih susahnya sarapan dan makan sesuai dengan waktunya?

 

Tinggalkan Sebuah Balasan