Tak terasa bulan suci Ramadhan tinggal sebentar lagi. Moment berharga ini tentunya akan sangat ditunggu – tunggu oleh semua umat muslim di dunia. Selain untuk mencari pahala yang sebesar – besarnya selama bulan Ramadhan, moment ini juga digunakan untuk berkumpul bersama keluarga atau teman – teman.

Moment berkumpul bersama keluarga atau teman saat berbuka puasa tak akan lengkap dengan menu minuman takjil ini :

  1. Es Pisang Ijo

es pisang ijo. via tastemade.com

Es Pisang ijo adalah sejenis makanan khas di Sulawesi Selatan, yang tepatnya dikota Makassar. Makanan ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Cara memasaknya dengan mengukus pisang yang sudah dibalut dengan adonan dari tepung, air, dan pewarna hijau yang terbuat dari campuran air dengan daun suji atau pandan. Setelah masak, potong pisang menyamping lalu tambahkan es serut dan  saus yaitu campur tepung terigu, santan, daun pandan, garam dan gula pasir.

  1. Es Cincau

es cincau. via shutterstock.com

Es cincau merupakan minuman yang di dalamnya hanya berisi es, cincau, gula merah, serta santan. Namun kesegaran dari minuman ini tak bisa dibantahkan. Es cincau menjadi salah satu minuman favorit bagi mereka yang ingin langsung mengisi perut dengan nasi, karena isinya yang tak terlalu berat namun juga menyegarkan.

  1. Es Buah

es buah. via lakupon.com

Minuman yang menyegarkan ini memang menjadi favorit banyak orang, campuran buah – buahan dengan susu kental manis dan es serut memang paling pas dimakan saat buka puasa. Rasanya yang manis serta aneka buah-buahan di dalamnya membuat siapa saja yang mengkonsumsinya mendapat asupan nutrisi yang cukup.

  1. Thai tea

bubble thai tea. via lakupon.com

Minuman yang berasal dari Thailand ini memang tidak pernah ketinggalan zaman. Campuran antara teh dan creamer kental yang dituang ke es batu ini tidak hanya cocok untuk berpuka puasa tetapi juga saat cuaca sedang panas dan terik.

  1. Es Kepal Milo

es kepal milo. via vemale.com

Minuman ini memang minuman yang baru “hitz” beberapa bulan terakhir ini, tetapi minuman ini pasti sangat cocok jika dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Rasa manis dari susu dan coklat ini memang sangat pas untuk takjil.

Tinggalkan Sebuah Balasan