Finlandia
                                 Finlandia

Sebuah negara di Eropa bagian utara ini memiliki keistimewaan yang tidak banyak diketahui orang. Meski negara tersebut kecil, dalam beberapa tahun terakhir, sistem pendidikan Finlandia dapat mengungguli sistem pendidikan dari negara-negara terbaik di dunia. Terbukti, saat ini sistem pendidikan mereka menduduki peringkat ke-6 di dunia. Hal yang menunjukkan pula bahwa tingkat kelulusan sekolah di Finlandia paling tinggi di Eropa. Karenanya kita perlu tahu tentang serba-serbi di negara Finlandia. Yang mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahuinya.

Fakta Pertama :

Anak-anak di Finlandia tidak bersekolah hingga umur mereka tujuh tahun. Di Finlandia, tidak ada taman kanak-kanak dan sekolah dasar hingga berumur tujuh tahun. Berbeda dengan di Indonesia. Masyarakat Indonesia cenderung berbondong – bondong untuk menyekolahkan anak – anak mereka mulai dari tingkat PAUD, SD, hingga TK.

Fakta Kedua :

Tidak ada tes standar dan tidak ada ujian berarti tidak ada kompetisi berarti tidak ada perbandingan. Dan tidak ada perbandingan berarti ada perbedaan antara siswa cerdas dengan siswa yang biasa saja. Di Finlandia hanya ada satu kali ujian, yakni dilakukan di penghujung sekolah menengah. Luar biasakan?

Fakta Ketiga :

Tidak ada pekerjaan rumah. Sistem pendidikan di Finlandia tidak menekan pada siswa. Tapi lebih pada bagaimana siswa belajar. Pendidikan di Finlandia menginginkan anak-anak bermain dan menghabiskan waktu bersama orang tua dan teman-temannya. Karna di luar sekolah anak-anak dapat belajar banyak hal.

Fakta Keempat :

Jumlah waktu belajar di sekolah hanya 20 jam setiap minggunya. Bila di Korea Selatan, hampir setiap hari Minggu, para siswa sudah dapat memperoleh banyak pengetahuan hanya dalam waktu 20 jam setiap minggunya. Percaya atau tidak, siswa di Finlandia menduduki peringkat pertama dalam bidang Matematika juga banyak di mata pelajaran lainnya.

Fakta Kelima :

Setiap siswa dapat berbicara lebih dari dua bahasa. Pada umumnya, sebagian besar siswa di Finlandia dapat berbicara lebih dari tiga bahasa. Diantara bahasa-bahasa tersebut di antaranya Inggris, Finlandia, Spanyol, Swedia, Prancis, dan Jerman.

 

Sumber  : Sahabat beasiswa

Tinggalkan Sebuah Balasan