Beraktifitas hingga larut malam terutama untuk wanita memang sebaiknya dihindari sebisa mungkin demi keselamatan. Tetapi pasti akan tetap ada saat dimana harus pulang malam karena kerja lembur, mengerjakan tugas kuliah, atau sekedar hangout bersama teman. Agar tetap aman dan selamat sampai tujuan, coba bawa semprotan merica kemana pun anda berpergian. Selain itu, anda juga bisa melakukan beberapa cara berikut agar terhindar dari bahaya yang mungkin terjadi :

  • Jalan Tegak Penuh Percaya Diri

Saat Anda berjalan sendirian di malam hari, pastikan Anda tidak berjalan dengan gugup atau gelisah karena akan memancing orang untuk berbuat jahat. Berjalanlah seperti biasanya dengan kepala tegak dan penuh percaya diri. Anda juga harus tetap waspada dengan lingkungan sekitar dengan tidak menggunakan handphone karena anda harus tetap focus dengan lingkungan sekitar.

  • Pilih Jalan yang Ramai dan Penerangan yang Baik

Walau jaraknya mungkin lebih dekat, sebaiknya hindari jalanan yang minim dengan penerangan. Gunakan rute yang penerangan baik, anda sudah hafal dengan kondisi jalanannya, dan masih ada orang yang beraktivitas dijalan tersebut. Jika Anda pulang dengan cara berjalan kaki, sebaiknya hindari area taman, daerah yang banyak semak dan pepohonan atau tempat lain yang dapat digunakan untuk orang bersembunyi.

  • Gunakan Benda yang ada di Tas untuk jaga – jaga

Pastikan Anda menaruh Pena dan segala per-Kuncian di tempat yang mudah di jangkau karena kedua barang tersebut bisa dijadikan “senjata” jika keadaan terdesak. Jika Anda mulai memiliki perasaan tidak nyaman, genggam kuat pena di tangan kalian. Ketika ada orang yang berusaha melukai Anda segera  tusukkan pulpen ke bagian siku tangan atau nadi leher ke orang tersebut. Selain itu anda juga bisa menggunakan aneka kunci yang Anda punya lalu letakkan di sela – sela jari kalian seperti wolverine.

  • Pura – Pura Jatuh

Cara yang satu ini membutuhkan sedikit bakat aktingmu. Jika Anda didalam keadaan genting ketika ada orang yang berniat tidak baik dengan Anda dan tidak ada bantuan yang bisa membantu, pura – puralah terjatuh ketika orang tersebut sudah semakin dekat dengan Anda. Setelah itu perlahan ambillah segenggam pasir atau kerikikil yang bisa kamu jangkau. Lempar pasir atau kerikil tersebut kearah mata penjahat, dan saat si penjahat kesakitan coba pukul atau tending bagian ulu hatinya jika Anda bisa. Lalu larilah sekuat tanaga untuk meminta pertolongan.

  • Waspada saat Anda Menolong orang lain

Jangan sampai niat baik Anda untuk menolong orang lain malah menjadi boomerang. Bila ditengah perjalan pulang ada orang yang terlihat sangat butuh pertolongan, coba cek dulu suasna sekitar dan ajak beberapa orang lain untuk ikut membantu orang tersebut. Tetapi jika Anda merasa tidak yakin dengan kondisi sekitar abaikan saja sapaan atau permintaan bantuan dari orang asing.

Tinggalkan Sebuah Balasan