Huh… makin lama biaya untuk kuliah semakin mahal saja, sebuah tantangan nih bagi yang saat ini sedang duduk di bangku kuliah.

Beban biaya per semester yang semakin mahal, tidak ada salahnya mencoba untuk mencari pekerjaan sampingan demi menambah pemasukan, lumayan untuk jajan atau untuk menambah saldo tabungan. Selain itu kamu bisa berlatih hidup mandiri, tidak melulu menengadahkan tangan di depan orangtua, setuju nggak?

Saat ini tidak mudah untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, terutama bagi kamu yang masih punya tanggungan jadwal kuliah yang padat dan tidak memungkinkan kamu untuk sering meninggalkan kelas.

Salah satu upaya untuk mendapatkan pekerjaan sampingan tetapi tidak mengorbankan pendidikan, ya, mencari pekerjaan online.Bekerja secara online mungkin beberapa tahun lalu masih menjadi pekerjaan yang baru dan kadang masih aneh bagi sebagian orang, nyatanya saat ini mulai banyak pekerjaan online yang tersedia untuk siapa saja.

Nah, berikut ini adalah pekerjaan online yang bisa dikerjaan oleh mahasiswa seperti kamu demi menambah uang saku bulananmu.

1. Berjualan online

mahasiswa
jualan online via tips-cara.info

Yah, seperti yang kita tahu bahwa saat ini banyak sekali muda-mudi yang berjualan lewat online. Kamu pun bisa memanfaatkan banyaknya kontak yang ada di BBM, Line bahkan whatsapp kamu sebagai calon pelanggan kamu.

Kamu bisa memulai online shop kamu dengan cara dropship atau reseller. Well, cara ini merupakan salah satu cara klasik untuk menambah uang saku bagi mahasiswa seperti kamu. Kita lihat cara lain yang lebih segar lagi, yuk.

2. Freelance Instruktur

mahasiswa
kursus online via telegraph.co.uk

Kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang di atas rata-rata? Atau kemampuan design grafis yang sangat mumpuni? Hmm… ada ide bagus, tawarkan saja jasa bimbingan belajar atau kursus secara online mengenai kemampuan yang cukup kamu kuasai.

Lumayan kan, hanya mengajar beberapa jam saja kamu bisa mendapat suntikan rupiah dari jasa yang kamu berikan.

3. Freelance Writer

mahasiswa
penulis lepas via articles.bplans.com

Profesi ini juga bisa kamu lakoni jika kamu memiliki minat dan kemampuan di bidang tulis menulis.

Menulis apa? Cerpen? Novel?

Tidak selalu menulis cerpen atau novel, kok. Saat ini banyak sekalo proyek yang ditawarkan kepada freelancer untuk menggarap sebuah blog. Ada beberapa situs yang menjadi pihak ketiga, situs ini mempertemukan penyedia proyek dengan pekerja freelance secara tidak langsung.

Contoh kasusnya nih ya, ada penyedia proyek yang sedang membutuhkan 10 artikel tentang keuangan, lalu ia menawarkan proyek untuk dikerjaan freelancer pada situs tersebut. Lalu kamu sebagai freelancer hanya mengajukan diri untuk mengerjakan proyek tersebut.

Setelah penyedia proyek dan freelancer deal, maka freelancer yang terpilih akan mengerjakan proyek itu dan rupiah pun mengalir ke rekening freelancer. 🙂

4. Menjadi seleb di sebuah media sosial

mahasiswa
Sonia Eryka via ghiboo.com

Wihh, yang ini sedang booming nih. Di media sosial seperti twitter, tentu ada beberapa akun yang memiliki follower atau pengikut yang jumlahnya jutaan bahkan lebih, nah akun terkenal ini biasa disebut dengan selebtweet. Jika di media sosial seperti instagram maka di sebut dengan selebgram.

Apa sih keuntungan menjadi selebtweet atau selebgram ? Jika kamu menjadi selebgram maupun selebtweet , kamu akan di-endorse banyak pelaku bisnis online. Tidak hanya selebritis saja lho yang di-endorse, kamu yang famous di dunia maya pun juga bisa mendapat endorsement.

Tetapi perjalanan untuk menjadi seorang selebtweet atau selebgram tidak gampang, banyak juga lika-liku yang musti dihadapi dan yang pasti kamu harus sangat kreatif dalam menciptakan sebuah konten di akun media sosialmu, sehingga follower-mu akan semakin banyak, dan pundi-pundi rupiah dari iklan maupun endorsement pun juga akan lancar mengalir ke rekening milik kamu.

 

Ternta pekerjaan sampingan tidak melulu bekerja formal dan mengharuskan kamu untuk datang ke kantor setiap harinya, karena saat ini sudah mulai banyak pekerjaan online yang bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan sampingan di sela-sela padatnya jadwal kuliah. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Apakah kamu punya pengalaman serupa atau malah berbeda dari apa yang telah dijelaskan di atas? Ceritakan semuanya di kolom komentar ya.. 🙂

Tinggalkan Sebuah Balasan