dparagon.com – Soto Banjar adalah salah satu masakan tradisional dari Kalimantan selatan, kususnya Banjarmasin. Soto ini merupakan salah satu kuliner yang terkenal di Indonesia. Berbeda dengan soto lainnya di Indonesia, soto  ini memiliki keunikan dalam penyajian dan cita rasanya.

Soto ini menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Bumbu yang di haluskan berupa bawang merah, bawang putih, merica. Bumbu rempah yang di gunakan berupa kapulaga, cengkeh, kayu manis dan pala. Pada proses pembuatannya, ayam di rebus bersama garam, daun salam dan jahe hingga empuk. Setelah ayam empuk lalu di angkat, kemudian bumbu yang di haluskan dan bumbu rempah tadi di tumis hingga harum kemudian di masukan kedalam air kaldu. Campuran bumbu yang di tumis dan kaldu ayam tadi akan memberikan aroma dan cita rasa yang sedap pada kuah Soto .

Soto Banjar berbeda dengan soto di Indonesia pada umumnya. Berbagai bahan pelengkap yang di gunakan seperti mie soun, ketupat yang di potong kecil, irisan telur rebus, perkedel kentang, daun bawang dan batang seledri. Pada proses penyajiannya, ayam yang sudah di matang tadi disuwir – suwir. Kemudian mie soun, perkedel kentang dan ketupat tadi di siapkan kedalam mangkok bersama ayam yang di suwir tadi. Tidak lupa taburkan irisan batang seledri dan daun bawang. Kemudian bahan yang sudah di masukan kedalam mangkok tersebut di siram dengan kuah. Untuk menabah cita rasa, kita bisa menggunakan jeruk nipis, bawang goreng, sambal dan kecap manis.

 

Gambar : Penyajian Soto Banjar

Cita rasa dari Soto Banjar ini memang unik. Rasa gurih dari kaldu dan bumbu yang menyatu dalam kuah soto memberikan cita rasa yang kuat pada Soto banjar ini. Selain itu perpaduan bahan pelengkap yang bermacam – macam tadi membuat sensasi yang berbeda saat menyantapnya. Menu satu ini sangat nikmat ketika di santap saat siang hari yang panas, di temani dengan kerupuk dan teh manis membuat makan siang anda lebih nikmat.

Kuliner satu ini bisa kita temukan di warung soto di Banjarmasin. Dalam perkembangannya, menu satu ini tidak hanya populer di Kalimantan selatan, makanan satu ini sudah menyebar ke seluruh daerah di pulau Kalimantan dan di indonesia. Banyak penjual yang menjajakan menu satu ini untuk memuaskan rasa kangen masyarakat akan Soto Banjar.

 

Gambar: Soto Banjar

Di setiap warung Soto Banjar biasanya tidak hanya menjajakan Soto Banjar saja, namun juga ada menu lain seperti sate ayam dan sop banjar. Sop banjar merupakan menu seperti Soto Banjar, hanya saja penyajiannya tidak menggunakan ketupat, tapi menggunakan nasi. Bagi anda yang berkunjung ke Kalimantan selatan maka kurang lengkap rasanya bila belum merakasakan kuliner satu ini.

Tinggalkan Sebuah Balasan