Anak Kucing
                            Anak Kucing

Memelihara kucing adalah kegiatan yang menyenangkan. Apalagi bagi mahasiswa yang memiliki segudang tugas dan kegiatan yang sering kali membuatmu pusing dan merasa jenuh. dengan adanya kucing, kita bisa merasa terhibur dengan tingkahnya. Belum lagi jika kucing itu mengenalimu sebagai sebagai pemiliknya. dia akan menjadi manja dan suka minta dielus. Tetapi, merawat kucing pun bukan sesuatu yang bisa dibilang mudah, apalagi ketika kucing yang kamu pelihara berjenis kelamin betina, tentunya akan membutuhkan lebih banyak perhatian karena kucing betina memiliki masa kehamilan. Selain memberi perhatian lebih, kamu juga harus memperhatikan kondisi kehamilan kucing dengan cara mencari tahu tanda – tanda kucing kesayanganmu mau melahirkan.

Pada dasarnya kucing betina bisa melahirkan sendiri tanpa bantuan manusia. Malah terkadang mereka terganggu dengan kehadiran manusia. Namun ada kondisi di mana kucing tersebut mengalami gangguan atau kesulitan yang justru akan membahayakan anaknya. Nah, saat itulah bantuanmu sebagai pemilik kucing sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, kamu harus paham bagaimana cara menghadapi kucing yang akan melahirkan. dimulai dengan mengetahui ciri – ciri kucing yang akan melahirkan.

Apa saja ciri kucing yang akan melahirkan ?

1. Mencari Tempat yang Sepi dan Aman

salah satu ciri-ciri kucing mau melahirkan, yaitu kucing akan mencari tempat yang nyaman dan hangat serta sedikit tersembunyi dari serangan predator atau pengganggu seperti manusia, sehingga kebanyakan kucing melahirkan di rumah dan di tempat yang jarang dijangkau manusia, misalnya:

  • gudang
  • atap rumah
  • lemari pakaian

Jika kucing mulai menunjukkan gelagat kesana kemari menjelajahi seisi rumah atau pekarangan rumah dalam keadaan hamil besar, artinya sebentar lagi kucing itu akan segera melahirkan.

Untuk itu, mulailah menyiapkan tempat yang nyaman supaya induk kucing bisa melahirkan dengan tenang dan masih dalam pengawasan kita.

2. Tidur terus menerus

Gelagat kucing selanjutnya yang menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan adalah tidur dalam waktu yang cukup lama. Kucing yang akan melahirkan bahkan bisa tidur selama 20 jam penuh.

Kamu tidak perlu heran bahkan khawatir, jika menemukan kucingmu tidur selama seharian lebih, dalam keadaan hamil tua, karena ini menunjukkan bahwa kucingmu sebentar lagi akan melahirkan.

Hal ini terjadi kemungkinan karena kucing menyiapkan energi untuk melahirkan nanti.

3. Air Ketuban Pecah

Sama seperti manusia, sebagai mamalia kucing yang hamil juga punya air ketuban di dalam kandungannya. Ibu hamil yang akan melahirkan biasanya mengalami pecah air ketuban. Begitu juga dengan induk kucing yang hamil besar, juga akan mengalami pecah air ketuban saat akan melahirkan.

Tetapi bagaimana cara membedakan apakah kucing itu pecah air ketuban atau hanya buang air? Nah, yang perlu kita ketahui terlebih dahulu adalah kucing melahirkan berapa bulan.

Masa kehamilan kucing adalah sekitar 60 sampai 70 hari atau sekitar 2 bulan. Jika suah mengetahui usia kandungan si kucing, maka kita bisa mengetahui apakah si kucing suah mengalami pecah ketuban atau hanya buang air.

4. Kucing mengeong terus

Ciri – ciri kucing yang ingin melahirkan selanjutnya adalah kucing yang mau melahirkan akan mengeong – ngeong dengan keras dan terus menerus.

Kamu harus paham bahwa ketika kucingmu akan melahirkan, kamu tidak boleh mempertemukan kucing jantan dengan kucing betina. Karena, kucing jantan tersebut akan membawa anak dari kucingmu yang sudah lahir. Bahkan ada beberapa kasus di mana kucing jantan memakan anak kucing yang baru saja dilahirkan terutama yang berjenis kelamin jantan.

5. Keluarnya Kolostrum dari kelenjar susunya

Tanda-tanda kucing mau melahirkan selanjutnya yaitu keluarnya cairan kolostrum dari kelenjar susunya.

Cairan kolostrum yang keluar berwarna sedikit kuning. Biasanya jika cairan kolostrum itu sudah keluar, maka seminggu kemudian induk kucing akan melahirkan.

Setelah itu, sebaiknya kamu mempersiapkan tempat yang hangat dan nyaman. Karena setelah melahirkan, induk kucing akan memindahkan anak-anaknya ke tempat yang lebih bersih.

6. Nafsu makan berkurang

Ciri yang lain adalah kucing yang akan segera melahirkan nafsu makannya akan menurun. Kemungkinan itu terjadi karena induk kucing mulai merasa lemas dan kesulitan bergerak.

7. Lebih sering menjilati tubuh

Selain ciri – ciri di atas, tanda kucing akan melahirkan lainnya adalah kucing yang sering menjilati tubuhnya. Hal ini untuk merangsang keluarnya hormon yang akan membantu proses kelahiran.

8. Susah Bergerak

Kucing yang sedang hamil tua akan susah bergerak karena, tubuh di bagian tubuh membesar. Selain itu, bisa juga dikarenakan kucing mulai mengalami kontraksi dan akan segara melahirkan.

9. Suhu tubuh berkurang

Biasanya, ketika 12 sampai 24 jam sebelum melahirkan kucing akan mengalami penurunan suhu. Untuk itu, ketika kucingmu sedang hamil tua kamu harus rutin memeriksa suhu tubuhnya.

Biasanya suhu induk kucing yang akan melahirkan menurun sehingga mencapai 37-38 derajat celcius. Sedangkan suhu kucing normal biasanya sekitar 38 – 39,2 derajat celcius.

10. Nafas terengah, denyut jantung menjadi lebih cepat

dalam keadaan akan melahirkan nafas induk kucing akan terengah dan denyut jantung menjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan janin yang berada di rahim pindah ke mulut rahim.

Masa kontraksi pada kucing ini bisa berlangsung selama 12 jam sebelum melahirkan. Pada saat janin berpindah memasuki daerah panggul, induk kucing akan mulai gelisah dan mencari posisi yang nyaman untuk melahirkan.

Setelah itu, biasanya sang induk akan sedikit mengejan sekali atau dua kali selama 10 sampai 30 menit untuk melahirkan setiap anak kucing. Anak kucing yang dilahirkan bisa kepalanya atau kakinya terlebih dahulu.

Selanjutnya setelah bayi-bayi kucing dilahirkan, induk kucing akan secara alami menjilati kantung ketuban anak-anaknya supaya anak-anaknya tersebut bisa bernafas.

Tidak hanya dijilat, kantung ketuban itu juga akan dimakan oleh sang induk dan kemudian memotong tali pusarnya dengan cara menggigitnya.

Proses melahirkan akan ditutup dengan keluarnya plasenta dari rahim induk kucing. Itulah beberapa ciri – ciri kucing yang akan melahirkan yang perlu kamu ketahui. Semoga kucing kesayanganmu dapat melahirkan dengan baik.

 

Tinggalkan Sebuah Balasan