Bagi penyuka film fiksi ilmiah, salah satu hal yang sangat menarik untuk dilihat adalah teknologinya. Film fiksi ilmiah sering kali menunjukkan teknologi-teknologi baru yang sangat menakjubkan. Hal menakjubkan lainnya adalah teknologi-teknologi tersebut ada yang sudah berhasil diciptakan di dunia nyata. Lalu apa sajakah teknologi di film fiksi yang ada di dunia nyata ?

1. Woman in The Moon (1929)

Pesawat-Luar-Angkasa-Bisa-Berkomunikasi-dengan-Bumi-1-750x410

Sungguh hal yang menakjubkan bahwa di tahun 1920-an seorang penulis sudah mampu mengkhayalkan tentang perjalanan ke ruang angkasa. Hebatnya lagi, film ini sudah mampu menggambarkan bagaimana roket meluncur dari dalam air. Tak hanya itu, film ini juga menunjukkan bagaimana eksistensi atmosfer di bulan. Film ini di nilai menunjukkan teknologi modern yang akan muncul di masa mendatang. Hal ini dibuktikan dengan peluncuran Sputnik 1 oleh Uni Soviet tepat 28 tahun setelah film ini di tayangkan.

2. Thunderball (1965)

172753_jetman

Bicara soal James Bond tentu saja tidak bisa dipisahkan dari kehebatannya menyelesaikan tugas sebagai mata-mata. Dalam salah satu film yang berjudul Thunderball, yang dirilis pada tahun 1965 memperlihatkan sang aktor dengan ransel jet yang membawanya terbang menjauhkan dari dua orang penembak. Berselang sepuluh tahun kemudian tepatnya pada tahun 2008 sebuah perusahaan yang berdiri di Selandia Baru, Martin Aircraft mulai membuat mesin jet mirip seperti di film itu. Mesin ini diketahui mampu membawa orang terbang hingga ketinggian 1500 meter dengan ketinggian 97 km/jam.

3. Blade Runner (1982)

Apps-for-Video-Calls

Kini, bukan hal aneh lagi jika kita melakukan video call di zaman sekarang. Teknologi ini bukan lagi hal yang baru di film-film fiksi. Namun ternyata film ini sudah ada di film Blade Runer pada tahun 1982. Kita akan melihat adegan Rick Deckard (diperankan Harrison Ford) mengetikkan nomor telefon kemudian terhubung dengan seseorang yang akan ditampilkan di layar. Pada tahun 2010, Skype meluncurkan aplikasinya dan FaceTime juga mengumumkan bahwa aplikasinya sudah bisa dinikmati di Iphone 4 pada tahun yang sama.

4. Total Recall (1990)

mobil

Berdasarkan cerita pendek karangan Philip K. Dick, film blockbuster. Total Recall yang dibintangi Arnold Schwarzenggger ini memang banyak menampilkan teknologi masa depan yang belum ditemukan di masa itu. Namun salah satu adegan di film tersebut yang kini mulai banyak dikembangkan perusahaan teknologi, adalah mobil otomatis tanpa pengemudi. Film ini memberi gambaran akurat mengenai teknologi yang akan dikembangkan di masa depan.

5. Minority Report (2002)

sensing

Lagi penulis jenius bernama Philip K Dick, Minority Report yang diangkat dari Cerita Pendek buah pikiran penulis tersebut. Di film ini, sang penulis memprediksi dengan akurat tentang teknologi user interface berbasis gerak tubuh sebelum teknolgi layar sentuh dan Motion-sensing input seperti sekarang. Dalam sebuah adegan, Captain John Anderton yang diperankan Tom Cruise, memanipulasi gambar pada komputer dengan gestur dramatis. Gerakan tubuh yang dilakukan Anderton sama dengan gerak tubuh kita saat mengoperasikan layar sentuh.

Sumber : https://www.brilio.net

Tinggalkan Sebuah Balasan