Sebagai ibukota Negara Indonesia, sudah sewajarnya kota Jakarta memiliki nilai-nilai budaya dan sejarah yang luar biasa. Di tengah gempuran modernisasi yang terjadi di Jakarta, masih tersimpan banyak cerita yang dapat wisatawan nikmati.

Wisata Kota Tua

Wisata sejarah di Jakarta yang akan kita bahas untuk pertama kali adalah Wisata Kota Tua Jakarta. Siapa yang tak mengenal objek wisata yang satu ini, lokasi yang sangat terkenal dan wajib dikunjungi. Jika kita berada di Jakarta maka lokasi ini adalah salah satu lokasi yang wajib untuk kita datangi.

Tugu Proklamasi

Lokasi wisata yang berada di kawasan Jl. Proklamasi, RT.10/RW.2, Pegangsaan, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, ini merupakan sebuah kawasan yang sangat penting keberadaannya. Hal ini karena di kawasan dimana tugu ini berdiri merupakan lokasi yang menjadi tempat pembacaan naskah revolusi. Karena itu, kawasan yang satu ini merupakan kawasan yang sangat penting tak hanya bagi daerah jakarta saja, namun juga menjadi penting bagi Negara Indonesia.

Museum Satria Mandala

Museum yang berada di Jl. Gatot Subroto No.16, RT.6/RW.1, Kuningan Bar, Mampang Prpt, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, ini merupakan salah satu lokasi wisata sejarah jakarta yang bisa kita kunjungi. Jika kita mengunjungi museum yang satu ini maka kita akan merasakan suasana yang cukup berbeda di kawasan ini. Hal ini karena museum yang satu ini merupakan museum yang banyak sekali menyimpan catatan perjalanan Tentara Republik Indonesia.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi atau yang biasanya disingkat menjadi Munasprok ini merupakan kawasan yang cukup penting. Kita semua mengetahui bahwa perumusan naskah proklamasi yang dibacakan oleh Bapak Soekarno di rumuskan dalam rumah seorang laksamana Jepang. Dalam rumah tersebut kemudian tersusunlah naskah proklamasi yang kemudian diketik oleh Sayuti Melik.

Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang berada di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat dan dikelola oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. Museum ini dibuka untuk umum, setiap hari Selasa sampai dengan Jumat dari pukul 08.00 hingga 15.00 UTC+7, setiap Sabtu dan Minggu pada pukul 08.00—14.00 WIB, dan setiap hari Senin dan hari besar nasional, museum ini ditutup untuk umum.

Museum ini memiliki koleksi foto dan benda-benda yang berhubungan dengan sejarah Sumpah Pemuda 1928, serta kegiatan-kegiatan dalam pergerakan nasional kepemudaan Indonesia. Museum Sumpah Pemuda ini didirikan berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta pada tahun 1972 dan menjadi benda cagar budaya nasional.

 

 

Tinggalkan Sebuah Balasan