Jambi adalah salah satu provinsi yang sangat jarang di ketahui orang. Namun, tahukah kamu bahwa salah satu kabupaten di Jambi, memiliki tempat destinasi wisata di Kerinci yang sangat menarik untuk di kunjungi. Kabupaten Kerinci yang berada di provinsi Jambi memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Oleh karena itu, kerinci bisa menjadi salah satu tujuan destinasi kamu, yang wajib kamu datangi.

Apa saja sih, detinasi wisata yang ada di Kerinci ini?

1. Wisata pendakian gunung kerinci

 

gunung kerinci
gunung kerinci

Gunung Kerinci yang merupakan gunung tertinggi di Jambi ini telah menarik perhatian banyak turis baik yang dari dalam negeri maupun luar negeri. Gunung Kerinci memiliki tinggi 3.805 dpal dan berada di Kayu Aro kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Keindahan gunung ini menjadikannya menjadi tujuan para pendaki dari dalam daerah maupun luar daerah. Jika kamu memiliki jiwa petualang, maka gunung ini bisa menjadi salah satu pilihanmu. Namun, untuk melakukan pendakian di Gunung Kerinci, kamu harus mempersiapkannya dengan baik ya. Karena medan pendakiannya cukup sulit dan menantang.

2. Wisata Danau Gunung Tujuh

danau gunung tujuh
danau gunung tujuh

Danau gunung tujuh merupakan salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara dengan luas 960 hektar, panjang 4,5 Km, serta lebar 3 Km dengan ketinggian 1.950 Km di atas permukaan air laut. Lokasinya berada di desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Danau ini disebut gunung tujuh, karena di kelilingi oleh tujuh puncak gunung. Gunung – gunung tersebut ialah : Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 meter), Gunung Madura Besi (2.418 meter), Gunung Lumut yang banyak ditumbuhi lumut (2.350 meter), Gunung Selasih (2.230 meter), Gunung Jar Panggang (2.469), dan Gunung Tujuh (2.735 meter).

3. Danau Kaco Kerinci

Danau Kaco
Danau Kaco

Danau Kaco adalah sebutan masyarakat Kerinci yang artinya kaca. Disebut Danau Kaco karna air dari danau kaca ini memiliki warna yang bening dan kebiruan. Memiliki ketinggian 1.289 meter di atas permukaan air laut menjadikan danau ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati oleh banyak wisatawan. Keelokan danau ini, memanjakan mata para pengunjung. Selain itu, terdapat pula ikan semah yang jumlahnya ribuan hidup di danau ini. Ukuran danau kaco memang tidak begitu besar, hanya 30 x 30 meter, namun keindahannya memaksa para pengunjung untuk berlama – lama menikmati danau yang indah ini.

Ada satu hal yang masih menjadi misteri di Danau Kaco ini. Sampa sekarang, kedalaman danau kaco ini masih belum dapat diketahui secara pasti, karena ketika para peneliti ingin menyelam sampai ke dasar, cadangan oksigen selalu hampir habis. Danau Kaco ini berada di sungai penuh, Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Yang apabila dari pusat kota Sungai Penuh dapat ditempuh dengan waktu 45 menit menggunakan motor. Selanjutnya untuk mencapai lokasi Danau Kaco pengunjung harus menempuh perjalanan selama 4 – 5 jam menyusuri hutan dengan berjalan kaki.

Area ini sangatlah rawan, maka sangat dianjurkan untuk menuju ke lokasi harus di dampingi oleh Guide, agar tidak tersesat. Jika kamu ingin pulang hari, maka kamu harus berangkat dini hari agar tidak kemalaman di dalam hutan ketika perjalanan pulang. Adapun jika ingin menginap, maka kamu harus mempersiapkan sedemikian rupa seperti tenda, dan makanan agar tidak kedinginan dan kelaparan.

4. Wisata Danau Kerinci

Danau Kerinci
Danau Kerinci

Temat wisata selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Danau Kerinci. Danau Kerinci terletak di kaki Gunung Raja, Kecamatan Danau Kerinci menjadikan banyak wisatawan berkunjung di sini. Danau ini merupakan danau yang sangat luas. Luasnya mencapai 4.200 Ha dengan kedalaman 110 M berada di ketinggian 783 M dpl dengan diamater keliling danau sepanjang 70 Km menjadikannya danau yang terluas kedua setelah Danau Toba.

Danau Kerinci ini selain menjadi mata pencaharian sebagai nelayan masyarakat di sini juga menggunakan danau Kerinci untuk memenuhi kebutuan air minum warga. Jika kamu ingin mengunjungi danau ini, maka kamu bisa membawa pancing, untuk memancing di danau ini. Kamu juga bisa berenang dan berkemah bersama keluarga.

5. Wisata Air Terjun Talang Kemulun

Air Terjun Talang Kemulun
Air Terjun Talang Kemulun

Air Terjun Talang Kemulun merupakan destinasi wisata yang terletak di kawasan Taman Nasional Kerinco Sebelat (TNKS) yang masih terjaga kealamiannya. Terletak di dalam hutan yang lebat dan jalan yang semak belukar, menjadikan Air Terjun ini belum terlalu populer.

Namun, untuk mencapai lokasi air terjun yang memiliki 12 tingkat ini, kamu harus menempuh jarak sejauh 21 Km dari Kota Sungai Penuh dan 30 Km dari Desa Sanggaran Agung.

Tinggalkan Sebuah Balasan