Tempat Wisata Banjarmasin – Disini kita akan membahas 15 tempat wisata di Banjarmasin yang wajib kalian kunjungi :

Danau Biru Pengaron

Dulunya, Danau Biru Pengaron merupakan area pertambangan batu kapur yang terletak di Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, area tambang ini kemudian disulap menjadi sebuah tempat wisata alternatif yang mempunyai keunikan tersendiri. Bahkan, saking terkenalnya, danau ini pun menjadi ikut-ikutan hits dan terpampang di media-media sosial seperti di Instagram maupun Twitter dan Facebook. Di kawasan ini kamu akan mendapati tebing-tebing batuan kapur dan sebuah danau yang terbentuk karena adanya proses pertambangan. Menariknya lagi, air di danau ini berwarna agak kebiru-biruan, sehingga akan sangat cantik bila dipandang. Untuk memasuki tempat wisata di Bnjarmasin ini, kamu hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 5000,00 (motor) dan Rp. 10.000,00 (mobil).

Pulau Kembang

Pulau Kembang merupakan sebuah pulau yang berada di tengah Sungai Barito. Tempat wisata ini menjadi habitat monyet dan beberapa jenis burung. Menurut warga, di pulau ini terdapat seekor monyet besar yang merupakan raja monyet. Saat berada di pulau ini, berhati-hatilah dengan barang bawaan Anda. Monyet-monyet seringkali penasaran dan ingin melihat apa saja yang Anda bawa. Sebaiknya bawa makanan ringan atau buah-buahan untuk mengalihkan perhatian mereka dari tas Anda.

Menariknya, di pulau ini terdapat sebuah kuil dan altar dengan arca berbentuk monyet putih atau Hanoman. Altar ini, oleh warga Tionghoa, digunakan untuk meletakkan sesaji pada saat-saat tertentu. Tempat wisata di Banjarmasin ini berjarak sekitar 1,5 km dari pusat kota. Untuk dapat melihat aktifitas monyet-monyet ini dari dekat, Anda harus membayar sebesar 5.000 Rupiah untuk wisatawan domestik dan 25.000 Rupiah untuk wisatawan mancanegara.

Pasar Terapung Banjarmasin

Tak lengkap rasanya jika membahas Banjarmasin tanpa pasar terapung. Pasar ini sudah menjadi ciri khas dan tempat wisata di Banjarmasin yang wajib sekali untuk dikunjungi. Pasar terapung ini merupakan proses jual-beli yang dilakukan di atas perahu yang mengapung.

Salah satu pasar terapung yang populer adalah yang ada di muara Sungai Barito, tepatnya di Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin. Pasar ini diperkirakan sudah ada sejak 400 tahun yang lalu. Barang yang dijual pun beragam mulai dari hasil kebun, makanan sampai pakaian. Untuk bisa menyaksikan kegiatan di pasar ini, Anda harus datang pagi hari karena pasar ini hanya berlangsung dari jam 05:00 sampai 07:00.

Pasar Intan Mertapura

Tempat wisata di Banjarmasin yang satu ini berada di Jalan Ahmad Yani, Martapura, atau sekitar 45 km dari pusat kota. Pasar ini menjadi tempat wisata yang tepat bagi penggemar batu permata. Martapura dikenal sebagai kota dengan hasil tambang batu permata terbesar di Indonesia. Batu permata di sini memiliki kualitas yang baik.

Di pasar ini, terdapat sekitar 87 toko batu permata. Selain membelinya dalam bentuk batuan, Anda juga bisa membeli batu permata yang telah diolah menjadi berbagai bentuk seperti kalung, gelang, cincin dan juga bros. Pengunjung pasar ini bukan hanya wisatawan domestik, banyak wisatawan dari Malaysia, Brunei dan Singapura yang datang ke sini.

Kampung Sasirangan Khas Banjar

Jika di Cirebon ada Batik Trusmi sebagai pusat oleh-oleh, di sini ada yang namanya Kampung Sasirangan. Di sini, Anda bisa menemukan batik sasirangan yang merupakan batik khas Banjarmasin. Tempat wisata di Banjarmasin khususnya untuk belanja ini ada di Jalan Seberang Masjid, Kampung Melayu.

Selain membeli, Anda juga bisa melihat proses pembuatannya di sini. Batik sasirangan ini memiliki ciri berwarna cerah. Anda bisa membeli yang masih berbentuk kain atau yang sudah jadi seperti pakaian, selendang, sprei dan taplak meja. Ada juga berbagai aksesoris yang dibuat dari kain batik ini mulai dari tas, dompet sampai sapu tangan.

Lihat juga kuliner Khas Banjarmasin

Taman Siring Sungai Martapura

Satu lagi tempat wisata di Banjarmasin yang mengandalkan sungai adalah Taman Siring Sungai Martapura yang berada di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Kapten Tendean. Setiap harinya taman ini selalu ramai oleh pengunjung, terutama pada  hari Minggu, Taman Siring Sungai Martapura semakin ramai dengan adanya komunitas anak muda yang berlatih skateboard dan BMX. Tak jarang tempat ini juga dijadikan lokasi perlombaan oleh mereka.

Pantai Sungai Pampan

 

Pantai Sungai Pampan sebenarnya masih satu garis dengan Pantai Joras. Akan tetapi, karena pihak pengelolanya berbeda, maka kedua pantai ini pun mempunyai nama yang berbeda pula. Nah kalau kamu mau mampir ke tempat wisata di Banjarmasin yang nggak ada duanya ini lebih baik kamu menitipkan kendaraanmu ke salah satu tempat parkir yang ada di Pantai Sungai Pampan atau Pantai Joras. Ingat, pilih salah satu saja! Kalau kamu pengin pindah suasana, kamu tinggal jalan aja, deh. Biar gak terlalu mahal diongkos hehe.

Masjid Sabilal Muhtadin

Nah,kalau masjid tertua di Banjarmasin adalah Masjid Suriansyah,sementara kalau masjid terbesar di Banjarmasin adalah Masjid Sabial Muhtadin. Masjid yang mampu menampung jamaah 15.000 orang ini mempunyai 5 menara yang menambah kemegahan ‘Rumah Alloh’ ini. Nama masjid ini sendiri diambil dari nama kitab seorang ulama besar yang di kenal masyarakat Indonesia dan dunia yang bernama Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjary. Masjid Sabilal ustadin sendiri dibangun pada tahun 1981 dan hingga kini menjadi salah satu tempat wisata di Banjarmasin yang wajib dikunjungi jika anda sedang berlibur ke Kalimantan Selatan. Masjid ini sendiri terdapat di tepi barat sungai Martapura,tepatnya di Kelurahan Antasan Besar, Banjarmasin Tengah.

Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang menjadi salah satu tempat wisata di Banjarmasin yang tidak boleh anda lewatkan. Menara ini menjadi ikon kota Banjarmasin yang diresmikan pada 2014 silam. Dari menara setinggi 21 meter ini wisatawan bisa melihat pemandangan yang menakjubkan ke berbagai arah penjuru kota. Untuk dapat melihat pemandangan dari menara Pandang ini wisatawan tidak dikenakan biaya alias gratis.

Untuk waktu berkunjung, wisatawan boleh datang pada hari senin – jumat =10.00 – 21.00 WITA | Sabtu = 10.00 – 22.00 WITA | Minggu = 08.00 – 21.00 WITA.

Danau Seran

Di Kabupaten Banjarbaru terdapat sebuah Danau yang cukup unik dan memukau, namanya Danau Seran, atau juga disebut sebagai Danau Cempaka. Danau ini terletak di Jalan Guntung Manggis (Jalur Trikora, Banjarbaru). Secara kasat mata, danau ini memang terlihat kecil. Namun, hal itu tidak membuat surut minat para wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata di Banjarmasin ini yang sangat menawan. Mengapa? Karena dulunya, danau ini terbentuk akibat bekas pendulangan intan yang dilakukan oleh warga setempat dan PT. Galuh Cempaka. Dan karena sejarah itulah, maka tempat ini pun selalu ramai dikunjungi.

Museum Wasaka

Museum Wasaka adalah singkatan dari Waja Sampai Kaputing yang merupakan motto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Tempat wisata sejarah ini berada di Jalan H. Andir, Kampung Kenang Ulu, Banjarmasin Utara. Arsitektur bangunannya adalah rumah adat Banjarmasin yang berbentuk panggung dengan atap tinggi.

Di dalamnya, terdapat berbagai koleksi foto, mesin ketik, seragam perjuangan, dan senjata yang digunakan untuk melawan penjajah seperti keris dan senjata api milik Belanda yang berhasil dirampas. Selain itu, ada sebuah sepeda tua yang dahulu digunakan untuk mengantar surat secara sembunti-sembunyi.

Yang menarik adalah adanya teks proklamasi yang dibuat pada tanggal 17 Mei 1949. Isi teks ini berbeda dengan teks proklamasi yang banyak diketahui rakyat Indonesia selama ini. Hal ini dikarenakan menurut Perjanjian Linggarjati, Kalimantan tidak masuk dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Meskipun demikian, rakyat Kalimantan masih terus berjuang untuk menjadi bagian dari NKRI dan berhasil menyatakan kemerdekaannya empat tahun setelah Bung Karno membacakan teks proklamasi. Museum Wasaka buka setiap hari kecuali Senin dan hari libur nasional, mulai pukul 08:30 sampai 12:30.Untuk masuk ke tempat wisata di Banjarmasin yang bersejarah ini anda tidak dikenakan biaya alias gratis wkwk.

 

 

 

 

Tinggalkan Sebuah Balasan