Banjarmasin, kota tertua di Kalimantan memiliki berbagai pesona pariwisata unik yang sayang untuk dilewatkan. Ada pasar terapung yang tersohor sampai mancanegara. Wisata susur sungai hingga kulineran Soto Banjar yang citarasanya dijamin tak akan terlupakan. Berikut rekomendasi tempat wisata yang keren di Banjarmasin.

Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin

Pasar Terapung, Banjarmasin. Tempat wisata budaya Pasar terapung ini telah  ada sejak zaman nenek moyang dahulu. Tepatnya ketika jalan darat masih belum ada.

Masyarakat di sekitar sungai di Kalimantan, memanfaatkan keberadaan sungai sebagai jalan dan penghubung untuk mereka saling berinteraksi.

Ditambah jarak antar penduduk yang jauh membuat mereka mau tak mau harus bersahabat dengan alam. Dan tentunya memanfaatkan apa yang telah tersedia.

Anda tidak akan dipungut biaya untuk mengunjungi tempat wisata Pasar Terapung di Kalimantan ini.

Pulau Kembang

Pulau Kembang, Banjarmasin – Tempat wisata keluarga ini berada di delta sungai Barito. Dengan titik koordinat  -3.3082249,114.5382746.

Pulau kecil di tengah Sungai ini menjadi sarang berbagai habitat seperti kera ekor panjang, beberapa jenis burung. Secara geografis tempat wisata Banjarmasin ini berada di Pulau Alalak, kabupaten Barito Kuala.

Tempat wisata alam ini juga merupakan kawasan hutan wisata.  wisata banjarmasin ini unik.

Taman Maskot

Taman Maskot, Banjarmasin – Tempat wisata keluarga ini menampilkan dua buah mascot Banjarmasin, yakni Bekantan dan pohon Kasturi.

Tempat piknik di Banjarmasin ini menyajikan amusement park, yaitu tempat public yang indah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang.

Lokasi tempat wisata terbaru ini berada di pusat kota Banjarmsin yakni di Jln. H. Djok Mentaya. Sedangkan pada GPS berada pada titik -3.3217525,114.5922444.

Museum Wasaka

Museum Wasaka, Banjarmasin – Tempat wisata sejarah ini berupa museum yang menggambarkan perjuangan rakyat Banjarmasin selama masa penjajahan.

Lokasi tempat wisata museum ini berada di Jalan H. Andir, Kampung Kenang Ulu, Banjarmasin Utara. Bangunan museum ini pun unik, yakni berupa rumah adat Banjarmasin.

Tempat wisata keluarga ini buka setiap hari kecuali Senin dan hari libur nasional, dari jam 08.30-12.30.

Menara Pandang

Menara pandang, Banjarmasin – Tempat wisata kota Banjarmasin ini berada di area sekitar Taman Siring. Yaitu di sepanjang sungai Martapura, tepatnya di jln. Piere Tendean. Buka setiap hari, antara jam 08.00-22.00 waktu setempat, harga tiket masuknya gratis tanpa biaya.

Tinggalkan Sebuah Balasan