Kebun Binatang Ragunan

Wisata Jakarta yang murah meriah selanjitnya adalah Kebun Binatang Ragunan. Tempat wisata ini bertema flora dan fauna dan terletak di Jalan Harsono No. 1 Ragunan, Jakarta Selatan.

Di kebun binatang tersebut ada setidaknya 270 jenis spesies binatang dan sekitar 171 jenis spesies tanaman. Kebun binatang ini dikabarkan sebagai kebun binatang pertama di Indonesia. Luasnya mencapai 140 hektar dan dibangun sejak tahun 1864.

Tempat wisata ini menjadi tempat wisata alternatif liburan bagi keluarga. Ada sekitar 50.000 pohon di sana. Hal ini yang membuat tempat ini sangat sejuk.

Walau sudah berumur tua, kebun binatang ini masih murah untuk dikunjungi, yaitu dengan tarif Rp. 4.000/orang untuk dewasa dan Rp. 3.000 untuk anak. Harga tiket masuk ini belum termasuk harga wahana di dalam kebun binatang.

Taman Mini Indonesia Indah

Objek wisata di Jakarta yang murah meriah berikutnya adalah TMII. Objek wisata ini cocok untuk dijadikan wahana rekreasi dan sarana edukasi. Tempat wisata TMII juga cocok untuk didatangi semua orang dari semua kalangan, mulai dari anak, remaja, hingga dewasa, termasuk wisata keluarga.

Di sini wisatawan dapat melihat dan mempelajari rumah adat dari seluruh penjuru Nusantara, yaitu dari Sabang sampai Merauke. Maka dari itu banyak orang yang menyebut TMMI sebagai miniaturnya Indonesia.

Selain itu, dalam TMII juga ada beberapa taman, museum, teater, tempat ibadah, dan juga wahana rekreasi lainnya. Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa datang dari hari Senin hingga hari Minggu, dengan harga tiket yang berbeda pada setiap wahana di dalamnya.

Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau yang biasa dikenal sebagai Dufan merupakan salah satu tempat wisata wahana di kawasan Taman Impian jaya Ancol. Wahana pada Dufan cukup banyak dan bermacam-macam. Penamaan setiap wahana pun unik dan disesuaikan dengan tema dari tempat tertentu.

Misalnya kawasan Eropa, yang mengusung tema-tema tentang Eropa. Hal ini membuat wisatawan akan merasakan sensasi dari benua Eropa itu sendiri.

Saat ini Dufan menjadi salah satu objek wisata yang ramai dikinjunhi anak dan remaja di Jakarta. Anak dan remaja dapat mengeksplor wahana seru Dufan untuk dapat bermain sepuasnya di sana.

Monumen Nasional

Monumen Nasional atau lebih sering disebut dengan Monas adalah sebuah bangunan monumen yang menjulang tinggi. Tinggi Monas ini sendiri adalah sekitar 32 meter. Monas menjadi sebuah simbol dari kemerdekaan Indonesia dan telah lama menjadi ikon Jakarta bahkan Indonesia.

Tujuan awal didirikannya Monas adalah untuk mengenang jasa para pahlawan demi kemerdekaan Indonesia. Monas ini didirikan sebagai gagasan dari presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Monas memiliki mahkota berupa bentuk lidah yang dilapisi emas.

Monas buka setiap hari, mulai jam 8 pagi sampai jam 3 sore. Harga tiket masuk Monas sangat murah, yaitu Rp. 5.000 untuk dewasa dan Rp. 3.000 untuk mahasiswa dan anak-anak. Jika ingin naik ke puncaknya, wisatawan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 10.000 untuk dewasa serta hanya Rp. 5000 untuk mahasiswa dan anak-anak.

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang cukup murah dan bernuansa wisata bahari. Sesuai dengan namanya, Kepulauan Seribu ini merupakan kawasan bahari yang terdiri dari beberapa pulau nan indah dan menawan.

Pulau-pulau dalam Kepulauan Seribu tersebut di antaranya adalah Pulau Tidung, Pulau harapan, Pulau Pari, Pulau Bidadari, dan masih banyak lagi pulau eksotik lainnya.

Hal yang bisa dilakukan di Kepulauan Seribu ini adalah kegiatan wisata kepantaian, seperti menikmati keindahan laut, bermain dengan pasir putih, bahkan menikmati aneka water sport di beberapa spot pulau.

Untuk menuju Kepulauan Seribu, wisatawan perlu menuju Muara Angke untuk menyeberang. Terdapat banyak rute dan pilihan perahu yang ditawarkan pada wisatawan. Namun dan tarif yang dipatok berkisar mulai Rp. 42.000 hingga Rp. 72.000.

Planetarium

Liburan ke Jakarta yang murah meriah juga bisa dilakukan dengan mengunjungi Planetarium. Lokasinya adalah di jalan Cikini Raya no. 73, Menteng, Jakarta Pusat. Planetarium ini berada di dalam kawasan Taman Ismail Marzuki.

Planetarium didesain menjadi bangunan yang menyerupai kubah setengah bola. Di sana, wisatawan bisa menyaksikan dan menikmati planet dan perbintangan yang ada di seluruh alam semesta.

Tempat ini cocok untuk wisata keluarga, terutama untuk anak-anak sebagai media edukasi yang menyenangkan memalui sistem rekreasi yang tidak membosankan. Anak-anak pasti akan suka diajak ke sana karena rasa keingintahuan mereka tentang alam semesta akan terpenuhi.

Tiket masuk Planetarium sangat murah, yaitu hanya Rp. 7.000 untuk dewasa dan Rp. 3.500 untuk anak. Jam buka Planetarium adalah Selasa sampai Minggu.

 

Tinggalkan Sebuah Balasan