Libur panjang sebentar lagi datang. Berpergian bersama keluarga atau teman pasti sangat menyenangkan. Aktivitas berlibur biasa dilakukan untuk mencari pengalaman dan suasana baru atau hanya untuk melepas penat bersama keluarga atau teman. Jika anda ingin berlibur tetapi tidak memiliki budget lebih, coba pangkas biaya makan kalian dengan beberapa tips ini. Karena anggaran makan dapat membengkak jika tidak direncanakan sebelumnya. Pengurangan anggaran ini dapat kita alokasikan untuk keperluan lainnya seperti transportasi atau membeli cinderamata.

  1. Manfaatkan Penginapan

Jika anda memilih untuk tinggal di hotel saat berpergian, cari hotel yang menyediakan fasilitas sarapan dan juga ada alat pendingin seperti kulkas untuk menyimpan makanan atau buah – buahan. Meskipun biasanya harga kamar sedikit lebih mahal, tapi hal ini cukup efektif untuk menekan biaya makan karena tidak perlu membeli lagi ditempat lain. Sedangkan jika kalian memiliki lebih banyak waktu, cobalah tinggal di apartemen yang dilengkapi dengan dapur dan perlengkapan makan sendiri sehingga dapat mengolah makanan yang diinginkan. Yang perlu diingiat adalah pastikan perut anda sudah terisi penuh sebelum berangkat beraktifitas. Jika perut sudah terisi penuh, pasti anda tidak akan mudah lapar mata.

  1. Cari info promo di tempat makan

Sebelum berlibur dan mengunjungi suatu tempat, coba cari informasi terlebih dahulu mengenai tempat makan disana. Anda bisa memilih tempat makan yang relative terjangkau dengan mengikuti forum traveling atau review dari travel blogger yang pernah mengunjungi tempat yang sama. Selain itu kalian juga dapat memanfaatkan layanan situs deals seperti Groupon atau LivingSocial untuk mencari kupon diskon restoran.

  1. Hindari Restoran

Menikmati traveling dengan makan di restoran unik memang menjadi sensasi tersendiri. Tapi jangan biasakan untuk selalu makan di restoran terutama jika anda tidak mendapatkan promo atau diskon tertentu.

  1. Mencoba Makanan Khas

Cobalah cari makanan khas dari daerah yang kalian kunjungi, tapi jangan pilih yang ada di restaurant. Pilih tempat makan khas yang lebih banyak orang lokal makan disitu dibandingkan dengan wisatawan. Hal ini penting karena biasanya tempat makan yang banyak didatangi turis harganya akan lebih mahal dan kadang cita rasa dari makanan tersebut sudah disesuaikan dengan lidah pengunjungnya.

  1. Mengatur Jadwal Makan

Saat liburan terkadang jadwal makan bisa berubah dan bahkan menjadi tidak teratur. Selain untuk menghemat uang makan, mengatur jadwal makan selama liburan akan membantu agar kesehatan tetap terjaga dan tidak gampang sakit. Hal ini wajib dilakukan terutama bagi anda yang memiliki penyakit maag agar tidak kambuh dan bisa mengganggu liburan anda.

 

Sumber : jurnal.sociolla.com, fakta.news, cermati.com

Tinggalkan Sebuah Balasan