Penampilan yang memukau dan menarik adalah dambaan semua orang, terutama wanita. Namun, terdapat beberapa masalah yang sering di jumpai wanita seperti bentuk tubuh yang gemuk, hingga bentuk tubuh yang sangat kurus. Namun, kita masih bisa mengakali masalah ini, dengan menyesuaikan pakaian yang kita pakai, dengan bentuk tubuh. Berikut ini adalah tips memilih pakaian berdasarkan bentuk tubuh.

bentuk

1. Pir

Pada bentuk tubuh ini, bagian pinggul, paha, dan bokong merupakan bagian terbesar dari bagian tubuh lainnya.

Busana terbaik:

Untuk menghasilkan penampilan yang baik, maka sebaiknya bagian bawah yang lebih besar ini harus diseimbangkan dengan bagian atas tubuh. Seimbangkan bagian bawah yang besar dengan menggunakan busana atau pakaian atasan yang cukup “ramai” dan berwarna lebih cerah. Cara ini dapat membuat perhatian teralihkan pada bagian atas tubuh yang ramping dan bukan di bagian bawah.

Gunakan baju atasan dengan kerah yang besar, lengan yang besar dan bermodel, atau dengan tambahan renda atau draperi. Baju atasan dengan detail di bagian bahu atau di lengan, atau motif garis horizontal juga bisa membantu menyeimbangkan bentuk tubuh. Rok dengan model basic cut  dan bebas dari aneka detail adalah pilihan yang pas.

Hindari:

Agar bagian bokong tak terlihat terlalu besar maka hindari celana dengan model tube, pensil, atau pun rok model fishtail. Hindari juga model celana atau rok yang terlalu ketat karena bisa mempertegas bentuk bokong yang besar.

2. Segitiga terbalik.

Bentuk tubuh seperti ini memiliki ciri-ciri bahu lebih lebar dibandingkan dengan pinggang, sehingga bahi ini terlihat lebih kuat dan besar. Tubuh ini nyaris tidak memiliki lekuk tubuh.

Busana terbaik:

Tubuh bentuk ini mirip seperti tubuh yang maskulin karena bahunya yang lebih lebar dan besar, sehingga untuk menyamarkan bentuk ini gunakan baju atasan dengan model clean cut tanpa detail terutama di bagian bahu.

Gunakan atasan dengan warna yang lembut untuk menghilangkan perhatian dari garis bahu ini. Seimbangkan bentuk tubuh ini dengan cara bermain di bagian bawahan. Gunakan aneka model bawahan rok A-line atau celana yang bervolume dengan tambahan draperi atau lipatan yang bisa membuat pinggang terlihat lebih besar.

Hindari: Hindari penggunaan celana yang terlalu ketat, dan juga celana pensil dengan ujung yang mengecil.

3. Persegi panjang.

Bentuk tubuh ini memiliki ciri antara lain, bagain payudara dan pinggul memiliki ukuran yang sama, tidak memiliki garis pinggang yang jelas, tidak memiliki lekuk tubuh.

Bentuk tubuh ini memiliki karakteristik antara lain, bagian payudara dan pinggul memiliki ukuran yang sama, tidak memiliki garis pinggang yang jelas, tidak memiliki lekuk tubuh. A

Busana terbaik:

Sebuah coat panjang dengan detail berstruktur geometris yang dipadu dengan ikat pinggang bisa membuat Anda terlihat lebih berlekuk dan seksi. Jika memiliki ukuran payudara yang kecil, maka bisa diakali dengan menggunakan atasan berleher tinggi. Pilih busana yang simpel dan tak terlalu ramai.

Hindari:

Hindari terlalu banyak menggunakan busana dengan detail ramai ataupun aksesoris yang terlalu banyak dalam satu paduan busana.

4. Jam pasir.

Ciri dari bentuk tubuh ini antara lain ukuran pundak dan garis pinggang adalah sama. Selain itu, bentuk tubuh ini memiliki , bentuk payudara yang penuh, garis pinggang atau lekuk tubuh yang tajam, bokong, paha dan pinggul yang penuh.

Busana terbaik: 

Gunakan baju atasan dengan leher yang terbuka dan datar karena bisa membantu menonjolkan bahu yang indah. Celana boot cut, flare, dan celana berpipa lebar bisa membantu mengurangi sedikit volume bagian bawah yang besar.

Hindari:

Hindari busana yang lurus karena bisa menutupi lekuk tubuh. Hindari juga model jaket yang terlalu besar karena bisa membuat bagian dada lebih besar.

5. Apel.

Bentuk tubuh ini disebut dengan bentuk apel, karena membesar di bagian pinggang.

Busana terbaik:

Gunakan busana dengan model baju dengan tali di bahu dan atasan panjang bisa membantu menyeimbangkan bentuk tubuh. Gunakan busana yang bisa membantu membentuk lekuk tubuh Anda. Atau gunakan tambahan ikat pinggang untuk membentuknya. Jika tergolong kurus maka sebaiknya gunakan busana yang simpel di bagian atas dengan garis leher yang rendah dan menonjolkan leher. Namun kunci untuk membentuk porsi tubuh yang ideal adalah dengan membentuk lekuk pinggang. Untuk si kurus sebaiknya gunakan busana terusan minimalis, agar terlihat langsing dan juga membentuk kurva tubuh. Busana terbaik untuk model tubuh ini adalah dengan menggunakan jaker, blazer, atau coat yang berstruktur dengan leher V-neck. 

Hindari: Hindari menggunakan detil yang terlalu banyak di bagian pinggang, seperti adanya manik-manik, payet ataupun ikat pinggang yang tipis karena ukurannya bisa membuat perbandingan yang jelas dengan pinggang yang lebar sehingga pinggang jadi lebih lebar. Gunakan ikat pinggang yang berukuran cukup besar, atau sedang.

6. Tubuh besar.

Bentuk tubuh ini dikategorikan bentuk tubuh yang besar terutama di bagian perut dan tanpa lekuk tubuh yang jelas. Sehingga sebaiknya fokuskan untuk memilih busana yang bisa membuat Anda terlihat lebih tinggi dan langsing.

Busana terbaik: Gunakan aneka busana yang berlekuk di bagian pinggangnya, dan tidak terlalu longgar ataupun ketat. Untuk menghasilkan ilusi tubuh lebih tinggi sebaiknya gunakan busana dengan motif garis vertikal. Gunakan rok dengan model regular cut, dan celana low rise tanpa detil.

Hindari: Hindari untuk terlalu banyak menggunakan detil pada busana, karena akan membuat tubuh terlihat lebih besar. Selain itu, hindari juga penggunaan busana atau bawahan yang terlalu panjang karna bisa membuat garis pinggang ini hilang dan tubuh terlihat lebih pendek.

Itulah tadi tips dan trik dalam memilih pakaian sesuai dengan bentuk tubuh. Semoga bisa membantu mempercantik penampilan yaa. Dan bagi muslimah, tetap utamakan sesuai syariat ya..

Sumber : https://lifestyle.kompas.com

Tinggalkan Sebuah Balasan