Didunia ini ada dua tipe orang, tipe pertama adalah yang ketika bertemu kasur orang itu akan bisa langsung tidur, dan tipe kedua adalah yang butuh waktu berjam-jam baru merasa ngantuk dan akhirnya tertidur. Jika anda termasuk tipe yang kedua dimana susah untuk tidur padahal badan sudah memberikan “kode” untuk diistirakatkan, cobalah beberapa tips dibawah ini agar kalian dapat cepat tidur dan besuk bangun dengan segar

  • Bangun suasana yang nyaman

Untuk tidur yang berkualitas, bangun suasana yang nyaman pada kamar anda. Atur suhu ruangan kalian sedikit lebih dingin, karena dapat membantu tubuh kita lebih rileks. Selain suhu, intensitas cahaya kamar juga harus disesuaikan. Ruangan yang gelap bisa membuat otak kita lebih rileks dan terstimulasi untuk segera tidur. Tetapi jika anda kurang nyaman dengan gelap, coba pakai lampu tidur.

Setelah kondisi ruangan sudah nyaman, coba bereskan kasur anda dan siapkan perlengkapan yang membuat anda lebih nyaman. Misalnya dengan guling, selimut, dan boneka jika anda suka. Jangan lupa siapkan satu gelas air di dekat tempat tidur kalian karena jika anda tiba – tiba terbangun karen haus anda tidak perlu repot – repot bangun dan mengambil minum.

  • Minum minuman perangsang kantuk

Sebelum anda berusaha tidur, coba minum minuman yang dapat merangsang rasa kantuk. Minuman yang dipercaya dapat merangsang rasa kantuk adalah susu hangat. Atau jika anda tidak menyukai susu anda dapat menggantinya dengan minuman apapun yang bisa membuat anda rileks. Tetapi perlu diingiat jauh kafein jika anda ingin tidur yang berkualitas.

  • Pasang aromatherapy atau nyalakan music

Memasang wangi – wangian membuat otak dan badan kita menjadi lebih rileks. Nyalakan scented candle atau dapat juga dengan meneteskan essential oil. Cari wangi – wangian yang berbau lembut seperti lavender atau peppermint. Selain wewangian anda juga bisa dengan mendengarkan suara- suara yang slow-paced seperti music folk atau as simple suara deru kipas angina, hujan, atau ombak. Kita dapat manfaatkan apps di gadget dan Youtube untuk mendengarkan berbagai nature sounds tadi. Anda dapat mencari dengan keyword “white noise” di Google Playstore, App Store ataupun Youtube karena sudah banyak tersedia di sana.

  • Disiplin ditempat tidur

Jangan biasakan melakukan aktifitas lain seperti mengerjakan tugas, belajar, bermain gitar atau bahkan makan di tempat tidur. Kalau kita membiasakan naik ditempat tidur hanya untuk tidur, our brain will be adaptive to it. Jadi setiap kita naik ke atas kasur otak kita akan mudah mengatur mode istirahat.

 

Sumber: http://editorial.femaledaily.com

Tinggalkan Sebuah Balasan