Kebun Teh Nglinggo

Mengunjungi perkebunan teh tidak harus jauh-jauh ke Lembang Bandung Jawa Barat. Untuk mendapatkan suasana udara segar serta dingin cukup mengunjungi Kebun Teh Nglinggo yang berlokasi di Desa Ngargosari dan Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kulon Progo, Yogyakarta. Walaupun tidak seluas perkebunan yang berada di tempat lainnya, keindahan kebuh teh di kedua desa tersebut tidak perlu diragukan lagi.

Mengutip pepatah bijak, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian, perjalanan menuju Kebun Teh Nglinggo harus melewati banyak jalan yang berliku dan sempit serta jalan yang menanjak sebagai ciri khas perbukitan untuk dapat pergi ke kebun teh ini. Kesulitan itu tidak berarti karena jalanan sudah diaspal sehingga akses menuju kebuh tersebut tidaklah susah.

 

Watu Lawang Mangunan

Mangunan merupakan salah satu kawasan wisata di Bantul yang memiliki beberapa spot wisata yang sayang kalau dilewatkan. Mulai dari kebun buah mangunan, hutan pinus, bukit panguk, bukit mojo, dan sekarang yang belum lama opening adalah Watu Lawang.

Watu lawang merupakan spot wisata yang masih berada satu lokasi dengan Kebun Buah Mangunan. Watu Lawang sendiri diambil dari kata lawing yang artinya pintu dalam bahasa Indonesia. Ini karena, puncak bukit yang terbelah sehingga terlihat seperti pintu.

 

Kampung Edukasi Watu Lumbung

Ingin mendapatkan yang lebih dari sekedar berwisata? Kampung Edukasi Watu Lumbung bisa jadi pilihan untuk liburan. Berlokasi di Bukit Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta, Watu Lumbung menawarkan keindahan pemandangan khas pinggiran Yogyakarta sekaligus wisata edukasi yang tak terlupakan.

Kampung Edukasi Watu Lumbung didirikan tahun 2003 oleh Muhammad Boy Rifai yang sejak awal ingin memberdayakan dan membantu perekonomian masyarakat sekitar melalu sector pariwisata. Kawasan ini memiliki beberapa area seperti area outbond, perpustakaan, warung santai, taman bermain anak, flying fox, dan sebagainya.

 

Gua Cerme

Ingin wisata religi sekaligus wisata adrenalin? Goa Cerme jawabannya. Goa yang terletak di perbatasan dusun Srunggo, desa Selopamioro, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul dengan dusun Ploso, desa Giritirto, kecamatan Panggang, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta ini dulunya merupakan tempat pertemuan para Walisongo untuk membahas dakwah Islam dan membahas pendirian Masjid Agung Demak.

Goa Cerme berada di ketinggian sekitar 500 mdpl. Tidak hanya menawarkan keindahan stalagtit dan stalagmite saja, tetapi juga air terjun dan sungai bawah tanah yang mengalir di sepanjang goa. Goa cerme sendiri memiliki panjang 1,5 km dengan mulut gua berada di Bantul sedangkan pintu keluar berada di Gunungkidul.

Tinggalkan Sebuah Balasan