Saat menginap di Surabaya, jangan lupa untuk meluangkan waktu bertandang ke pulau sebarang, di mana lagi kalau bukan pulau Madura…

Memang di Madura ada apanya? Eitss… belum tahu tentang wisata di Madura ya? ya udah, nggak apa-apa. Nah, kali ini dparagon.com akan membahasnya.
Akhir-akhir ini di Madura terdapat sebuah objek wisata yang tergolong masih baru dan sedang naik daun, destinasi kali ini mulai ramai dikunjungi oleh traveler dari berbagai penjuru.

Ternyata Madura memiliki potensi wisata yang eksotis, menyerupai Karimun Jawa di Jawa Tengah maupun Pulau Menjangan di Bali. Madura memiliki Gili Labak, sepintas mendengar namanya seperti sebuah pulau di daerah Nusa Tenggara ya. Tetapi siapa sangka bila lokasinya berada di Pulau Madura.

Wisata Gili Labak ini masuk di wilayah Kabupaten Sumenep, lebih tepatnya Gili Labak berada di Desa Kombang, Kecamatan Talango. Pulau yang memiliki luas kurang lebih hanya 5 hektar ini tadinya bernama Pulau Tikus dan kamu dapat mengelilinginya hanya sekitar 30 menit dengan berjalan kaki.

Pulau ini ada yang menghuni nggak sih? Ya, pulau ini dihuni oleh penduduk yang merupakan warga asli Madura. Ternyata pulau yang tidak terlalu luas ini dihuni oleh kurang lebih 35 kepala keluarga.

Bagaimana untuk menuju Gili Labak? Kamu bisa berangkat dari Surabaya dan bergabung dengan Open Trip yang diadakan dengan tujuan Gili Labak. Biaya yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Rp 280ribuan, kamu bisa puas berpetualang di Gili Labak seharian.

wisata gili labak
open trip to Gili Labak via tripadvisor.com

Kamu pun bisa kesana sendirian tanpa bergabung dengan open trip, yakni dengan rute dari Surabaya menuju Sumenep, setelah itu menuju pelabuhan Kalianget. Perjalanan tidak berhenti hanya sampai di Kalianget, kamu harus mencari perahu sewaan untuk menuju Gili Labak. Saat ini sih belum ada perahu reguler untuk menuju kesana, jadi kamu harus menyewa perahu nelayan dengan biaya ratusan ribu pulang-pergi.

Sepertinya biaya yang mungkin akan kamu keluarkan menjadi lebih bengkak ya. Alangkah baiknya kamu menginap di Surabaya dan bergabung dengan open trip yang bersedia menjemputmu di Surabaya atau berangkat dari Surabaya.

Apa saja yang bisa kamu lakukan di Gili Labak? Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Gili Labak, seperti…

1. Snorkeling

wisata gili labak
snorkeling via azizhadi.com

Gili Labak menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan dan snorkeling adalah tujuann utama wisatawan menuju kesana. Gili Labak adalah tujuan yang sangat cocok bagi kamu yang memiliki hobi snorkeling dan free diving.

Bagi kamu yang tidak bisa berenang, kamu pun tetap bisa menikmati keindahan pemandangan bawah laut yang ada di sana. Toh untuk snorkeling tidak mengharuskan kamu untuk mahir berenang, tetapi membutuhkan keberanian dan yang paling penting adalah pendamping selama kamu snorkeling.

2. Bersantai dan berjemur

wisata gili labak
bersantai via travelgaul.com

Kamu tidak mahir berenang tetapi takut untuk melakukan snorkeling, tenang…kamu tetap bisa menikmati semua keindahan Gili Labak. Kamu bisa bersantai di pinggir pantai atau di atas kapal dan berjemur.

Sepulang dari sana, kulitmu akan menjadi semakin eksotis. Hihi

3. Mengasah kemampuan fotografi

wisata gili labak
photoshot via jelajahsumenep.com

Bagi kamu yang suka mengabadikan setiap momen perjalanan, ini adalah saat yang tepat untuk mengasah keterampilanmu dalam memotret. Apalagi pemandangan yang disuguhkan sangat indah, kebayang kan hasil jepretanmu akan sebagus apa.

 

Meskipun Gili Labak mulai ramai didatangi wisatawan, namun fasilitas di sana masih minim. Di sana belum ada sumber air tawar sehingga kebutuhan air bersih masih sangat terbatas. Selain itu pasokan listrik juga hanya tersedia di jam tertentu saja.

Di Pulau Gili Labak belum ada penginapan dan warung seperti di tempat wisata lain. Lalu bagaimana jika kamu ingin menginap di sana? Kamu bisa menginap di rumah warga atau berkemah di sana.

Tertarik untuk pergi ke Gili Labak? 🙂

Tinggalkan Sebuah Balasan