Malang berada di daerah pegunungan, sehingga membuat udaranya relatif sejuk dan menjadikannya sebagai salah satu tempat tujuan wisata terfavorit di Jawa Timur.  Apa lagi yang menarik dari Malang? Agar tak mengenal Malang hanya dari sejuk dan apelnya, berikut ini rangkuman tempat wisata Malang yang sayang sekali jika dilewatkan bagi para traveller :

Pulau Sempu

Pulau Sempu disebut sebagai salah satu surga dunia. Pulau yang terletak sekitar 75 km dari pusat kota Malang ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Wisata Malang ini merupakan kawasan cagar alam yang dikelolah oleh pemerintah kota. Vegetasi di sini cukup beragam mulai dari hutan pantai, hutan tropis sampai hutan bakau. Hanya itu saja yang dimiliki Pulau Sempu? Tunggu. Yang paling menarik di sini adalah Segara Anakan yang merupakan sebuah danau di tengah pulau dengan luas 4 hektar.

Segara Anakan menjadi daya tarik utama tempat wisata di Malang ini. Air dari telaga berasal dari ombak laut selatan yang masuk melalui lubang tebing di sisi danau ini. Air di danau dingin dan sangat jernih sampai Anda bisa melihat dasar danau dengan mudah. Di sini, Anda bebas berenang, memancing atau bermain di pasir putihnya yang landai.

Untuk menuju ke pulau ini memang tidak mudah. Anda terlebih dahulu harus naik perahu motor dari Pantai Sendang Biru. Jangan lupa menyimpan nomor telepon nelayan pemilik perahu untuk dijemput lagi saat Anda akan pulang. Begitu turun dari perahu, perjalanan Anda masih belum selesai. Anda harus trekking cukup panjang melewati hutan konservasi. Kelelahan akan terbayar lunas saat Anda melihat keindahan Segara Anakan yang masih sangat alami. Pulau ini memang tidak berpenghuni, sehingga jika ingin menginap, satu-satunya cara adalah dengan berkemah.

Pantai Balekambang

Pantai ini memiliki pura di atas pulau karang sama seperti Tanah Lot di Bali. Bedanya, pura di sini berukuran lebih kecil dan memang sengaja dibangun pada tahun 1985 oleh bupati Malang mengikuti desain Pura Tanah Lot. Mengikuti tempat wisata di Bali tersebut bukan berarti pantai ini tak menarik. Pura yang dihubungkan dengan jembatan beton sepanjang 100 meter ini terlihat cantik terutama pada saat senja.

Tak hanya pura yang menjadi daya tarik tempat wisata Malang ini. Pantai Balekambang sendiri tak kalah cantik. Hamparan pasir dan ombak kecilnya pun menjadi pemandangan menarik. Anda bisa berenang atau sekadar bermain air di sini. Jika tak ingin basah, Anda bisa bersantai di pendopo, menyantap kuliner di warung atau berburu suvenir di toko sekitar pantai.

Coban Pelangi

Apakah pelangi hanya muncul setelah hujan? Ternyata tidak. Datanglah ke Coban Pelangi di Kecamatan Tumpang atau sekitar 132 km dari pusat kota Malang. Jika beruntung, Anda bisa melihat pelangi di antara aliran air terjun setinggi 30 meter ini. Selagi menunggu munculnya pelangi, Anda bisa bermain air di tepi air terjun, menikmati kuliner di warung atau duduk-duduk di pendopo yang ada. Tempat wisata di malang ini berada di ketinggian 1.299 meter di atas permukaan laut, sehingga udaranya sangat sejuk dan nyaman untuk bersantai.

Untuk mencapai lokasi, Anda harus melewati hutan pinus, bukit-bukit dan menyeberangi sungai. Meskipun terkesan melelahkan dan lama, namun pemandangan yang indah di sekitar selama perjalanan akan membuat waktu terasa singkat.

Pantai Sipelot

Di Malang ada banyak pantai terkenal dan belum terkenal yang wajib “dinikmati” keindahannya oleh para turis pecinta wisata pantai. Salah satu pantai yang istilahnya masih “virgin” adalah Pantai Sipelot. Si perawan ini berada di Desa Pujiharjo, Kabupaten Malang. Pantai dengan pasir berwarna coklat dan laut yang berwarna biru jernih menjadi magnet kuat yang dimiliki Pantai Sipelot. Sayangnya kamu tidak bisa berenang di pantai tersebut karena ombaknya tinggi sehingga cukup berbahaya. Tapi meskipun tidak bisa berenang nilai plus lainnya yang dimiliki pantai ini adalaha adanya Coban Sipelot, yakni air terjun yang tingginya sekitar 10 meter.

Gunung Panderman

Bagi Anda yang baru pertama kali mendaki gunung, Anda bisa menjajal untuk mendaki Gunung Panderman. Ya, wajar saja mengingat gunung ini menjadi tempat pemanasan atau latihan bagi para pecinta alam. Puncak Gunung Panderman bisa dicapai hanya dalam waktu 2-3 jam saja. Jadi, Anda bisa naik sekaligus turun gunung dalam waktu sehari. Dari Kota Malang, Anda cukup berkendara sekitar 1 jam untuk mencapai Gunung Panderman yang terletak di Dusun Toyomerto, Kel. Songgokerto, Batu, Malang ini. Meskipun hanya memiliki trek pendakian yang pendek, pemandangan dari atas puncak Gunung Panderman ini sangat indah, lho.

 Pantai Ngeliyep

Selain Pantai Sipelot, Pantai Ngliyep juga merupakan wisata pantai di Malang yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Pantai berpasir putih ini tidak kalah cantik dan menarik dengan sejumlah pantai yang ada di Lombok. Wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang di pantai ini karena ombak dari Samudra Hindia ini cukup besar. Anda bisa duduk di tepi pantai sambil berjemur ketika berada di Pantai Ngliyep. Pantai ini terletak sekitar 62 KM dari selatan Kota Malang dan tepatnya berada di Desa Kedungsalam, Kec. Donomulyo, Malang. Pesona dari sepuluh tempat wisata alam di Malang ini memang tidak ada duanya. Sangat disayangkan jika Anda melewatkan tempat-tempat indah ini jika sedang berlibur di Malang. Nah, jika Anda memiliki rekomendasi mengenai wisata alam lainnya yang ada di Malang, tulis rekomendasi Anda tersebut di kolom komentar kami.

 

Tinggalkan Sebuah Balasan