Ini nih wisata pantai di Malang yang lagi hits di kalangan traveler.

Saat menginap di Malang lalu penat dengan suasana kota yang itu-itu saja, boleh lah melipir ke daerah Malang selatan di mana terdapat banyak destinasi wisata pantai yang tidak kalah menarik.

Sebagian wilayah Malang yang berada ujung paling selatan merupakan daerah pesisir pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, banyak sekali pantai yang ada di daerah tersebut menjadi destinasi favorit traveler ketika melakukan perjalanan ke Malang. Salah satunya adalah pantai tiga warna.

Pantai tiga warna ini terletak di wilayah Rehabilitasi dan Koservasi Mangrove, Terumbu Karang serta Hutan Lindung Desa Tambakrejo atau daerah konservasi Sendangbiru, Kabupaten Malang.

Adalah Bhakti Alam, sebuah organisasi yang beranggotakan warga desa yang tinggal di sekitar pantai itu dan mengelola semuanya.

Sebenarnya pantai di wilayah Malang selatan tidak hanya pantai tiga warna saja, masih ada pantai lain yang juga jadi favorit pejalan seperti pantai Sendangbiru, pantai Goa Cina, pantai Bajul Mati dan Sempu. Lalu ada apa dengan pantai tiga warna sehingga jadi destinasi hits saat ini?

Pantai tiga warna punya keunikan tersendiri dibanding pantai-pantai lain yang ada di Malang..

1. Pantai yang memiliki tiga warna sesuai dengan namanya

wisata pantai di malang
pantai 3 warna via www.penginapanonline.com

Unik, pantai ini punya ciri khas berupa warna-warna air yang berbeda jika kita perhatikan dari kejauhan. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan kedalaman dari air laut.

Pantai yang masih belum terlalu ramai ini memberimu sensasi yang berbeda saat berkunjung kesana, pantai yang masih bersih, langit biru yang terbentang, serasa berada di pantai indah yang ada di pulau Bali nyatanya kamu sedang berada di Malang selatan.

2. Pantai tiga warna memungkinkan kamu untuk snorkeling

wisata pantai di malang
snorkeling via mediamalang.com

Cukup menyiapkan uang Rp 15ribu, kamu bisa menyewa perlengkapan snorkeling di sana. Uang Rp 15ribu dapat apa saja?

Lengkap, hanya dengan tarif sewa segitu kamu mendapat kacamata renang, rompi pelampung dan tentunya selang untuk bernafas. (Wihhh..)

Untuk snorkeling tidak perlu jauh-jauh ke Karimun Jawa atau ke Bali, ternyata di Malang selatan pun bisa.

3. Menikmati hamparan terumbu karang

wisata pantai di malang
terumbu karang pantai tiga warna via www.kompasiana.com

Pantai tiga warna punya spot snorkeling yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lain yang berada di Malang selatan.

Nah, di sini kamu bisa menikmati hamparan terumbu karang sepuasnya. Memang sih, wisata bawah air yang ditawarkan memang tidak sebagus di Wakatobi maupun Raja Ampat namun setidaknya tempat ini layak kamu coba, apalagi jika kamu belum punya pengalaman snorkeling. Supaya tidak kaget jika snorkeling di tempat bagus seperti Wakatobi.

 

Ketiga hal tersebut yang akan kamu dapatkan jika berpetualang ke Pantai Tiga Warna. Bagaimana akses menuju kesana?

Untuk menuju kesana bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil, tetapi untuk parkir kendaraan pribadi harus di bawah, yakni di kawasan pantai Clungup, pantai yang akan kamu jumpai sebelum memasuki kawasan pantai Tiga Warna. Hal ini dikarenakan jalan yang belum memadai dan pihak pengelola mengutamakan keselamatan para wisatawan.

Nah, kamu bisa menginap di kota Malang lalu untuk menuju pantai Tiga Warna ini kamu hanya perlu mengikuti jalur ke arah pantai Sendangbiru, setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dengan kecepatan sedang, kamu akan menjumpai petunjuk arah menuju pantai Clungup atau Pantai Goa Cina, perhatikan dan ikuti jalur menuju kedua pantai tersebut.

Intinya adalah mengikuti petunjuk arah menuju pantai Clungup. Setelah masuk di kawasan Pantai Clungup, kamu diharuskan membayar retribusi pantai hanya Rp 6ribu dan jangan lupa untuk menyewa tour guide menuju pantai Tiga Warna.

Informasi penting nih, pantai Tiga Warna punya kuota wisatawan dan jika kuota penuh kamu harus menunggu, lebih baik kamu memesan jauh-jauh hari ke pusat informasi. Happy holiday!

Tinggalkan Sebuah Balasan