Cara Meningkatkan Percaya Diri
Jiwa Muda Yang Bebas

Setiap orang membutuhkan rasa percaya diri agar lebih yakin dalam mengambil keputusan maupun bertindak di depan umum. Kepercayaan diri harus terus ditanam didalam diri dengan cara selalu berpikir positif kalo kamu bisa melakukannya. Hmmm gimana ya caranya? Nah Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan rasa percaya diri agar membentuk karakter pribadi yang lebih tangguh dan tahan banting.

1. Jangan Takut Mengambil Tantangan

Semakin sering gagal, semakin banyak juga pengalaman yang bisa kamu dapatkan. Jadikan semua kegagalan sebagai penyemangat untuk kembali bangkit den mengembalikan kembali rasa percaya diri. Oleh karena itu, mulai ikuti beragam kegiatan menantang, entah dalam karir maupun kehidupan sosial.

2. Berhenti Membandingkan!

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan, itulah sebabnya kita tidak boleh saling membandingkan. Apa yang kamu lihat pada diri seseorang belum tentu nyata dan sesuai dengan kondisi kita. membandingkan diri dengan orang lain bukanlan cara yang tepat untuk mengukur tingkat kesuksesan yang telah berhasil digapai.

3. Catat Prestasi dan Evaluasi Setiap Kesuksesan

Ingat-ingat kembali dan catat semua tujuan yang berhasil kamu capai selama ini, baik itu besar atau kecil. Meskipun sepele, cara ini justru dapat membantu kamu untuk menilai kemampuan pribadi dalam sudut pandang positif, dengan begitu, kamu akan dapat mengejar tujuan selanjutnya yang lebih realistis atau dengan mudah terselesaikan tanpa perlu takut akan mengalami kegagalan lagi.

4. Mengenakan Pakaian Yang Nyaman

Cara berpakaian seseorang sangat berpengaruh pada karakter diri dan penilaian orang lain. Sebenarnya, tak perlu memakai pakaian mahal dengan merek mentereng untuk dapat tampil percaya diri. Cukup pilih busana yang pas, sesuai kondisi badan kamu dan pantas. Yang terpeting adalah jangan takut pada warna tertentu.

5. Memperbaiki Postur Tubuh

Seseorang dengan tingkat kepercayaan diri rendah kerap memperlihatkan postur tubuh yang tidak enak dipandang. Oleh sebab itu, mulailah untuk memperbaiki postur tubuh dan juga cara berjalan sambil kepala menatap ke depan. Berdirilah dengan badan tegap dan dada yang busung.

6. Miliki Kemauan untuk Menambah Wawasan Baru

Seseorang yang selalu memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan dan kemauan belajar akan merasa lebih percaya diri. Oleh karena itu, jangan pernah berhenti untuk selalu belajar dan menambah wawasan baru agar kamu lebih mudah melebur dengan komunitas tertentu.

7. Beranikan Diri untuk Memulai Obrolan

Daripada hanya duduk diam dan terlihat canggung, mulailah untuk mencoba membuka obrolan dengan orang-orang yang baru kamu kenal. Meski awalnya berjalan kurang lancar, obrolan akan semakin asik setelah kamu menemukan topik pembahasan tertentu, entah itu hobi, politik atau pun gosip. Buatlah diri kamu merasa santai selama mengobrol dengan lawan bicara.

8. Selalu Mencari dan Menambah Teman Baru

Jika selama ini kamu merasa berada di lingkungan pertemanan yang satu tipe, yaitu sama-sama pemalu dan minder, maka sudah saatnya kamu untuk mencari teman baru yang memiliki karakter berbeda. Semakin lama bergaul dengan banyak teman baru, maka sifat percaya diri akan terbentuk dan mengalami peningkatan.

9. Ikuti Kata Hati dan Mulai Yakini Kebenarannya

Hati kecil tak pernah berbohong. Ketika kamu percaya pada hati kecil dan intuisi (naluri), maka kamu akan menjadi lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu. Mengikuti dan meyakini kebenaran kata hati sangat bermanfaat untuk membangun kepercayaan diri sesuai dengan bidang dan profesi kamu. Jika kamu seorang Mahasiswa, lanjutkan pengembangan kepercayaan diri sesuai dengan lingkunagan kampus kamu. Seperti misalnya membangun kepercayaan diri degan mengikuti bergagai acara kampus sebagai panitia atau bergabung dengan suatu organisasi kemahasiswaan.

10. Selalu Bersyukur dan Berfikir Positif

Wujud syukur yang paling baik adalah tidak cepat putus asa dan selalu memcoba untuk lebih baik lagi. Mensyukuri apa yang terjadi pada diri  saat ini dan untuk masa yang akan datang bisa membuat kamu semakin percaya diri karena yakin bahwa segala yang kamu miliki saat ini adalah pilihan terbaik. Imbangi rasa syukur dengan berpikir positif untuk meningkatkan percaya diri dalam pergaulan. Karena jika selalu berfikiran negative, Kamu tidak akan merasa percaya diri, karena merasa orang lain lebih baik dari anda.

Nah, setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung mencobanya langsung nih, Cara Meningkatkan Percaya Diri!

Leave a Reply