Foto Diambil Dari Canva Studio Via Pexels

Setiap orang pastinya ingin mempunyai karier yang bagus dalam bidang pekerjaannya. Namun, pada masa sekarang ini untuk mencapai karier yang bagus bukan cuma perlu hard skill saja. Tapi perlu juga untuk mengembangkan beberapa jenis soft skills. Hal ini karena perubahan tahun dari 2020 ke 2021 membuat kamu harus meningkatkan standard kemampuan diri.

Mulai dari komunikasi, kerja sama, dan kemampuan lainnya yang bisa menbuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik bahkan bisa jadi lebih produktif dan efektif. Jadi, kalau kamu selama ini hanya memikirkan untuk mengembangkan hard skills saja, mulailah untuk mencoba mengulik soft skils juga. Karena pada era saat ini, soft skills menjadi modal penting bagi seseorang.

Nah, berikut ini adalah jenis soft skills yang bisa kamu pelajari untuk menyongsong tahun 2021 ini!

1. Personal Branding

Menurut definisinya, personal branding adalah memberikan expossure atau perhatian kamu sendiri. Bagian terpenting dari perconal branding adalah dengan mengembangkan dan mempertahankan reputasi. Selain itu, kamu juga harus memiliki nilai dan kesan yang menjadikan kamu memiliki karakter yang kuat.

Dengan memiliki personal branding yang kuat, maka kamu bisa masuk sebagai salah satu bagian penting dari bisnis atau profesi kamu. Lalu juga sangat beneficial untuk bisa membangun hubungan dengan pelanggan atau client. Hal ini tentunya juga akan membantu kamu untuk meningkatkan kepercayaan diri untuk ‘tampil’.

2. Collaboration Leadership

Pandai dalam bekerja sama dan berkolaborasi dengan rekan kerja atau rekan bisnis sangat perlu untuk mencapai suatu tujuan. Kolaborasi tidak hanya untuk satu atau dua divisi. Melainkan bisa antara divisi lain dan divisi kamu sendiri. Komunikasi, menjadi pendengar yang baik, lalu saling menghormati dan menghargai sangat diperlukan.

Dalam dunia kerja. Kemampuan ini sangat penting dalam dunia kerja manapun. Karena saat berkolaborasi, kamu akan berhadapan dengan banyak sekali orang yang profesional pada bidangnya masing-masing. Jadi, jangan heran kalau perusahaan selalu mencari karyawan yang bisa melakukan kerja sama tim yang baik dan tetap dengan kultur perusahaan yang bersinergi.

3. Innovative & Creative

Kemampuan untuk berfikir kreatif harus ada pada setiap individu. Pemikiran ini menjadi penting untuk mendorong pemikiran kreatif dan inovatif untuk melalui pemecahan masalah dalam kondisi tertentu. Selain itu, pemikiran kreatif dan inovatif juga bisa mendorong kamu untuk mengeluarkan ide-ide yang gila. Ditambah, jika idemu berkembang dan dikolaborasikan dengan ide orang lain, maka ide tersebut nantinya akan memberi dampak yang positif.

4. Digital Transformation

Perkembangan teknologi akhir-akhir ini memberikan dampak yang signikan bagi bisnis. Banyak orang yang mulai tidak ketinggalan untuk mengikuti kemajuan digital. Digital menjadi salah satu wadah bagi di setiap perusahaan untuk memberikan value bagi calon customer.

Kamu jangan kaget ketika sekarang semuanya sudah serba digital. Mulailah untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan dunia digital dan kenali tren-trennya.

5. Effective Leadership

Softskills terakhir yang harus kamu ketahui adalah effective leadership. Dengan begini, kamu bisa mengembangkan sistem cara kerja baru dengan menyesuaikan diri dengan kenyataan di luar dan tidak hanya yang terjadi dalam organisasi. Effective leadership membutuhkan disiplin dan latihan dan dipraktekkan setiap harinya.

Nah, itu tadi adalah beberapa softskills yang bisa kamu tingkatkan untuk menghadapi tahun 2021 ini. Tetap semangat dan terus maju, karena usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Sumber : proxysgroup.com, glints, ruangguru

Leave a Reply