Jenis Perasaan Misterius
Gimana mood kamu hari ini?

Ada rasa gembira, cinta, gairah, marah, takut, benci, malu, sedih, rindu dan masih lagi banyak jenis perasaan misterius yang sering kita alami. Apalagi manusia dikenal sebagai makhluk yang memiliki rasa perasaan unik yang kompleks. Namun, selain perasaan-perasaan yang bisa tergambar, ternyata ada suasana hati yang tidak dapat terdefinisi. Perasaan hati tersebut meskipun sering kita alami, tapi kita masih bingung mengartikannya.

Mendefinisikan emosi memang bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Bahkan, para peneliti mengalami kesulitan selama bertahun-tahun. Nah, pada kesempatan kali ini kita bakalan bahas tentang jenis perasaan misterius yang sering kita alami sehari-hari.

1. Liminal

Jenis Perasaan Misterius
Menunggu itu menyebalkan bukan?

Kata liminal ini berasal dari kata limens, yang berarti border atau threshold. Liminal adalah perasaan aneh yang sering kita alami saat menunggu terlalu. Biasanya situasi ini muncul ketika menunggu pesawat, kereta, teman, atau lainnya.

2. Sonder

Jenis Perasaan Misterius
Diluar ramai, tapi hati sepi

Jenis perasaan satu ini mungkin jadi salah satu emosi yang mungkin belum kalian ketahui tapi pernah ngerasain. Sonder merupakan perasaan yang muncul ketika berada di kerumunan. Walaupun ramai, namun kita seringkali berpikir kobisa orang-orang bisa hidup terus, meskipun punya banyak masalah.

3. Heimweh

Jenis Perasaan Misterius
Overthingking about your hometown everyday

Jenis emosi satu ini merupakan kondisi saat kamu sedang mengalami perasaan rindu atau kangen dengan rumah. Orang yang memikirkan ini biasanya karena merasa berada jauh dari rumah dan akan menyibukkan diri dengan memikirkan kondisi rumah. Ini perlu kamu perhatiin baik-baik lho guys, soalnya kalo udah akut bisa bikin kamu depresi.

4. Liberosis

Jenis Perasaan Misterius
Lepaskan tekananmu

Pernah engga sih kamu pernah ngerasa butuh kedamaian?Nah, jenis perasaan itu merupakan jenis perasaan ketika kamu sedang tidak pedulidengan keadaan sekitar dan lebih senang melakukan kegiatan yang dapat menyenangkan dirinya. Jadi, kamu lebih memilih untuk melepaskan beban yang ada.

5. Chrysalism

Meratapi hujan menjadi hal yang menyenangkan

Kalian pasti pernah ngerasain ketenangan rumah walaupun kondisi luar rumah sedang hujan badai yang deras. Perasaan ini punya istilah bernama chrysalism. Chrysalism memiliki definisi ketika kondisi luar sedang gemercik hujan, dan kamu merasa seakan akan merasa tenang dan damai. Seolah olah suara gemercik air itu mengajak bicara dan bisa nenangin hati kamu.

6. Vellichor

Biasanya kutu buku selalu bisa menarik perhatian

Jenis perasaan ini khusus buat kamu yang memiliki hobi membaca buku berjam-jam lamanya. Dan juga, kamu selalu percaya bahwa buku-buku yang kamu baca ini punya kehidupan. Mirip-mirip lah dengan perasaan nostagia yang aneh.

7. Gnossienne

Ngobrol dengan teman dekat

Meskipun kamu merasa sudah kenal dan tahu segalanya tentang dia. Tapi ternyata sebenarnya engga. Jenis perasaan satu ini berasal dari kata gnosis yang dalam bahasa yunani berarti pengetahuan. Jenis satu ini agak membingungkan karena hampir sama dengan sonder.

8. Kairosclerosis

emosi bahagia
Kemesraan ini janganlah cepat berlalu

Perasaan satu ini adalah suatu perasaan yang mana ketika kamu menyadari bahwa kamu sekarang sedang merasa bahagia. Kemudian kamu secara sadar untuk menikmati perasaan tersebut dan berharap bisa menghentikan waktu agar kegembiraan itu terus berlangsung.

9. Anemoia

perasaan tenang ketika mendengar lagu lawas
Sedang mendengarkan Sheila Majid – Sinaran

Begitu mendengar lagu lawas, seakan akan perasaan terbawa ke masa saat lagu itu eksis. Namun padahal sebenarnya kita tidak benar-benar pernah ada pada masa itu. Nah, perasaan inilah yang disebut dengan Anemoia. Anemoia yaitu suatu perasaan nostalgia tentang suatu masa yang tidak pernah kita alami.

10. Mimeomia

jenis emosi mimeomia
Tetap tersenyum walau duniamu hancur

Jenis perasaan satu ini ternyata sering kita alami ternyata. Kalo kamu belum tahu, istilah Mimeomia ini merupakan suatu perasaan ketika kita dengan mudahnya menyesuaikan diri dengan stereotipe yang berlaku. Perlu kita sadari juga, kalo kita juga sering menunjukkan diri yang palsu saat bertemu orang lain, bukan?

Sumber : kreativv.com

Leave a Reply