Keunikan Kopi Klotok
Dapur warung Kopi Klotok

Selain Gudeg, masih ada wisata kuliner yang patut untuk dicoba saat berada di Jogja. Kuliner berupa minuman spesial tersebut adalah kopi klotok. Lokasi dari warung klotok ini adalah daerah Kaliurang, Pakeman, Sleman. Nah, berikut ini adalah keunikan kopi klotok yang bisa kamu pertimbangin saat berwisata ke Yogyakarta.

Keunikan kopi klotok
Suasana warung setiap haris selalu ramai

1. Selalu Ramai Pengunjung

Sejak buka dari tahun 2015, warung kopi klotok langsung terkenal bagi kalangan warga sekitar maupun traveler. Meskipun tergolong baru, warung ini tak pernah sepi dari pengunjung. Karena saking ramainya, area parkirannya tidak bisa menampung kendaraan pengunjung. Jadi, selau pastikan untuk datang lebih awal.

2. Keunikan Desain Bangunan Warung

Memasuki warung ini, pengunjung seolah masuk mesin waktu. Hal ini karena hidangan yang tersaji merupakan santapan buatan nenek saat pulang kampung. Masakan rumahan tersebut disajikan dengan nuansa makan ala pinkik. Kemudian, warung ini terbagi atas tiga bagian, yaitu halaman depan, bagian rumah, dan bagian serambi belakang.

Masing-masing dari bagian inipun mempunyai karakteristik desainnya sendiri-sendiri. Kalau memilih bagian depan, kamu bisa melihat pemandangan sawah yang mempesona. Lalu, bagian rumah memiliki keunikan yaitu arsitektur dan interior rumah adat joglo khas jogja. Sedangkan untuk serambi belakang, tersedia kursi-kursi kayu yang juga bisa langsung melihat pemandangan areal persawahan yang hijau.

3. Kenikmatan Kopi dan Gorengan

keunikan kopi klotok
Pisang gorengnya selalu menjadi pilihan favorit

Bagi pecinta kopi, sangat rugi rasanya kalau tidak mencoba sajian Kopi Klotok. Konon katanya, ada cerita unik dari penamaan kopi ini. Usut punya usut, nama klotok berasal dari suara kopi yang dimasak pada panci yang menimbulkan bunyi klotok-klotok.

Tapi, ngopi kurang nikmat rasanya kalo engga ada gorengan yang panas. Dan kebetulan, warung kopi ini juga selalu menyajikan menu gorengan yang digoreng begitu kita memesan. Gorengan yang menjadi menu andalan adalah jadah goreng dan pisang goreng.

4. Kelezatan Kuliner Khas Jogja

Bagi pecinta kuliner jogja, tidak salah rasanya kalau berkungjung ke warung ini. Soalnya, warung tidak hanya menyediakan kopi. Bahkan, menu favoritnya adalah sego jangan atau nasi sayur. Nuansa kampung jadi makin terasa dengan kehadiran makanan ini. Adapun lauknya terdiri dari lodeh kluwih, lodeh terong, lodeh tempe lombok ijo, sayur asem, dan sop ala ndeso. Untuk harganya pun, tergolong murah meriah. Jadi jangan khawatir kalo ntraktir keluarga dalam jumlah yang banyak.

5. Dekat Dengan Destinasi Wisata Menarik

Warung Kopi Klotok ini berlokasi di Jalan Kaliurang, km 16, pakembinangun, pakem, sleman. Saat kamu berkunjung ke destinasi-destinasi wisata menarik di Jogja. Pastikan untuk mampir kesini. Sejumlah tempat wisata yang dekat dari sini adalah Tlogo Putri, Museum Ullen Sentalu, dan juga museum gunung merapi.

6. Lokasi Warung Kopi Klotok

Tidak usah pusing-pusing, cukup gunakan google maps dan ketik kopi klotok yang beralamat pada Jalan Kaliurang, km 16 pakembinangun pakem, Sleman. Dan untuk lebih mudahnya, lebih baik gunakan kendaraan pribadi untuk mempermudah mobilitas.

Nah, berikut adalah beberapa keunikan kopi klotok yang harus kamu ketahui sebelum berkunjung. Jangan lupa kalo lagi berkunjung ke Jogja, nginepnya di D’paragon. Karena pengalaman wisatamu bisa makin plus plus pokoknya.

Sumber : blog.tripcetera.com

Leave a Reply