Kota Lama Semarang
Suasana Kawasan Kota Lama Semarang

Hal yang dapat kita nikmati dari Kota Lama Semarang ini yaitu adalah keindahan arsitektur kolonial yang sangat kental. Keunikan lainnya adalah jalanannya tidak beraspal, melainkan menggunakan susunan tehel yang sejak dulu sudah ada dan menjadi pertanda kawasan Kota Lama Semarang.

Kota Lama Semarang merupakan kawasan yang dipenuhi oleh bangunan-bangunan yang sudah berdiri sejak masa kolonial. Uniknya, meskipun bangungan tersebut sudah berusia 200 – 300 tahun, kondisinya masih sangat baik dan bangunannya tidak banyak mengalami perubahan.

Kota Lama Semarang sudah mulai ramai dari abad ke 17. Pada saat itu, Kota Lama merupakan salah satu pusat perdagangan Nusantara. Kemudian, pada abad ke-18 dan 19 mulai banyak berdatangan pedagang dari Arab dan Cina yang memenuhi Kota Semarang.

Pada masa itu juga, pelabuhan semarang merupakan salah satu pelabuhan Nusantara. Bangunan-bangunan megah yang berdiri di Kawasan Kota Lama pun menjadi saksi bisu kejayaan Kota Semarang pada masa itu.

Selain itu, beberapa bangunan pun juga menjadi sangat ikonik dengan. Dari puluhan gedung bersejarah yang masih tersisa, yang masih berfungsi dan populer bagi turis adalah Gereja Blenduk, Stasiun Tawang, dan Pabrik Rokok Praoe Layar.

Lalu ada beberapa gedung juga yang beralih fungsi seperti gedung balai kota yang kini menjadi keuangan PAPAK. Lalu ada gedung Societiet De Harmonie yang saat ini menjadi Bank Mandiri Kanca Mpu Tantular.

Kota Lama Semarang by TIm dokumentasi D'paragon
Arsitektur Kolonial Kota Lama Semarang Masih tetap dipertahankan

Lokasi

Kawasan Kota Lama berada pada tepi sungai Mberok. Secara administratif, Kawasan ini masuk ke dalam wilayah tanjung emas, kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

Rute Menuju Kota Lama

Kalo kamu sedang berkunjung ke Semarang dan pengen ke Kota Lama, kamu gaperlu pusing karena lokasinya strategis dan dapat diraih dari arah mana saja. Jika kamu datang dari arah Demak, kamu bisa melewati terminal Terboyo sampai Jalan Raden Patah, Kota Lama. Jarak tempuhnya sekitar 60 menit.

Kota Lama Semarang - Gereja Blenduk by Tim Dokumentasi D'Paragon
Gereja Blenduk

Nah bagi kamu yang datang dari arah Ungaran, kamu bisa pilih jalur Banyumanik Peterongan kemudian MT. Haryono lurus terus hingga bundaran bubakan. Setelah itu anda pilih Jalan Cenderawasih. Jarak tempuhnya sekitar 50 menit.

Apabila kamu datang dari arah barat seperti Jakarta, kamu pilih jalur mangkang, kemudian lurus sampe Bundaran Kali Banteng. Dari sini, kamu dapat memilih jalan kearah Semarang Kota kemudian masuk bundaran Tugu Muda lurus bertemu Lawang Sewu, terus ke JL. Pemuda sampai Pasar Johar Semarang. Pilih jalur kekiri karena ini merupakan jalan satu arah jadi jangan sampai salah belok kemudian lurus saja sampai bertemu kawasan Kota Lama.

Jam Buka

Area Kota Lama Semarang buka 24 jam. Namun, untuk berwisata baiknya kamu datang pada siang hari. Hal ini karena beberapa lokasi hanya buka pada siang hari. Objek wisata ini meliputi museum 3D, penyewaan sepeda onthel, café café dan galeri seni.

Harga Tiket Masuk

Kamu tidak perlu membayar tiket masuk, karena biayanya gratis, iya gratis. Tapi, bukan berarti kamu tidak perli membawa uang ya hehe. Karena uang tersebut nantinya dapat kamu gunakan untuk dapat menggunakan fasilitas pendudung seperti menyewa sepeda onthel, dan sewa vespa. Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi destinasi wisata yang berbayar, seperti Museum 3D, dan cafe-cafe arsitektur bertema kolonial.

Fasilitas Pendukung

Fasilitas publik yang tersedia cukup lengkap untuk menunjang kenyamanan kamu dalam berwisata. Seperti toilet, musholla, jalan sampai tempat sampah juga tersedia dengan lengkap dan dalam kondisi yang bagus.

Sumber : CNN

Leave a Reply